Eksotisnya Air Terjun Aling-aling Bali, Berani Terjun demi Kesegarannya?

Bali sangat terkenal akan keindahan alamnya. Oleh karena itu, tak lengkap berlibur di Pulau Dewata jika belum menyambangi salah satu air terjunnya. Apalagi di wilayah utara, tepatnya di Kabupaten Buleleng, ada banyak spot alam menarik dan indah. Salah satunya yang bisa Teman Traveler coba kunjungi adalah Air Terjun Aling-aling. 

air terjun aling aling
Air Terjun Aling-aling (c) Helga Christina/Travelingyuk

Wisata Bali ini cukup populer di kalangan turis karena suasananya yang eksotis. Selain itu, di tempat yang sama kalian juga bisa mengunjungi Air Terjun Kroya. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya mengunjungi Aling-aling beberapa saat lalu.

air terjun kroya
Air Terjun Kroya (c) Helga Christina/Travelingyuk

Perjalanan Menuju Air Terjun

medan tangga menuju air terjun
Medan tangga menuju air terjun (c) Helga Christina/Travelingyuk

Air Terjun Aling-Aling masuk wilayah Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng, Bali. Jika berangkat dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, perjalanan akan memakan waktu sekitar tiga jam. Agar lebih hemat, Teman Traveler bisa menyewa motor atau mobil.

Begitu sampai di pintu masuk air terjun, Teman Traveler masih harus berjalan kaki sekitar 15 menit. Kalian bakal melalui area persawahan penduduk dan menurni ratusan anak tangga sebelum akhirnya sampai di destinasi utama.

Persiapan Pemandu dan Tiket Masuk

suasana air terjun
Suasana di sekitar air terjun (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jika hanya ingin sekedar berfoto di sekitar Air Terjun Aling-aling, Teman Traveler cukup membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang. Namun bagi yang ingin berenang, diwajibkan menggunakan jasa pemandu. Kalian nantinya akan didampingi seorang guide lokal untuk melalui jalur treking menuju sumber mata air.

Keuntungan lain jika menggunakan pemandu adalah Teman Traveler bisa mencoba lompat dari atas tebing di sekitar air terjun. Hal ini lumayan berbahaya jika dilakukan sendiri, oleh karena itu wajib didampingi guide lokal. Untuk mendapatkan arahan dari pemandu, kalian wajib merogoh kocek Rp125.000.

Oh ya, sebaiknya Teman Traveler mengenakan alas kaki dengan sol karet atau semacamnya. Sebab kalian akan melewati medan bebatuan yang lumayan licin. Jika tak berhati-hati bisa tergelincir, seperti yang saya alami ketika berkunjung ke sini.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa baju ganti. Pastikan juga persediaan air minum Teman Traveler cukup banyak. Perjalanan menuju mata air di sini akan cukup menguras tenaga.

Keunikan Air Terjun Aling-aling

wisatawan bersiap melompat
Wisatawan bersiap melompat dari atas tebing (c) Helga Christina/Travelingyuk

Air Terjun Aling-aling menjulang setinggi 35 meter. Selain indah, di sini juga terdapat perosotan (water slide) alami. Tidak hanya itu, jika cukup berani Teman Traveler juga bisa melompat dari tebing di sekitar air terjun. Ada beberapa titik dengan beragam ketinggian, mulai dari lima, 11, hingga 15 meter. 

Berfoto di sekitar tebing (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tepat di sebelah Air Terjun Aling-aling terdapat Air Terjun Kroya yang tidak kalah Instagenic. Tebing di sini lebih rendah dibanding Aling-aling, sehingga kerap jadi spot favorit wisatawan untuk melompat. Pengelola juga menyediakan persewaan pelampung bagi pengunjung yang membutuhkan.

Bagaimana Teman Traveler, siap menguji adrenalin dengan melompat dari tebing Air Terjun Aling-aling? Jangan lupa bertandang ke destinasi ini jika kalian berkesempatan liburan di Bali.

Tags
air terjun aling aling Bali kontributor kuliner bali Travelingyuk
Share