5 Telaga di Depok untuk Ngadem Saat Puasa

Advertisement

Depok adalah kota yang baru berusia 19 tahun pada 27 April 2018 lalu. Kota ini merupakan pemekaran wilayah dari Kabupaten Bogor. Meskipun begitu, dulu Depok dikenal sebagai area hijau yang membuat betah banyak orang. Saat ini keasrian tersebut masih dapat ditemukan diantara hiruk pikuk dan kemacetan kota. Di bulan Ramadan yang penuh dahaga ini, coba datang ke telaga di Depok yang dapat menjadi opsi ngabuburit sambil ngadem saat berada di kota baru ini.

Situ Pengasinan

Gambar luas Situ Pengasinan via
Gambar luas Situ Pengasinan via wisatajawatimur.xyz

Pada tahun 2017, Situ Pengasinan didapuk menjadi lokasi kegiatan Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Destinasi wisata seluas enam hektar ini memiliki banyak fasilitas terutama bagi yang ingin berwisata air, seperti, bebek air dan sepeda air. Saat cuaca terik, kamu dapat memanfaatkan pohon kelapa, pohon rambutan, pohon mangga, serta pepohonan lain yang tumbuh di tepi situ untuk berpiknik atau hanya berteduh.

Situ Asih Pulo

Wahana air yang ada di Situ Asih Pulo via
Wahana air yang ada di Situ Asih Pulo via jakarta.panduanwisata.id

Danau seluas 4,40 hektar ini telah berkembang menjadi salah satu destinasi wisata air di Kota Depok. Pada tahun 2006, Pemerintah Kota bekerjasama dengan masyarakat bekerjasama menghijaukan kembali danau yang ada di belakang Gardu PLN Depok tersebut. Sehingga saat ini pengunjung dapat mengelilingi danau dengan menyewa perahu bebek yang tersedia dan menikmati rindangnya tepian Situ Asih Pulo.

Situ Citayam

Wahana air di Situ Citayam via
Wahana air di Situ Citayam via konservasisitudepok.wordpress.com

Telaga yang telah ditemukan sejak zaman kolonial ini berada tak jauh dari jalur kereta komuter yang menuju Bogor. Bahkan dari Stasiun Citayam jaraknya hanya sekitar 15 menit berjalan kaki. Beberapa wahana air juga telah disediakan di tempat ini. Selain itu Situ Citayam juga menjadi tempat favorit bagi warga Depok yang gemar memancing.

Situ Cilodong

Petugas menarik perahu bebek via instagram
Petugas menarik perahu bebek via instagram/radardepok

Situ Cilodong teletak di pinggir jalan Abdul Gani. Luasnya mencapai 7 hektar dan dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memuaskan hobinya memancing. Selain itu tempat ini juga sering digunakan untuk berlatih kayak. Danau yang dulunya dipenuhi tanaman enceng dan teratai hingga setengah luas danau tersebut kini telah bersih.

Situ Lio

Atlit dayung yang sedang berlatih di Situ Rawa Besar via instagram
Atlit dayung yang sedang berlatih di Situ Rawa Besar via instagram/kemal_adam

Setu Lio juga sering disebut dengan nama Situ Rawa Besar. Tempat yang berada di sekitar pemukiman padat penduduk ini sedang dikembangkan menjadi destinasi wisata, sama seperti telaga lainnya yang telah disebutkan pada poin sebelumnya. Serupa dengan Situ Cilodong, tempat ini juga sering digunakan untuk berlatih kayak.

Menikmati sepoi angin di tepi telaga sembari ngabuburit di sore hari tentu dapat menjadi kegiatan yang menarik. Apalagi saat cuaca sedang cerah-cerahnya. Menurutmu bagaimana potensi wisata di Depok?

Advertisement
Tags
Depok Indonesia Jawa Barat Telaga Wisata
Share