Menengok Cantiknya Tebing Tanjung Ringgit di Ujung Tenggara Lombok

Keindahan Lombok seakan tak ada habisnya. Tiap sudut Pulau Seribu Masjid menyimpan kepingan surga yang pantang dilewatkan. Ya, pesona cantik pulau di Nusa Tenggara Barat ini tak hanya bisa dinikmati di Gili Trawangan atau Pantai Senggigi. Teman Traveler bisa coba menjelajah hingga ujung tenggara Lombok. Di sana kalian akan menemukan Tebing Tanjung Ringgit.

Pemandangan menakjubkan di atas Tebing Tanjung Ringgit (c) Rosita/Travelingyuk

Meski aksesnya jauh dari kata mudah, pemandangan yang disajikan begitu luar biasa. Siapapun yang melihat dijamin bakal berdecak kagum. Yuk, baca ulasan lengkap dari wisata Lombok satu ini.

Terpisah Dua Jam Perjalanan dari Mataram

Hembusan angin di puncak tebing cukup kencang (c) Rosita/Travelingyuk

Berada di ujung tenggara Lombok, butuh waktu tak sebentar untuk menuju Tanjung Ringgit. Perjalanan akan berlangsung sekitar dua jam, jika Teman Traveler berangkat dari pusat Kota Mataram. Ditambah lagi, kalian hanya bisa mencapai destinasi ini menggunakan kendaraan pribadi.

Namun tak perlu khawatir Teman Traveler. Meski aksesnya cukup terbatas, jalan menuju Tanjung Ringgit sebenarnya tidak terlalu sulit. Pastikan saja kendaraan yang kalian gunakan berada dalam kondisi prima.

Tanjung Ringgit berada di wilayah Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jika memulai perjalanan dari arah Mataram, Teman Traveler bisa pilih rute menuju Praya. Lanjutkan ke arah Jerowaru, terus ke Desa Pamongkong.

Sementara bagi Teman Traveler yang berangkat dari arah Pelabuhan Lembar, rute yang bisa dipilih adalah Gerung – bypass Bandara
Internasional Lombok – Praya – Jerowaru – Desa Pamongkong. Cukup mudah bukan? Jangan ragu bertanya pada penduduk lokal jika kalian membutuhkan panduan arah.

Berhadapan langsung dengan Samudra Hindia

Hati-hati saat mengabadikan momen di sini (c) Rosita/Travelingyuk

Begitu tiba di Tanjung Ringgit, pemandangan menakjubkan akan siap menyambut. Panoramanya begitu luar biasa, tak bakal bisa didapat di tempat lain. Perlu Teman Traveler ketahui, posisi Tanjung Ringgit berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Selain membuat pemandangan sekitar begitu elok, hembusan angin di sekitar sini juga terasa lebih kencang.

Pemandangan di sekitar Tanjung Ringgit sama sekali tak kalah dengan Gili Trawangan maupun Pantai Senggigi. Tiap wisatawan yang datang dijamin akan langsung jatuh cinta. Deretan tebing curam berpadu apik dengan birunya laut. Suasana sekitar juga tampak begitu eksotis.

Oh ya, karena hembusan angin di sekitar sini sangat kencang, Teman Traveler harus berhati-hati selama berada di sekitar tebing. Selalu waspada ketika menjelajah area sekitar atau hendak berfoto-foto.

Peninggalan Zaman Penjajahan Jepang

Berhadapan langsung dengan Samudra Hindia (c) Rosita/Travelingyuk

Tak banyak yang tahu bahwa Tanjung Ringgit menyimpan sejarah cukup menarik. Pada zaman penjajahan Jepang, kawasan ini pernah digunakan sebagai pos pertahanan. Hal terbukti dengan adanya beberapa benda peninggalan militer Jepang seperti meriam dan barak.

Benda-benda peninggalan tersebut bisa Teman Traveler lihat dalam gua di sebelah utara Tanjung Ringgit. Kalian bisa mampir sebentar untuk mengunjungi lokasi ini di tengah perjalanan menuju tebing.

Tak jauh dari Pantai Pink

Destinasi ini tergolong sepi wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Sayang sekali rasanya jika berkunjung ke Tanjung Ringgit, namun tidak menengok keindahan Pantai Pink. Apalagi jarak kedua destinasi tersebut tak terpisah jauh, hanya sekitar satu kilometer. Bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih lima menit saja.

Itulah sekilas ulasan mengenai Tanjung Ringgit, salah satu sudut indah yang tak banyak diketahui orang di ujung tenggara Lombok. Aksesnya memang jauh dari kata mudah, namun semuanya akan terbayar lunas dengan eloknya panorama indah Samudra Hindia. 

Tags
Indonesia kontributor Lombok tebing tanjung ringgit Travelingyuk wisata lombok
Share