Kota Tua Ampenan, Wisata Bersejarah di Mataram yang Sayang untuk Dilewatkan

Lombok memiliki banyak destinasi wisata yang Teman Traveler bisa kunjungi. Ada pantai, air terjun bahkan destinasi wisata sejarah. Salah satunya Kota Tua Ampenan di Mataram yang lokasinya sangat dekat dengan pantai. Sejak zaman Belanda, Ampenan merupakan daerah sibuk dengan aktivitas pelabuhan, pelayaran, perdagangan. Hal tersebut pula yang membuat kawasan ini sayang untuk dilewatkan. Penasaran kan? Berikut penuturan kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

1. Pelabuhan Sibuk yang Pernah Berjaya

Relief menggambarkan suasana pelabuhan pada zaman Belanda
Suasana pelabuhan pada zaman Belanda(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Dahulu Ampenan merupakan sebuah pelabuhan sibuk dan menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat di sekitar Mataram. Hal tersebut karena kawasan ini merupakan jalur utama aktivitas keluar masuk segala bahan kebutuhan dan perdagangan Lombok-Bali. Pelabuhan Ampenan tercipta atas ambisi kolonial Belanda yang memang sengaja ingin membangun sebuah Kota Pelabuhan. Hingga akhirnya pada tahun 1973 aktivitas pelabuhan Ampenan dipindahkan ke pelabuhan Lembar karena kondisi gelombang yang kurang bersahabat.

2.Tempat Singgah Berbagai Suku Bangsa

Jalan Pabean Kota Tua Ampenan
Jalan Pabean Kota Tua Ampenan(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Dibangunnya kota pelabuhan di masa lalu membuat banyak pendatang dari segala suku bangsa singgah di Ampenan. Tidak sedikit yang akhirnya menetap dan berkumpul menjadi perkampungan sekitar pelabuhan. Di Kecamatan Ampenan sendiri terdapat beberapa kampung, mulai melayu, tionghoa, arab, Bali, Jawa, Banjar hingga Bugis. Walaupun terdiri dari aneka suku bangsa, di sini tidak pernah terjadi gesekan apapun. Malah damai sentosa. Patut ditiru guys!

3. Arsitektur Bangunan Art Deco

Salah satu bangunan art deco
Salah satu bangunan art deco (c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Pernah disinggahi oleh Belanda, tidak heran jika banyak bangunan yang berdiri dengan dominasi desain arsitektur art deco. Beberapa gedung ini tidak ada yang berubah dan masih dipertahankan bentuknya. Tak hanya dari jauh, saat mendekat pun gaya arsitektur Belanda terlihat cantik. Cocok banget nih untuk Teman Traveler yang suka berkunjung ke tempat-tempat bangunan lama dan masih menjaga keunikannya.

Simpang Lima Kota Tua Ampenan
Simpang Lima Kota Tua Ampenan(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

4. Sembari Menikmati Pantai Ampenan

Keindahan sunset di Pantai Ampenan
Keindahan sunset di Pantai Ampenan(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Kota Tua Ampenan juga menyajikan keindahan lain yaitu hamparan lautnya. Sisa-sisa kejayaan pelabuhan masih dapat terlihat, meski hanya tersisa tiang pancang yang kokoh berdiri. Saat ini pemkot Mataram telah menambahkan hiasan kapal layar di atasnya sehingga terlihat lebih cantik. Di sini Teman Traveler akan betah berlama-lama sambil menikmati sunset yang menakjubkan.

Keramaian di Pantai Ampenan
Keramaian di Pantai Ampenan(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

5. Aneka Kuliner Seafood yang Rasanya Maut

Seafood di Pantai Ampenan
Seafood di Pantai Ampenan(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Teman Traveler penggemar seafood? datang ke pantai Ampenan adalah pilihan yang tepat. Di sini telah tersedia warung yang menyediakan beraneka ragam seafood. Ada kerang, kepiting, cumi dan banyak lagi lainnya. Pas banget dinikmati sekalian menikmati pemandangan cantik di pinggir pantai. Pastinya jadi pengalaman yang menyenangkan.

Ikan bakar di pantai Ampenan
Ikan bakar di pantai Ampenan(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Nah itu tadi ulasan tentang Kota Tua Ampenan. Kalau Teman Traveler berencana berkunjung ke sini, disarankan untuk datang pada sore hari ya. Teman Traveler bisa datang pada pagi hari selepas subuh sambil berolahraga. Hindari datang pada siang hari karena cuaca yang cukup terik. Tertarik untuk berkunjung? Datang saja ke Kota Tua Ampenan yang berada di Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Tags
Indonesia Mataram Nusa Tenggara Barat Travelingyuk Wisata Mataram
Share