Jajan Kaki Lima Murah Meriah di Jogja Bareng Streetfoodstories

Advertisement

Jogja menyimpan pesona tersendiri yang mampu membuat siapa saja yang pernah kesana merasa ingin kembali lagi. Seni, budaya, dan keramahan warganya juga merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki kota istimewa ini. Berbagai tempat wisata pun seakan tak pernah ada habisnya untuk dijelajahi.

Tapi taukah kamu jika Jogja juga menyimpan berbagai kuliner kaki lima legendaris bercita rasa tinggi? Berikut ini 8 jajanan kaki lima di Jogja yang murah meriah dan patut kamu coba saat berkunjung ke kota ini.

1. Mie Ayam Ibu Tumini

Mie Ayam Ceker Bu Tumini [image source]
Ingin makann yang hangat dan berkuah? Mie Ayam Bu Tumini mungkin bisa jadi salah satu pilihan kulinermu kali ini. Lain daripada yang lain, Mie Ayam Bu Tumini dihidangkan bersama kuah kental dengan bumbu yang asli nendang. Kedainya terletak di Jalan Imogiri Timur atau sekitar 300 meter di sebelah utara pintu masuk Terminal Giwangan.

Mie ayam Bu Tumini yang menggoda iman [image source]

Seporsi mie ayam dibanderol dengan harga mulai Rp 8.000,-. Sedangkan untuk semangkuk mie ayam ceker khas Bu Tumi, kamu cukup membayar Rp 10.000,- saja. Kedai ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 16.00. Dan jika tidak ingin mengantri lama, sebaiknya datanglah lebih awal. Selamat menikmati!

Nama: Mie Ayam Bu TUMINI Sarirasa Jatiayu

Alamat: Jalan Imogiri Timur No. 187, Giwangan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163, Indonesia

No. Telepon: +62 274 410334

Jam Operasional: 10.00-17.00

2. Es Buah ‘PK’

Es Buah PK yang siap selamatkanmu di saat haus melanda [image source]

Merasa gerah setelah seharian mengitari Jogja? Ada baiknya kamu mampir ke kedai Es Buah dan Bakso PK yang berada di Jalan Pakuningratan, Kranggan, Yogyakarta. Dalam seporsi Es PK berisi beberapa macam buah seperti nangka, sawo, nanas, kelapa muda, dan alpukat yang ditaburi dengan es serut dan susu coklat di atasnya.

Macam-macam isian dalam semangkuk Es PK [image source]

Jika bosan dengan rasa coklat, kamu juga bisa mencoba rasa jeruk yang pastinya lebih segar. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena untuk menikmati semangkuk Es Buah PK kamu cukup membayar sebesar Rp 7.000,- saja. Nggak cuma ramah di lidah, tapi juga ramah di kantong kan?

Nama: Es Buah PK

Alamat: Jalan Godean Km 8 Klajuran, Sidokarto, Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55264, Indonesia

No. Telepon: +62 816-683-153

Jam Operasional: 10.00-18.00

3. Bakso Pikul Tradisional Pak Gino
Bakso Pikul Tradisional Pak Gino, kuliner legendaris di Jogja [image source]

Satu lagi hidangan legendaris yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Jogja, yaitu Bakso Pikul Tradisional Pak Gino. Kuliner ini dinamakan bakso pikul karena dahulunya Pak Gino menjajakan dagangannya dengan cara dipikul selama lebih dari 40 tahun. Beruntungnya saat ini pengunjung sudah tidak perlu lagi menunggu untuk dapat mencicipi semangkuk Bakso Pikul Tradisional Pak Gino, karena dagangannya sudah menetap di daerah Jetis, tepatnya di Jalan AM Sangaji No 55.

Bakso buatan Pak Gino yang menggugah selera [image source]

Tidak sulit untuk dapat menemukan kedai bakso ini, cukup berjalan sekitar 100 meter dari arah tugu, kemudian tengok kiri jalan sebelum hotel tentrem atau di samping koramil. Seporsi Bakso Pikul Pak Gino beris pentol goreng, pentol biasa, dan mi. Harganya? Jangan ditanya, tentu tidak mahal, cukup membayar Rp 8.000,- saja untuk citarasa legendais seperti ini. Buka pukul 11.00 hingga 20.30 malam.

Nama: Bakso Pikul Pak Gino

Alamat: Jl. Pangeran Mangkubumi, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233, Indonesia

No. Telepon: +62 858-6841-1134

Jam Operasional: 11.00-20.30

4. Lotek Bu Mur
Lotek Bu Mur, salah satu hidamgam lotek terbaik di Jogja [image source]

Jika kamu bertanya dimana bisa menemukan hidangan Lotek terbaik di Jogja, maka kamu harus datang ke Jalan AM Sangaji, sekitar 200 meter dari kawasan tugu, tepat di seberang Pop Hotel Yogyakarta. Karena di sana ada kedai Lotek Bu Mur yang sudah tak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Sayur yang disiram dengan bumbu kacang sungguh menggoda selera [image source]

Seporsi lotek dengan berbagai sayuran komplit, disiram bumbu kacang yang sedap, dan ditambah bakwan serta kerupuk siap mengguncang lidahmu. Lotek Bu Mur buka mulai pukul 10 pagi dan biasanya sudah ludes terjual pukul 1 siang. So, kalau mau coba kuliner yang satu ini, jangan datang siang-siang ya!

