Taman Watu Lawang, Purbalingga Rasa Belanda

Liburan keluarga kali ini mau ke mana nih Teman Traveler? Jika belum menentukan pilihan, tidak ada salahnya kalian merasakan nuansa ala Belanda di Purbalingga. Yup, cukup mampir ke wisata anyar Taman Watu Lawang, kalian bakal dimanjakan panorama taman bunga warna-warni nan indah bagai di Negeri Kincir Angin. Tak percaya? Yuk, simak cerita saya selengkapnya.

Taman Cantik di Tengah Area Persawahan

5_rWM.jpg
Taman Batu Lawang (c) Eva Oktafikasri/Travelingyuk
3_Qly.jpg
Kincir angin ala Belanda (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Taman Watu Lawang berada di daerah Karangmoncol, tepatnya di Jalan Raya Rajawana. Destinasi ini hadir dalam wujud sebuah taman luas nan indah. Lantaran masih relatif baru, tempat ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Mereka datang dari berbagai kalangan usia, mulai dari balita hingga dewasa.

Watu Lawang berada persis di tengah areal persawahan dan perkebunan alba. Panorama indah perbukitan juga bisa Teman Traveler nikmati dari sini. Selain berjalan-jalan, kalian bisa pula bersantai sejenak sambil main ayunan atau menikmati es kelapa muda segar.

Tarif masuk tempat wisata ini cukup murah, sekitar Rp.8.000 untuk hari Senin hingga Sabtu, dan Rp.10.000 khusus hari Minggu dan Hari Libur Nasional. Soal tarif parkir, pengguna kendaraan roda dua cukup membayar Rp.2.000, sementara rombongan yang datang dengan mobil maupun bus wajib merogoh kocek Rp.5.000.

Destinasi dengan Landmark ala Belanda

2_Ore.jpg
Kincir angin yang jadi ikon di sini (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Kehadiran taman ini menjadi salah satu destinasi wisata selfie anyar di sekitaran Kabupaten Purbalingga. Keberadaannya sangat populer di kalangan anak muda sekitar. Pasalnya di sini pengunjung bisa berfoto ria dengan latar belakang kincir angin ala Belanda.

Jadi buat Teman Traveler yang bercita-cita liburan ke Negeri Bunga Tulip namun belum kesampaian, boleh lah datang ke sini untuk sedikit mengobati kerinduan tersebut. Suasananya juga tak kalah menarik kok. Foto-foto yang kalian hasilkan dijamin terlihat keren deh.

img_0142_NKo.JPG
Kincir angin di antara bunga Celosia (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Mengusung konsep wisata taman keluarga yang nyaman, destinasi ini baru saja diresmikan langsung oleh Camat Karangmoncol. Di masa mendatang pengelola akan terus melakukan berbagai pembenahan dan pengembangan, seperti menambah arena bermain anak, peremajaan tanaman dan bunga, serta memberi pagar pembatas anyar.

Penuh Bunga Celosia

img_0129_xrN.jpg
Taman dipenuhi Bunga Celosia (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Selain kincir angin besar di tengah taman, deretan bunga Celosia merah dan kuning di sekitarnya juga jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Semuanya terlihat sangat cantik, terutama saat sedang mekar-mekarnya.

Selain dibuat dengan pola melingkar di sekitar kincir, bunga-bunga tersebut juga ditanam dengan pola menarik lain. Ada yang membentuk hati, berjajar di tengah payung warna-warni, dan masih banyak lagi.

Oh ya, selain bunga Celosia, taman ini juga memiliki area khusus berisi bunga matahari. Sayangnya, saat saya berkunjung hanya tinggal beberapa pohonnya saja dan tidak sedang berbunga. Hal ini karena pihak pengelola masih terus melakukan peremajaan pada berbagai tanaman hias yang ada di sini.

Spot Foto Hits dan Instagenic

img_0098_01_LY9.jpeg
Berfoto di depan bunga sakura bisa jadi konten menarik (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang hobi berswafoto, taman ini wajib masuk dalam list kalian. Hampir semua sudutnya bisa dijadikan spot foto yang Instagenic abis. Mulai dari bangunan kincir angin, hamparan bunga Celosia cantik, panggok alias rumah panggung dari bambu, tulisan ‘Taman Watu Lawang’, deretan payung warna-warni, hingga tebing buatan yang nampak unik.

img_0106_FWB.jpg
Banyak spot foto menarik di sini (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk
img_0109_01_BZb.jpeg
Kincir angin di tengah taman (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk
img_0122_SYP.jpg
Deretan kincir angin plastik (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Pokoknya banyak sekali spot foto menarik di sini Teman Traveler. Semuanya bisa jadi inspirasi berpose, sekaligus mempercantik feed Instagram kalian. Namun kalian jangan lelah untuk menjelajah semuanya ya, sebab area taman ini lumayan luas lho.

Jalan-jalan Sore Bersama Keluarga

img_0152_01_0ar.jpeg
Berfoto di depan gerbang (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Mengusung konsep destinasi wisata keluarga, taman ini memang pas disambangi bersama orang-orang terdekat. Menurut salah seorang petugas, tempat ini memang paling ramai dipadati wisatawan saat sore. Selain cuacanya sudah tidak terlalu panas, menjelang senja memang paling pas untuk mengajak si kecil jalan-jalan.

Suasana nyaman nan asri yang ditawarkan membuat Watu Lawang cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Sembari menikmati indahnya pemandangan sekitar dan melepas penat, hubungan kekeluargaan tentu bakal jadi makin erat ketika berkunjung ke sini.

1_qFX.jpg
Keceriaan anak-anak saat bermain di sekitar taman (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Lokasi taman sendiri berada persis di tepi Jalan Utama Karangmoncol – Rembang. Sangat mudah untuk ditemukan. Jadi bagaimana Teman Traveler, kapan berniat mengajak keluarga liburan ke sini? Jika sedang menjelajah wisata Purbalingga, jangan lupa mampir ya.

Tags
kontributor Purbalingga Travelingyuk wisata purbalingga
Share