Lereng Gunung Lawu Punya Telaga Seindah ini

Gunung Lawu merupakan salah satu objek wisata Karanganyar. Keindahannya dikenal mampu ‘menyihir’ banyak wisatawan yang hobi mendaki. Pun demikian, kabupaten di Jawa Tengah ini tidak hanya memiliki Gunung Lawu. Di lerengnya terdapat sebuah destinasi tersembunyi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Wah, penasaran kan?

1. Telaga Eksotis dengan Seribu Cerita

Telaga Madirda
Telaga Madirda [image source]
Pernah dengar cerita tentang pertapaan Retno Anjani saat melahirkan Anoman? Atau kisah rebutan pusaka Cupu Manik Astagina oleh Retno Anjani, Subali dan Sugriwa? Ya, banyak yang percaya jika tempatnya berada di Telaga Madirda. Selain memiliki seribu cerita yang tidak diketahui pasti kebenarannya, objek wisata Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso ini benar-benar menawan hati. Tidak hanya airnya yang bening, lembah hijau di sekitarnya membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Telaga di Lereng Gunung Lawu
Telaga di Lereng Gunung Lawu [image source]

2. Spot Foto OOTD Anak Kekinian

Tiduran di Pinggir Telaga
Tiduran di Pinggir Telaga [image source]
Telaga yang diperkirakan memiliki luas sekitar 2 – 2,5 hektar ini tidak hanya digunakan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Ternyata, banyak anak muda yang ke sini untuk hunting foto. Bahkan beberapa pasangan juga menjalani foto prewedding di telaga ini. Dari antusiasme mereka, Telaga Madirda mulai banyak dikunjungi oleh traveler dari luar kota. Kebanyakan dari wisatawan tersebut mengetahuinya dari media sosial.

Wisata Alam di Karanganyar
Wisata Alam di Karanganyar [image source]

3. Destinasi yang Kental dengan Nuansa Agamis

Mandi di Telaga di Karanganyar
Mandi di Telaga di Karanganyar [image source]
Meski mulai dikunjungi oleh banyak wisatawan, ternyata Telaga Madirda belum sepenuhnya dikelola secara komersial untuk tempat wisata. Tidak heran jika biaya masuk destinasi ini masih gratis. Pun demikian, beberapa fasilitas seperti toilet dan warung tersedia di sini. Selain panorama cantik, kamu juga bisa melihat kegiatan yang dilakukan oleh warga di hari-hari tertentu. Ya, beberapa orang biasanya menggunakan telaga ini sebagai tempat mengadakan ritual keagamaan umat Hindu.

Telaga Madirda Karanganyar
Telaga Madirda Karanganyar [image source]

4. Kawasan Wisata Alam yang Asri

Telaga Madirda Cantik
Telaga Madirda Cantik [image source]
Selain Telaga Madirda, kamu juga bisa langsung melanjutkan perjalanan ke beberapa destinasi lainnya. Sebut saja Grojogan Sewu, perkebunan teh hingga Candi Ceto. Nah, salah satu tempat yang paling dekat dengan telaga ini adalah Candi Sukuh. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan patung tapi struktur bangunan candi yang berbeda dengan lainnya. Nah, penasaran kan dengan bentuknya? Mirip dengan bangunan suku Maya di Meksiko serta suku Inca di Peru loh!

Candi Sukuh
Candi Sukuh [image source]

5. Menikmati Udara Sejuk dengan Berburu Kuliner

Soto Karang
Soto Karang [image source]
Setelah berjalan-jalan di Telaga Madirda, ada baiknya untuk berburu kuliner di sekitar alun-alun kota. Tidak jauh, kamu hanya membutuhkan perjalanan selama 30 menit dari telaga. Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah Soto Karang yang terkenal dengan sajian iga sapi, kentang dan sayuran lezatnya. Usai menyantap makanan di sini, istirahatkan badanmu dengan bermalam di Hotel Jawa Dwipa. Tidak pakai mahal, harga sewanya cukup terjangkau mulai dari Rp450.000,-/malam.

Hotel Jawa Dwipa
Hotel Jawa Dwipa [image source]
Nama : Telaga Madirda
Alamat: Berjo, Ngargoyoso, Berjo, Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Sudah tahukan jika Karanganyar memiliki banyak tempat wisata alam yang asri dan masih tersembunyi. Nah, tunggu apalagi, yuk rajin-rajin jelajahi destinasi alam Indonesia agar pariwisata tanah air kita makin maju.

Tags
Explore Karanganyar Telaga Madirda
Share