Telaga Warna Dieng, Wisata Cantik di Jawa Tengah dengan ‘Air Ajaib’nya

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo selalu menyimpan banyak cerita menarik. Salah satu destinasi wisata yang meninggalkan kesan mendalam adalah Telaga Warna. Tidak hanya wisatawan lokal, banyak turis asing yang penasaran dengan keindahan objek wisata ini? Lalu apa sih keistimewaan yang ditawarkan hingga jadi destinasi impian banyak orang? Berikut penuturan tentang Telaga Warna Dieng dari Kontributor Travelingyuk, Febri Haryanto.

Cerita Unik yang Tersebar di Masyarakat

Telaga warna merupakan destinasi yang memiliki luas 39 hektar. Di balik keindahannya, terdapat sebuah cerita yang sudah turun temurun disebarkan oleh orang terdahulu. Telaga yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo ini konon menjadi tempat mandinya para dewi. Cerita itulah yang dipercaya membuat air di sini berubah warna.

Foto: Febri Haryanto
Telaga Warna di Dieng (c) Febri Haryanto/Travelingyuk

Keindahan telaga yang berubah warna ini bisa menjadi biru, hijau dan juga kuning. Fenomena alam tersebut terjadi karena air telaga memiliki kandungan sulfut yang cukup tinggi. Sehingga warnanya akan berubah ketika terkena sinar matahari. Unik kan? Indahnya bikin terpesona, apalagi ketika dipadukan dengan pepohonan hijau di sekitarnya.

Pesona Telaga Warna dari Batu Pandang

Selain menuju ke tepi telaga, ada banyak tempat sempurna untuk menikmati keindahan Telaga warna. Salah satunya Batu Pandang Ratapan Angin. Untuk sampai di puncak, Teman Traveler harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dengan berjalan kaki. Namun, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan alam Dieng dari ketinggian.

Foto: Febri Haryanto
Keindahan Telaga Warna (c) Febri Haryanto/Travelingyuk

Dari sini pula, Teman Traveler dapat melihat Telaga Pengilon yang tak kalah cantik. Biasanya, spot ini dijadikan tempat untuk mengabadikan momen, sebelum disebarkan ke media sosial. Serius, Teman Traveler akan dibuat takjub dengan keindahan destinasi wisata unggulan dari kawasan Dataran Tinggi Dieng ini

Kuliner Enak di Sekitar Telaga Warna

Puas jelajah wisata alam di Telaga Warna? Jangan lupa untuk berburu kuliner. Di kawasan wisata ini banyak makanan enak dan pastinya nendang di lidah. Sebagian besar merupakan kuliner khas Wonosobo, seperti gorengan, jamu, dan juga tempe kemul. Nah, untuk menu beratnya juga banyak, seperti mie ongklok dan sego megono.

Foto: Febri Haryanto
Kawasan Dieng Plateu (c)Febri Haryanto/Travelingyuk

Selain makanan, di sini juga banyak jenis minuman yang siap menyegarkan tenggorokan. Ada teh tembi dan kopi dieng yang memiliki rasanya khas. Pas banget diminum saat hangat. Jangan lupa untuk mencoba carica. Yap, pepaya Dieng yang diolah menjadi manisan dan dikemas cantik seperti minuman lainnya, Rasanya enak banget loh. Harganya juga ramah di kantong.

Nah, Teman Traveler yang sudah tak sabar untuk liburan ke Telaga Warna Dieng kan? Jangan lupa untuk menggunakan jaket tebal agar dinginnya udara tidak menusuk kulit. Pasalnya, kawasan ini terkenal dengan suhu dingin. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke sini?

Tags
Dieng Indonesia Jawa Tengah Travelingyuk Wisata Dieng wisata wonosobo Wonosobo
Share