Intip Keindahan Taman Loang Baloq, Wisata Religi di Kota Mataram

Advertisement

Lombok tidak hanya menarik karena Desa Adat Sasak atau Kepulauan Gilinya. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemui di pulau cantik ini. Salah satunya Taman Loang Baloq, wisata religi yang terletak di pusat kota Mataram. Lalu apa keunikan yang ditawarkan tempat ini? Berikut ulasan tentang wisata di Mataram dari Kontributor Travelingyuk, Aziz Syahroni.

Mitos Tentang Loang Baloq

Pintu masuk ke makam loang balok
Pintu masuk ke makam loang baloq (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Pernahkah mendengar Loang Baloq? Bagi orang Lombok, nama ini sudah tidak asing lagi. Tentu saja karena sebuah makam/kuburan yang sudah terkenal sejak dulu. Konon, tempat ini merupakan makam para penyebar agama Islam di Lombok pada jaman dulu. Tak hanya makam, di sini juga terdapat taman yang menjadi lokasi tepat untuk berwisata bersama keluarga dan sahabat.

Pohon Beringin (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk
Pohon Beringin (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Loang Baloq memiliki arti makam yang terletak di tengah batang pohon beringin. Mitos yang beredar, siapapun yang ingin menyampaikan niat atau hajat harus mengikat sebuah tali di pohon beringin tersebut, baru kemudian berdo’a. Setelah hajat terkabulkan, mereka datang kembali untuk syukuran dan membuka tali yang sudah diikat tersebut.

Suasana Sejuk Sekitar Taman Loang Baloq

Pintu masuk (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk
Pintu masuk (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Ketika Teman Traveler ingin berkunjung ke sini akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp2.000. Tidak hanya soal makam saja, suasana taman di sini cukuplah sejuk. Ada banyak pepohonan rindang yang menjadi peneduh panasnya matahari. Cocok banget untuk Teman Traveler yang ingin menghilangkan stres anda. Fasilitas tempat duduk juga ada, dan pastinya nyaman untuk istirahat sejenak sebelum keliling Loang Baloq. Tempat wisata ini cukup bersih dengan area parkir motor sangat rapi dan teratur. Ada juga penjaga yang siap siaga untuk menjaga kendaraan pengunjung

Lahan parkir yang luas(c) Aziz Syafroni/Travelingyuk
Lahan parkir yang luas(c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Sudut Lain dari Taman Loang Baloq

Sudut lain dari Taman Loang (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk
Sudut lain dari Taman Loang (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Tak hanya makam dan taman, di tempat wisata ini juga dilengkapi danau besar. Pemandangan ini terlihat cantik dengan paduan pepohonan di sekitarnya. Tak sampai di situ, ada juga beragam permainan anak. Tempat bersantai seperti saung-saung juga ada di sini. Bahkan yang paling menarik, Teman Traveler bisa menikmati keindahan berupa pemandangan yang sejuk pada sore hari.

Danau buatan (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk
Danau buatan (c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Fasilitas lainnya adalah tempat beribadah, bebatuan refleksi, dan banyak lainnya. Meski taman ini sederhana, tapi cukup rekomended untuk dikunjungi bersama keluarga.

Rute Menuju Loang Baloq

Fasilitas di Loang Baloq(c) Aziz Syafroni/Travelingyuk
Fasilitas di Loang Baloq(c) Aziz Syafroni/Travelingyuk

Wisata di Mataram ini terletak di Tanjung Karang. Tepatnya di Jalur Lingkar Selatan, bagian barat dan tak jauh dari pusat kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju lokasi, Teman Traveler bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Lokasinya sangat strategis dan hanya butuh waktu 15 menit sampai ke sini dari pusat kota.

Itulah ulasan tentang Taman Loang Baloq. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung di wisata religi satu ini?

Advertisement
Tags
Indonesia Lombok Mataram Nusa Tenggara Barat Travelingyuk Wisata Mataram
Share