Jangan Ngaku Anak Lamongan Hits, Kalau Belum ke Telaga Sadang

Advertisement

Jawa Timur tidak henti-hentinya memanjakan penduduknya dengan tempat-tempat cantik. Keindahan ini lah yang akhirnya juga mengundang wisatawan untuk datang berkunjung. Tak kalah dengan Batu yang dipenuhi dengan wahana wisata yang beragam, Lamongan juga memiliki permata alami yang baru saja terekspos. Di mana, sih?

Bekas Tambang yang Menjelma Menjadi Wisata Indah

Wisata Lamongan, Tlogo Sadang
Wisata Lamongan, Telaga Sadang [image source]
Tak bisa dipungkiri, sosial media menjadi wadah informasi terkini, termasuk tentang tempat wisata baru yang ada di kotamu, ataupun daerah lainnya. Salah satunya adalah Telaga Sadang, wisata alam Lamongan yang baru ramai dikunjungi di awal tahun 2017 ini. Telaga Sadang ini sebenarnya bukanlah tempat wisata. Lokasi ini dulunya adalah sebuah tambang batu kapur. Namun, keindahannya mau tak mau membuat orang datang dan mengabadikannya lewat foto.

Wisata Lamongan, Telaga Sadang
Wisata Lamongan, Telaga Sadang [image source]

Tak Kalah Eksotis dari Bukit Jaddih Madura

Telaga Sadang, Lamongan
Telaga Sadang, Lamongan [image source]
Sepintas, Telaga Sadang mengingatkan pada Bukit Jaddih yang berada di Madura. Keduanya sama-sama berasal dari tambang batu kapur yang kemudian terlalu eksotis kalau dibiarkan begitu saja. Di Lamongan sendiri, ada beberapa lokasi serupa, namun kolam berwarna hijau segar yang ada ini membuat Telaga Sadang menjadi tercantik di antara yang lainnya. Menurut warga yang ada sekitar, air danau ini berasal dari mata air yang muncul dari dasar bekas galian tambang. Makin indah dengan tebing-tebing putih yang mengelilinginya.

Indahnya Telaga Sadang
Indahnya Telaga Sadang [image source]

Langsung Hits Jadi Wisata Baru di Lamongan

Telaga Sadang
Telaga Sadang [image source]
Sejak fotonya muncul di sosial media, banyak wisatawan yang mencari dan ingin melihat langsung kecantikan dari Telaga Sadang. Yang mengaku sebagai anak hits Lamongan dan sekitarnya wajib mampir dan menyaksikan sendiri seindah apa Telaga Sadang ini. Datanglah pagi hari agar tidak kepanasan saat berswafoto dan juga masih punuya waktu untuk berkunjung ke deretan tambang indah yang lainnya. Salah satunya adalah Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong. Lumayan nih untuk menghabiskan hari Minggu-mu bersama sahabat. Setuju, kan?

Jernihnya air di Telaga Sadang
Jernihnya air di Telaga Sadang [image source]

Wisata Lain di Lamongan

Tanjung Kodok
Tanjung Kodok [image source]
Jangan salah, ada banyak wisata lainnya di Lamongan yang bisa juga kamu nikmati. Di antaranya adalah Tanjung Kodok yang masih berada di kawasan yang sama dengan Telaga Sadang. Wisata bahari ini hanya berjarak 17 menit berkendara. Kalau sisa waktu liburanmu masih lama, wajib menjelajah Lamongan hingga ke Pantai Kutang yang berada di Dukung Kentong, bisa ditempuh dengan berkendara selama 50 menitan. Namun, pasirnya yang putih bersih, dengan pantai yang jernih. Yakin mau melewatkan ini?

Pantai Kutang, Lamongan
Pantai Kutang, Lamongan [image source]

Kuliner Lamongan yang Bisa Dicoba

Nasi Boranan Lamongan
Nasi Boranan Lamongan [image source]
Saat liburan adalah waktu yang tepat untuk mengeksplor jajanan aneh dan belum pernah dicoba. Lamongan memiliki beberapa kuliner tradisional. Ada Nasi Boranan, yaitu nasi dengan lauk, juga keripik peyek, dibumbui dengan rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Temukan kuliner ini di pasar tradisional atau Alun-alun kota Lamongan. Kuliner lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah tahu campur. Potongan tahu, kikil, makin segar disantap dengan sayur selada dan tauge bareng kuahnya yang kental dengan aroma petis. Nikmat!

Ilustrasi Tahu campur Lamongan
Ilustrasi Tahu campur Lamongan [image source]
Telaga Sadang

Lokasi: Desa Bluri, Kecamatan Solokuro

Nah, jadi punya alasan baru kan untuk berkunjung ke Lamongan? Daripada terjebak macet panjang di jalanan menuju Malang, tak ada salahnya sekali-kali mengarahkan kendaraanmu ke kota ini. Tak kalah indah, kok. Setuju, kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Lamongan telaga sadang
Share