Nama: Lotek Bu Mur

Alamat: Jl. Pangeran Mangkubumi No.23-31, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233, Indonesia

No. Telepon:-

Jam Operasional: 10.00- habis

5. Es Doger Balai Yasa
Segelas Es Doger Balai Yasa yang siap dinginkan harimu [image source]

Panasnya suasana Jogja jangan sampai bikin hatimu ikut panas ya. Kalau hati mulai panas, mendingan langsung cusss ke Jalan Kusbini, karena di kiri jalan sebelum pintu masuk Balai Yasa Pengok ada Es Doger Balai Yasa yang siap mendinginkan harimu. Harga seporsi es doger hanya Rp 9.000,- saja dengan berbagai macam isi seperti alpukat, jelly, ketan hitam, dan roti tawar kemudian disiram susu cokelat serta sirup yang nikmat.

Segarnya Es Doger Balai Yasa [image source]

Kedai Es Doger Balai Yasa buka dari pagi hingga sore. Selain es doger, disini juga tersedia berbagai hidangan lain seperti dawet ayu, cendol, dan es campur. Semua tinggal pilih mana yang kamu suka. Jangan lupa ajak teman-temanmu biar suasana semakin seru dan hatimu nggak panas lagi!

Nama: Es Doger Balai Yasa

Alamat: Depan Balai Yasa, Jl. Kusbini, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55221, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: Pagi sampai Sore

6. Warung Bajigur Bandrek Bude Warsi
Warung Bajigur Bandrek Bude Warsi tempat nongkrong hemat dan asik di malam hari [image sorce]

Jalan-jalan di malam hari mengitari Jogja, tapi bingung mau nongkrong dimana? Mungkin Warung Bajigur Bandrek Bude Warsi bisa jadi salah satu pilihanmu agar malammu semakin syahdu. Warung ini berada di Jalan Alun-Alun Utara No. 1, Kadipaten, Kraton. Cukup dengan Rp 5.000,- saja, disini kamu bisa menikmati segelas bandrek atau bajigur, minuman nikmat dari campuran santan dan kopi, ditambah dengan potongan roti dan kolang kaling yang mampu hangatkan tubuhmu. Buka setiap hari kecuali hari Minggu mulai pukul 18.00 sampai 23.00. Nikmati sensasi nongkrong hemat dan asik di malam hari bersama teman sebaya yang semakin hangat ditemani dengan segelas bajigur bandrek Bude Warsi.

Nama: Wedang Bajigur

Alamat: Jl. Letjen Suprapto, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55272, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 16.00-22.00

7. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon salah satu makanan di Jogja yang wajib dicoba [image source]

Jalan-jalan di Jogja rasanya kurang afdol jika belum mencicipi hidangan gudeg yang merupakan makanan khas kota ini. Gudeg Pawon menjadi salah satu yang legendaris dan paling terkenal kelezatannya. Warung yang terletak di Jalan Prof Dr Soepomo, Janturan, Umbulharjo atau tepatnya di sebelah utara kampus 3 UAD ini buka mulai pukul 10 malam. Tapi jangan heran jika sejak pukul 9 malam antrian pembeli sudah berjubel di depan warung.

Gudeg Pawon yang lezatnya tiada tara [image source]

Karena rasanya yang istimewa, kuliner satu ini bisa membuat siapa saja rela menunggu demi mencicipi kelezatan seporsi Gudeg Pawon. Dan uniknya lagi, disini para pengunjung bisa melihat proses pembuatannya langsung dari dapur. Cukup membayar Rp 30.000,- saja kamu sudah bisa menikmati sepiring Gudeg Pawon lengkap dengan ayam kampung dan telur. Sangat disarankan datang lebih awal sebelum kehabisan. Selamat mencoba!

Nama: Gudeg Pawon

Alamat: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164, Indonesia

No. Telepon: +62 274 7002020

Jam Operasional: 22.00-02.00

8. Nasi Teri Pojok Gejayan
Suasana di Warung Nasi Teri Pojok Gejayan [image source]

Perut dilanda keroncongan saat jalan-jalan di malam hari? Segera mampir ke Nasi Teri Pojok Gejayan. Warung nasi teri paling hits di Jogja. Kuliner satu ini merupakan salah satu pilihan bagi pecinta kuliner malam hari selain gudeg. Makan disini dijamin bisa selamatkan perut yang kelaparan dan yang paling penting rasa nasi terinya itu lho, mantap!

Lauk yang melimpah dan menggoda iman di Warung Nasi Teri Gejayan [image source]

Seporsi nasi teri yang berisi sayur, sambal, dan ikan pedas bisa kamu nikmati cukup dengan bayar Rp 11.000,- saja. Warung yang buka pukul 10 malam hingga subuh ini bisa kamu temukan di Jalan Gejayan, persis di sebelah utara Toko Cat Wawawa. Pilih lauk sesukamu, karena semua tersedia disini.

Nama: Nasi Campur Gejayan Pak Yo

Alamat: Jl. Affandi, Klitren, Gondokusuman, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222, Indonesia

No. Telepon: –

Jam Operasional: 21.30-02.00

Inilah 8 jajanan kaki lima yang hits dan legendaris di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau berkunjung ke Jogja jangan lupa mampir kesini, ya!

Advertisement
Tags
Jajanan kuliner kuliner Jogja wisata jogja
Share