Taman Narmada, Keindahan Wisata Bersejarah Peninggalan Raja Karang Asem

Advertisement

Tak akan ada habisnya membicarakan destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok. Hamparan pantai yang memikat hati, kuliner menggugah selera, wisata budaya dan masih banyak lagi lainnya. Termasuk juga destinasi bersejarah. Salah satu tempat bersejarah yang bisa dikunjungi adalah Taman Narmada yang berlokasi di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Seperti apa keunikan wisata Lombok satu ini? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

1. Akses yang Mudah Dijangkau

Taman Narmada seumber: Foto sendiri
Taman Narmada (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Destinasi wisata Lombok satu ini sangat mudah untuk ditemukan. Terletak di Desa Lembuak, Teman Traveler hanya perlu berkendara sekitar 30 menit dari Kota Mataram. Lokasinya cukup strategis karena berada di pinggir jalan utama provinsi, tepat di depan simpang empat pasar Narmada. Sangat mudah ditemukan bukan? Untuk tiket masuk, Teman Traveler hanya memerlukan biaya sebesar Rp6.000.

Salah satu sudut di Taman Narmada sumber: foto sendiri
Salah satu sudut di Taman Narmada (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

2. Tempat Peristirahatan Raja Karang Asem

Taman hijau dan menyegarkan (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk
Taman hijau dan menyegarkan (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Berdasarkan catatan sejarah, Taman Narmada mulai dibangun oleh Raja Karang Asem bernama Anak Agung (A.A.) Gde Ngurah Karang Asem pada tahun 1727. Tempat wisata ini dulunya berfungsi sebagai tempat peristirahatan raja beserta keluarganya di musim kemarau serta tempat pemujaan oleh umat Hindu di Lombok.

Di dalam taman seluas 2 hektar tersebut, Teman Traveler dapat melihat berbagai bangunan milik kerajaan. Struktur taman dengan arsitektur yang berbukit-bukit, telaga unik dan menyegarkan, tangga-tangga yang tersusun rapi, beberapa pura, hingga pemandangan hijau nan asri. Tentunya menarik untuk dijelajahi satu per satu.

Salah satu pura di Taman Narmada bernama Pura Miru sumber: Foto sendiri
Salah satu pura di Taman Narmada bernama Pura Miru (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

3. Sebagai Replika Gunung Rinjani

Keindahan Taman Narmada sumber: Foto sendiri
Keindahan Taman Narmada(c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Menurut catatan sejarah, Raja Karang Asem A. A. Gde Ngurah biasanya melakukan persembahyangan di puncak gunung Rinjani seperti Umat Hindu yang lain di pulau Lombok. Karena merasa dirinya sudah tua dan tidak mampu lagi untuk mendaki, sang raja pun membangun Taman Narmada sebagai replika Gunung Rinjani agar dapat merasakan suasana gunung tersebut tanpa harus mendaki ke puncak.

Cerminan replika tersebut dapat dilihat dari sebuah kolam yang disebut Telaga Ageng. Kolam ini dibangun berbentuk miniatur danau Segara Anak sebagai pengganti tempat pelaksanaan upacara Pakelem untuk memohon kesuburan dan turunnya hujan.

Telaga Ageng sumber: Foto sendiri
Telaga Ageng (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

4. Air Taman Narmada Untuk Awet Muda

Salah satu telaga di Taman Narmada sumber: foto sendiri
Salah satu telaga di Taman Narmada (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Air yang mengalir di sini dipercaya berasal dari gunung Rinjani. Bahkan masyarakat juga percaya air ini memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat membuat awet muda. Di taman tersebut juga telah tersedia kolam renang bagi Teman Traveler yang ingin sekedar berendam atau pun berenang. Pastinya aman dan nyaman.

Telaga Ageng dari ketinggian sumber: foto sendiri
Telaga Ageng dari ketinggian (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

5. Destinasi Wisata Cagar Budaya

Sekelompok anak muda di Taman Narmada sumber: foto sendiri
Sekelompok anak muda di kawasan wisata (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Sejak Belanda berkuasa, Taman Narmada mulai dijadikan tempat rekreasi yang terbuka untuk umum. Pemugaran juga telah dilakukan berkali-kali hingga pada tahun 1980 sampai 1988, rekonstruksi dapat diselesaikan. Kemudian pada tahun 1992, mulai ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Hal tersebut berdasarkan UU NO. 5 tahun 1992.

Taman Narmada seumber: Foto sendiri
Area taman yang hijau dan menyegarkan (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Itu tadi ulasan tentang Taman Narmada yang kaya akan nilai sejarah. Teman Traveler berencana ke Lombok, jangan sampai lupa untuk mampir ke destinasi wisata satu ini ya!

Advertisement
Tags
Indonesia Lombok Lombok Barat Nusa Tenggara Barat Travelingyuk wisata lombok Wisata Lombok Barat
Share