Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Yang Tersembunyi

Advertisement

Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Banyaknya gugusan pulau menjadikan Indonesia kaya akan biota laut. Indahnya terumbu karang disebaran nusantara ini membuat banyak traveler mancanegara kian berdatangan. Salah satunya kawasan Taman Nasional Wakatobi, dimana wisata ini merupakan salah satu destinasi dengan suguhan terumbu karang terindah di Indonesia.

Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara
Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara. Foto via kelilingnusantara.com

Kawasan yang selalu terjaga kelestariannya ini menjadikan Wakatobi memiliki perairan yang sangat jernih. Saking jernihnya kamu bisa melihat terumbu karang tanpa harus menyelam. Namun, banyak traveler tetap ingin menyelam seperti snorkeling hingga diving untuk melihat terumbu karang dari jarak yang sangat dekat.

Lokasi, Rute dan Tiket Masuk Taman Nasional Wakatobi

Lokasi Taman Nasional Wakatobi berada di area empat pulau cantik yang berbatasan langsung dengan Laut Banda disebelah Utara dan Timur. Taman Nasional ini berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Terumbu karang terbaik didunia di area kawasan Taman Nasional Wakatobi
Terumbu karang terbaik didunia di area kawasan Taman Nasional Wakatobi. Foto via ksmtour.com

Akses Taman Nasional Wakatobi paling dekat dari Kota Kendari menggunakan kapal ferry. Perjalanan ini akan memakan waktu hingga 8 jam diatas lautan. Jika kamu ingin lebih cepat, bisa menggunakan pesawat yang terbang dari Makassar dan Kendari dengan tujuan Bandara Matahoa Wakatobi.

Tiket masuk kawasan Taman Nasional Wakatobi ini dibanderol dengan harga Rp. 160.000 per orang. Disini kamu akan menikmati seluruh kawasan Nasional yang meliputi Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Jangan khawatir, Taman Nasional Wakatobi ini buka setiap saat selama 24 jam.

Fasilitas Di Taman Nasional Wakatobi

bersantai menikmati indahnya lautan kawasan Taman Nasional Wakatobi
bersantai menikmati indahnya lautan kawasan Taman Nasional Wakatobi. Foto via indonesiatraveler.com

Wakatobi terkenal dengan ketatnya pelestarian area wisata. Tak heran jika banyak fasilitas yang terjaga dengan baik mulai dari penginapan, restoran, hingga berbagai fasilitas publik lainnya. Taman Nasional Wakatobi ini terdiri dari beberapa pulau cantik dimana fasilitas utama adalah perahu boat yang akan mengantarkan pengunjung menyeberangi deretan pulau hingga mengitari keindahan pulau-pulau cantik.

Terumbu Karang Terbaik di Dunia

Wakatobi digadang gadang sebagai tempat dimana terumbu karang tumbuh dengan lestari dan terbaik di dunia. Bagaimana tidak, kawasan yang seluas 13.900 kilometer persegi ini menyimpan ekosistem biota laut yang beraneka ragam. Jernihnya perairan Wakatobi menjadi sorotan hingga traveler dunia.

Wasabi Nusa menjadi tujuan banyak traveler ketika mengunjungi Taman Nasional Wakatobi
Wasabi Nusa menjadi tujuan banyak traveler ketika mengunjungi Taman Nasional Wakatobi. Foto via pesona.travel

Selain terumbu karang yang indah, Wakatobi juga menyediakan spot terbaik utnuk snorkeling dan diving. Lokasi paling populer dikalangan traveler adalah Pulau Wangi-wangi dan Pulau Tomia. Tak hanya itu, jika beruntung kamu akan menyaksikan lumba-lumba berenang diperairan Wakatobi. Spesies ini menjadi hewan paling dilindungi dan Wakatobi menjadi habitat terbesar di Indonesia untuk lumba-lumba.

Setelah puas menikmati alam bawah laut, jangan lupa untuk menikmati perbukitan kawasan Wakatobi ya. Kamu akan menikmati indanya kelupauan Wakatobi dari atas bukit. Kerennya, kamu bisa menikmati dari puncak Kahyangan ketika pagi dan sore hari. Cahaya matahari terbit dan terbenam akan membuat pandangan mata terpana. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam lainnya seperti Goa Kontamale dan Danau indah Sombano.

Advertisement
Tags
Taman Nasional Terumbu karang wisata laut wisata nusantara wisata sulawesi tenggara
Share