Cantiknya Telaga Sigebyar Mangunan, Wisata Pekalongan yang Curi Perhatian

Nggak hanya kaya akan kuliner, wisata Pekalongan patut banget Teman Traveler kunjungi, salah satunya adalah destinasi bernuansa adem bernama Telaga Sigebyar Mangunan. Tempat ini menjadi jujugan para wisatawan berkat keindahannya. Penasaran bagaimana serunya berlibur di sini? Simak lebih lanjut ulasan berikut, yuk!

Bak Surga Tersembunyi

Suasana Telaga Sigebyar Mangunan, via Instagram/khirza_fauzan

Pemkab Pekalongan membuka wisata yang tergolong baru bernama Telaga Sigebyar Mangunan. Sebelum dibuka untuk umum, mereka melakukan pembersihan sejak bulan Januari lalu. Tempatnya terasa sejuk karena berada di ketinggian 1500 mdpl. Telaga ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memanjakan mata.

Bak surga tersembunyi, kabut yang menyelimuti telaga membuatnya terlihat semakin eksotis. Tak hanya mata, telinga pun juga dimanjakan dengan suara dari Elang Jawa yang mengitari lokasi. Selain itu, air yang ada di telaga berasal dari mata air Pegunungan Kendeng sehingga kealamiannya masih terjaga.

Tempat untuk Upacara Adat Nyadran

telaga sigebyar Pekalongan
Dijadikan sebagai tempat ritual Nyadran, via Instagram/agusfahrl_k 

Informasi yang didapat dari laman detik.com, sebelum dibuka untuk umum Telaga Mangunan menjadi lokasi ritual budaya Nyadran bagi masyarakat setempat. Setiap tiga tahun sekali, dilakukan penyembelihan sapi bule untuk dilarung di telaga. Nyadran sendiri merupakan tradisi pembersihan makam leluhur bagi masyarakat Jawa.

Disediakan Fasilitas Perahu untuk Keliling Telaga

telaga sigebyar Pekalongan
Disediakan perahu, via Instagram/agusetiawan2121

Pengunjung dapat menikmati suasana telaga dengan berkeliling menggunakan perahu yang disediakan. Fasilitas ini dapat mengangkut sekitar 12 penumpang dan setiap orang cukup merogoh kocek mulai dari Rp5 ribuan.

Telaga Sigebyar langsung diburu wisatawan untuk berlibur. Masih dalam tahap pengembangan, nantinya juga akan dibuat spot selfie yang instagramable dan perahu kayak.

Lokasi dan Tarif Telaga Sigebyar

telaga sigebyar Pekalongan
Lokasi Telaga Mangunan, via Instagram/anggiesyafa_moment

Telaga Sigebyar berada di Dukuh Mangunan, Desa Telogohendro, Kecamatan Petungkriono, Pekalongan. Tak terlalu sulit untuk menuju ke sini. Wisatawan dipermudah dengan akses jalan yang sudah beraspal.

Namun untuk menuju telaga, pengunjung harus terlebih dulu berjalan kaki sejauh kira-kira 600 meter di medan menanjak selebar empat meter dari tempat parkir. Walau memakan waktu, Teman Traveler tak akan dibuat kecewa, karena sepanjang perjalanan akan dimanja dengan pemandangan pegunungan dan perkebunan warga sekitar.

Seperti itulah keindahan Telaga Sigebyar di Pekalongan. Tertarik untuk merasakan langsung kesegarannya? Jadi kapan Teman Traveler berkunjung sembari mengajak kawan ke sini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Pekalongan telaga sigebyar Pekalongan Wisata
Share