Bukan Sekadar Soto, Ini 5 Tauto Nikmat di Pekalongan

Advertisement

Ini termasuk kuliner Pekalongan yang misterius, karena masih belum diketahui siapa penemunya. Kebanyakan sih menyebut tauto, gabungan antara soto dan tauco. Dua unsur makanan yang berbeda ternyata bisa sangat serasi di lidah, lho. Jika kamu ingin mencicpi rasa yang otentik, langsung datang ke beberapa warung berikut ini.

1. Tauto H. Kunawi

Tauto [image source]
Warung H, Kunawi adalah pilihan yang mantap jika yang kamu cari adalah Tauto. Bumbu tauco pada kuah begitu terasa dan kental. Apalagi saat kamu menikmatinya dengan irisan tempe goreng. Kamu akan mendapatkan satu mangkuk tauto ditambah dengan sepiring nasi. Segera nikmati selagi masih hangat. Soal tempat memang tidak terlalu luas, namun cukup bersih dan nyaman. Kalau mau tambah tinggal bilang, tidak usah sungkan.

Tauto [image source]
Lokasi : Gg. 5, Klego, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah

2. Tauto Pak Tjarlam

Tauto Pak Tjarlam [image source]
Di sekitaran Pasar Senggol ada warung tauto yang legendaris. Pemiliknya mengaku jika tempat jualannya itu telah buka sejak tahun 60an. Kamu bisa menyebutnya sebagai Warung Pak Tjarlam. Sebelumnya ada di salah satu sudut Alun-Alun Pekalongan, namun saat ini pindah ke dekat Pasar Senggol. Kepemilikan diwariskan pada generasi kedua yaitu Amat. Kalau soal rasa sudah jelas enak.Terbukti Tauto ini masih tetap eksis hingga sekarang.

Ilustrasi Tauto Pak Tjarlam [image source]
Lokasi : Kios Pasar Senggol Sugih Waras, Jalan Dr Cipto, Kelurahan Kauman, Kota Pekalongan

3. Tauto Pak Damudji

Tauto Pak Damudji [image source]
Liburan ke Pekalongan pasti kurang lengkap kalau tidak pergi ke pusat oleh-olehnya. Jika kamu ingin barang yang bernilai seni bisa datang ke gallery kerajina Ridaka. Namun jangan jadikan belanja sebagai tujuan utama, mampirlah ke Warung Tauto Pak Damudji. Lokasinya tidak jauh dari Ridaka, kok. Satu porsi saja rasanya masih kurang untuk kamu yang menyukai kuliner berkuah. Tauto ala Pak Damudji ini juga nikmat saat ditambah dengan sambal.

Tauto Pak Damudji [image source]
Lokasi : JL. K.H. Agus Salim, No. 12, Sugihwaras, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah

4. Soto PPIP Bu Bawon

Soto PPIP [image source]
Yang terasa pertama kali saat kamu mencoba tauto adalah kesegaran kuah ditambah dengan gurihnya bumbu tauco. Mau dengan lontong atau nasi, semuanya enak disantap. Seperti sajian ala Warung Bu Bawon yang khas dan Pekalongan banget. Dagingnya begitu lembut saat digigit dan kuahnya juga kental tidak seperti kuliner serupa kebanyakan. Kalau kamu ingin ke sini mudah, tinggal cari saja pelataran parkir PPIP Noyontakan, Warung Bu Bawon terpampang nyata di sana.

Soto PPIP [image source]
Lokasi : Jl. Dr Wahidin, Pusat Grosir PPIP, Noyontaan, Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Telepon : (0285) 429171

5. Tauto Bang Dul

Tauto Bang Dul [image source]
Kalau soal tauto, warung Bang Dul tidak boleh dilewatkan begitu saja. Keberadaannya termasuk legendaris dan menempati ruangan yang lumayan besar. Cukup untuk menampung puluhan pelanggan. Beberapa menu yang bisa kamu santap adalah soto ayam dan tentu saja tauto. Untuk yang tidak suka olahan ayam, disediakan daging sapi. Bisa juga menambah jeroan agar semakin nikmat.

Tauto Bang Dul [image source]
Lokasi : Jl Dr Sutomo, depan Asrama Brimob Kota Pekalongan

Sebenarnya masih banyak pilihan warung tauto lainnya. Namun kamu bisa mulai wisata kuliner dari empat destinasi di atas, liburanmu ke tempat wisata Pekalongan akan semakin seru. selamat mencoba, ya!

Advertisement
Tags
kuliner kuliner pekalongan wisata pekalongan
Share