Tanjung Gaang Sangkapura, Bisa Melihat Panorama Laut dari Atas Bukit

Belum puas bersembunyi dari keramaian dan kepenatan aktivitas di kota besar, berkunjung saja ke Tanjung Gaang Sangkapura dengan lokasi yang terpencil. Tempat ini bisa menjadi obat yang pas untuk segala kepenatan. Teman Traveler akan disuguhi beragam hal spesial di sini, mulai dari pemandangan alam yang rupawan, panorama bawah air yang mengesankan, serta kealamian dan ketenangan khas daerah pesisir yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Lokasi

Tanjung Gaang Pulau Bawean via instagram/idarhm_

Tanjung Gaang merupakan destinasi wisata yang masih alami. Berlokasi di Dusun Somor-Somor, Kelurahan Kumasa, Kecamatan Sangkapura, Kebupaten Gresik. Tanjung Gaang ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Jawa Timur, tepatnya sekitar 8 km dari Sangkapura, Pulau Bawean. Iya betul, Pulau Bawean masuk dalam wilayah Kabupaten Gresik.

Keunikan

Keindahan Tanjung Gaang via instagram/rizaldelarocha

Tanjung Gaang memiliki pesona dan keindahan yang sangat alami. Objek wisata ini merupakan hamparan batu karang yang luas. Bukit Karang yang dimiliki Tanjung Gaang merupakan magnet utama objek wisata alam ini. 

Menurut penuturan masyarakat sekitar, bukit di Tanjung Gaang ini mengandung batu marmer. Suasana yang indah ini semakin cantik dengan kejernihan air laut di sekitar Tanjung Gaang. Teman Traveler bahkan bisa melihat ikan-ikan yang berenang ke sana kemari dari atas bukit. 

Untuk menikmati keindahan batu karang ini, teman Traveler bisa menyusuri Tanjung Gaang Sangkapura dengan menyewa perahu nelayan. Tanjung Gaang juga menjadi tempat terbaik di Pulau Bawean untuk melihat sunset alias pemandangan saat matahari terbenam. 

Untuk mendapatkan spot terbaik, Kalian diharuskan untuk mendaki menuju puncak tebing. Waktu terbaik untuk melihat sunset di Tanjung Gaang sekitar pukul 17.30 WIB, disaat langit mulai berwarna jingga dan matahari mulai terbenam.

Fasilitas

Bersantai di Tanjung Gaang via instagram/ayodolennanggresik

Wisata Tanjung Gaang Gresik bisa dibilang belum memiliki fasilitas pendukung yang memadai, terlebih lokasinya yang terpencil. Namun, beberapa warga telah menyediakan fasilitas pendukung yang cukup penting seperti area parkir kendaraan dan kamar mandi.

Cara Menuju Tanjung Gaang

Tanjung Gaang via instagram/nizamhrl

Dusun Somor-Somor terletak di Pulau Bawean yang letaknya terpisah oleh laut dari Kota Gresik. Untuk ke Pulau Bawean, kalian bisa menggunakan kapal nelayan sekitar 3 jam perjalanan dari Gresik.

Sesampainya di Pulau Bawean kalian bisa segera menuju Tanjung Gaang. Ada dua cara untuk menikmati keistimewaan di Tanjung Gaang, yang pertama dengan menggunakan perahu nelayan, atau mendaki ke batu karang dan menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Berjalan merangkak dengan hati-hati adalah cara paling aman melewati jalanan karang untuk menuju ke Tanjung Gaang apabila ini jadi pilihan kalian. Pergunakan alas kaki yang nyaman dan anti selip supaya tidak terpleset dan terjatuh di batu karang yang tajam. 

Itu dia informasi mengenai Tanjung Gaan Sangkapura yang rupawan, Teman Traveler. Selamat liburan!

Tags
Gresik Indonesia Jawa Timur Pulau Bawean Tanjung Gaang
Share