Rekomendasi Taman Rekreasi Solo, Yuk Piknik Murah Meriah

Akhir pekan kerap jadi momen paling ditunggu untuk liburan. Bagi Teman Traveler yang berada di Solo, enggak perlu pergi jauh-jauh buat cari tempat refreshing. Kalian bisa mampir ke beberapa taman rekreasi Solo bersama keluarga, piknik ala-ala dengan biaya murah.

Taman Pelangi Satwa Taru Jurug (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Lantas mana saja taman rekreasi Solo menarik yang bisa disambangi? Yuk, simak rekomendasi lengkapnya berikut ini Teman Traveler.

Taman Balekambang

Taman Balekambang di malam hari (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Taman Balekambang merupakan kawasan hutan kota yang lantas disulap menjadi tempat wisata. Di sini Teman Traveler bisa memberi makan sekaligus berkenalan dengan para rusa. Beranjak ke bagian tengah, ada kolam yang biasa dimanfaatkan warga untuk memancing.

Hutan kota ini dulunya juga punya kebun binatang mini. Namun karena kurang terawat, pengelola terpaksa memindahkan semua satwa yang ada ke tempat lain.

Tersedia beberapa kursi untuk Teman Traveler yang ingin duduk santai. Posisinya berada tepat di bawah deretan pohon rindang. Jika sedang senggang, kalian juga bisa mampir ke Gedung Ketoprak Balekambang. Posisinya tepat di samping taman dan setiap malam biasanya ada pementasan di sini.

Taman Balekambang berada di pusat kota, tepatnya di belakang Stadion Manahan. Masuk sini Teman Traveler tak perlu membayar tiket masuk. Cukup siapkan kocek untuk biaya parkir saja.

Taman Cerdas Technopark

Gerbang masuk Taman Cerdas (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Jika Jogja punya Taman Pintar, Solo memiliki Taman Cerdas Technopark Soekarno Hatta. Letaknya di belakang Universitas Negeri Solo. Berdiri sejak 2013, destinasi wisata bernuansa edukatif ini menempati lahan seluas kurang lebih tiga setengah hektar.

Di bagian depan, Teman Traveler akan menemukan fasilitas perpustakaan, playground, teater terbuka, ruang gamelan, ruang IT, ruang audio visual, dan mini gazebo. Selain itu masih ada Taman Dinosaurus dan Taman Purba berisi tiga patung manusia zaman batu dan replika dinosaurus setinggi empat meter.

Taman Satwa Taru Jurug

Air mancur menari (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Taman rekreasi menarik lain di Solo adalah Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Lokasinya berada tak jauh dari Kampus Universitas Sebelas Maret. Menurut catatan sejarah, destinasi ini dulunya didirikan oleh Sultan Hamengkubuwono X pada 1870.

Di sini Teman Traveler bisa menemukan beragam koleksi satwa. Mulai dari merak, harimau, buaya, komodo, kera, dan masih banyak lagi. Terbaru, kawasan ini hadirkan Taman Pelangi Jurug. Pengunjung bisa berpose keren dengan latar belakang ribuan lampion warna-warni. Selain itu masih ada pertunjukan air mancur menari di tengah danau.

Agrowisata Sondokoro

Kawasan pabrik tebu (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Tempat satu ini seru banget buat habisin waktu liburan bersama keluarga. Teman Traveler bisa mencoba beragam permainan seru seperti area pasir, dunia kreasi, flying fox, jaring laba-laba, jembatan gantung, kereta lokomotif, mandi bola, wisata pabrik gula, taman air, dan masih banyak lagi.

Daya tarik utama tempat ini adalah Spoor Sakarosa, kereta api tempo dulu dengan bahan bakar uap. Pengunjung bisa menumpang transportasi jadul ini dan diajak melintasi hamparan kebun tebu Pabrik Gula Tasikmadu yang indah.

Pandawa Water World

Pintu masuk Pandawa Water World (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang menyukai wahana air, cocok banget mampir ke sini. Total ada 27 wahana permainan air seru yang bisa dicoba. Mulai dari Wave Pool, Action River, Fantastic Slides, Airated Spa, dan masih banyak lagi. Dijamin seru dan menyenangkan deh.

Itulah rekomendasi beberapa taman rekreasi Solo yang bisa Teman Traveler sambangi. Jika bingung hendak berakhir pekan di mana saat sedang jalan-jalan di Solo, boleh banget mencoba mampir ke salah satunya.

Tags
kontributor Solo Travelingyuk Wisata Solo
Share