Belum ke Sumbawa Kalau Tidak Menyantap Makanan Ini!

Sumbawa memiliki banyak gili-gili tak bertuan yang bisa menjadi tempat kaburmu dari rutinitas sehari-hari yang menjemukan. Ketika berkunjung ke sana, tentu saja kuliner khas daerah tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Dengan keragaman daerah di Indonesia tentu saja kuliner yang ada di setiap daerah juga berbeda dan memiliki identitas masing-masing. Apalagi dengan bumbu-bumbu rempah yang selalu digunakan di setiap masakan Indonesia. Penasaran apa aja kuliner khas Sumbawa?

Sepat, Perpaduan Ikan Bakar Dengan Kuah Asam

Sepat, ikan berkuah menyegarkan khas Sumbawa
Sepat, ikan berkuah menyegarkan khas Sumbawa [image source]
Sepat adalah sajian berkuah khas Sumbawa. Bahan dasarnya adalah ikan yang dibakar. Tapi, jangan salah, sepat yang dimaksudkan di sini bukan ikan sepat yang biasa kalian temui di Pulau Jawa. Ikannya bisa menggunakan ikan apa saja juga bisa ditambahkan ayam dan udang. Kemudian dimasukkan ke dalam kuah asam yang mengandung rempah-rempah seperti bawang putih, daun bawang, daun aru, daun, lomo dan daun ruku.

Singgang, Saudara Gulai Ikan yang Kaya Rempah

singang kuliner sumbawa yang hampir serupa dengan gulai ikanqsingang kuliner sumbawa yang hampir serupa dengan gulai ikan
singang kuliner sumbawa yang hampir serupa dengan gulai ikan [image source]
Sekilas singgang serupa dengan gulai ikan, karena memiliki kuah berwarna kuning kemerah-merahan.  Bahan dasarnya juga ikan. Ikan apapun bisa diolah untuk menjadi singgang. Tapi, umumnya yang digunakan masyarakat lokal adalah ikan bandeng atau kakap. Bumbu yang digunakan pun juga tetap menggunakan rempah-rempah seperti cabe rawit, bawang, kemiri, kunyit dan asam jawa.

Rarit, Sensasi Asin Pedas Daging Cincang

Rarit, daging cincang yang dikeringkan
Rarit, daging cincang yang dikeringkan [image source]
Rarit adalah olahan daging sapi yang dikeringkan, serupa dengan dendeng. Tapi, bedanya rarit tidak sekering dendeng. Kondisi daging yang setengah kering ini yang menyebabkan aroma dan rasa dari kaldu yang ada pada daging itu sendiri kuat. Rarit tidak berbentuk kotak seperti dendeng pada umumnya. Tapi telah dicincang dan dimakan dengan sambal dan garam.

Jangan Bage, Olahan Ikan khas Sumbawa yang Lezat

jangan bage, ikan yang direndam air asam kemudian di goreng
jangan bage, ikan yang direndam air asam kemudian di goreng [image source]
Jika di pulau Jawa istilah ‘jangan’ dalam dunia kuliner berarti sebagai sayur, hal yang berbeda akan kamu temui di Sumbawa. Di Sumbawa jangan bage adalah jenis olahan ikan yang berbahan dasar ikan mangkawal. Alih-alih menemukan kuah, jangan bage ini biasa disajikan dengan cara digoreng atau dibakar. Sebelum digoreng atau dibakar, ikan mangkawal di rendam dulu dengan air yang mengandung asam jawa.

Dari list di atas, mana yang sekiranya membuat nafsu makanmu meningkat? jangan lupa untuk mencicip semua masakan khas Sumbawa ketika kamu mendarat di pulau di timur Indonesia ini.

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Barat Sumbawa
Share