Tarif Tol Mudik 2018, dari Diskon Hingga yang Gratis

Ramadan sudah berjalan setengah bulan. Mudik semakin dekat, nih. Jangan lupa, ada banyak tiket mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah. Lumayan banget untuk berhemat dan anti capek. Tinggal duduk manis, sampai deh di kampung halaman. Tenang saja, bagi kamu yang memilih mudik lewat jalur darat, tetap bisa hemat kok. Ini dia tarif tol mudik 2018. Catat, ya.

1. Rencana Diskon 10%

Tol Jakarta - Cikampek
Tol Jakarta – Cikampek via Instagram/@toenoeaja

Pulang kampung lewat jalur darat biasanya harus melewati jalan bebas hambatan atau yang lebih dikenal dengan tol. Biaya tarif tol yang lumayan tentu akan membuat mudik terasa mahal, khususnya bagi yang jaraknya jauh. Tenang saja, pemerintah berencana akan memberi potongan sebesar 10%. Kepastiannya akan diumumkan pada awal bulan Juni. Berita terbaru menurut otomotif.tempo.co, tarif tol Jakarta – Surabaya hanya Rp344 ribu, lho.

2. Jalur Sekali Bayar

Tol Semarang
Tol Semarang via Instagram/@sidiqnurseto

Dilansir dari tirti.id, akan diberlakukan tarif merata untuk tol Semarang Seksi A, B, dan C. Pengguna jalan rencananya hanya akan melakukan satu kali tapping pembayaran. Tarifnya pun merata, tidak berdasarkan jarak. Tarif tol mudik 2018 ini bertujuan agar antrian kendaraan yang melakukan transaksi tidak terlalu lama dan panjang, sehingga waktu tempu para pengguna jalan pun bisa lebih efisien.

3. Tol Solo-Ngawi Gratis

Tol Solo-Ngawi
Tol Solo-Ngawi via Instagram/@dmsdwptr91

Kabar bahagia untuk kamu yang mudik melewati tol Solo- Ngawi. Saat ini, tahap pembangunan tol Solo – Ngawi sudah sampai di pengujian layak fungsi. Tol ini pun siap dibukan untuk mudik 2018. Serunya lagi, tarif tol mudik 2018 di jalur ini adalah gratis bagi kamu yang mengendarai kendaraan golongan I. Ruas Tol Solo – Ngawi ini rencananya akan dibuka selama 24 jam pada arus mudik dan balik tertinggi. Namun, jika di pukul 9 malam sudah tidak ada kendaraan yang melintas, gerbang tol bisa saja ditutup.

4. Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik

Ilustrasi Puncak Arus Mudik
Ilustrasi Puncak Arus Mudik via Instagram/@togaohtoga

Berkaitan dengan cuti pemerintah yang panjang, maka hal ini juga mempengaruhi pada waktu mudik yang dipilih. Diberitakan oleh properti.kompas.com, bahwa puncak arus mudik tertinggi jatuh pada hari Jumat, tanggal 8 Juni 2018. Ini dikarenakan bahwa di tanggal tersebut merupakan hari terakhir masuk kerja. Sedang puncak arus balik diprediksi jatuh pada tanggal 20 Juni 2018 atau 24 Juni 2018, yaitu masa akhir cuti. Nah agar mudik lewat jalur daratmu lancar, pastikan menghindari tanggal-tanggal di atas, ya.

Nah, itu tadi sekilas update tentang tarif tol mudik 2018. Jadi bisa mempersiapkan diri agar pulang kampung jadi lebih hemat. Setuju, kan?

Tags
Indonesia info terbaru news tarif tol mudik 2018
Share