Tanjung Papuma, Eksotisme dan Mitos Jember yang Melegenda

Bicara soal pantai di Jawa Timur, Jember juga punya satu tempat cantik yang wajib Teman Traveler kunjungi. Mengusung nama Tanjung Papuma, tempat ini sering disebut suguhkan pemandangan sunrise dan sunset terbaik di seantero Kota Tembakau. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap soal eksotismenya berikut ini.

Pasir Putih Malika

Hamparan Pasir Putih di Tanjung Papuma (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Papuma sejatinya merupakan akronim dari Pasir Putih Malika. Seperti namanya, panorama yang disuguhkan pantai ini memang begitu indah. Pesona eksotisnya sudah tak perlu diragukan lagi. Hamparan pasirnya terlihat putih bersih, sementara karang dan perairan biru di sekitarnya menciptakan paduan pas menyegarkan mata. Teman Traveler bakal betah berlama-lama di sini.

Batu Narada (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain pasir putihnya yang indah, Tanjung Papuma juga memiliki gugusan pulau karang di sekitarnya. Masing-masing diberi nama unik, seperti Batu Kajang, Narada, Nusa Barong, Batara Guru, Kodok, serta Kresna. Deretan karang ini kerap jadi salah satu spot foto favorit para wisatawan.

Batu Gunung Kajang (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain sedap dipandang, gugusan karang tersebut juga berfungsi memecah ombak sehingga arus yang sampai di pinggir pantai tidak terlalu deras. Namun demikian, pengunjung dilarang berenang selama berada di Tanjung Papuma. Hal ini karena tempatnya berbatasan langsung dengan laut selatan, yang dikenal memiliki ombak ganas.

Desa Nelayan

Kapal nelayan di pesisir Tanjung Papuma (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Teman Traveler bisa naik ke atas tebing untuk menikmati keindahan Papuma dari sisi berbeda. Kalian bakal melihat suguhan panorama yang luar biasa cantik. Deretan kapal nelayan warna-warni yang bersandar di bibir pantai seolah menambah pesona wisata ini.

Sekedar informasi, Papuma memang berada di kawasan desa nelayan. Jika berkunjung pagi hari, Teman Traveler akan melihat beberapa nelayan yang baru pulang melaut sembari membawa beragam hasil tangkapan segar. Sementara itu, di pesisir bakal ada banyak warung yang sajikan aneka hidangan laut lezat.

Sunrise Terbaik

Sunrise di Tanjung Papuma (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Salah hal ikonik dari Papuma adalah pemandangan sunrise dan sunset-nya, disebut-sebut sebagai terbaik di Jember. Untuk bisa menikmati panorama indah ini, Teman Traveler bisa naik ke Siti Hinggil, sebuah bukit mungil yang berada tak jauh dari bibir pantai. Di sini kalian akan melihat pemandangan mentari terbit tanpa terhalang apapun.

Sunrise terbaik di Jember (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Pemandangan fajar di sini memang luar biasa indah. Deburan ombak dan suara angin kian menambah syahdu suasana. Teman Traveler dijamin bakal makin dibuat kagum. Jika kalian sedang menjelajah wisata Jember, ini adalah fenomena alam yang pantang dilewatkan.

Mitos Papuma

Tebing karang (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Dibalik kecantikannya, Papuma menyimpan sebuah mitos mengerikan yang masih melekat di masyarakat sekitar hingga kini. Disebutkan bahwa kawasan ini termasuk salah satu wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul, Sang Ratu Pantai Selatan. Konon tempat ini sering memakan korban, yang kabarnya bakal dijadikan penghuni kerajaan Sang Ratu.

Mitos tersebut menyebar hingga berbagai penjuru. Hingga kini, banyak orang percaya bahwa jika datang ke sini sembari mengenakan baju hijau, hal tersebut bisa mengundang marabahaya. Sebab corak tersebut identik dengan Nyi Roro Kidul.

Berpose di Papuma (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain mitos tentang Nyi Roro Kidul, masih ada cerita lain yang tak kalah menarik. Warga kabarnya memilih menghindar dari gugusan batu karang di sekitar sini karena dipercaya jadi rumah ratusan ular berbisa. Teman Traveler boleh percaya atau tidak ya.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik menjelajah cantiknya Tanjung Papuma? Jika kalian mendambakan atmosfer pantai yang beda dari biasanya, destinasi ini bisa jadi pilihan. Selamat liburan!

Tags
Jember kontributor Travelingyuk Wisata Jember
Share