Taman Indonesia Kaya, Ruang Publik Anyar Kebanggaan Semarang

Teman Traveler yang tinggal di perkotaan pasti sudah akrab dengan asap
kendaraan bermotor serta polusi. Hal tersebut membuat kualitas udara bisa menurun secara signifikan. Di sinilah pentingnya kehadiran taman kota seperti Taman Indonesia Kaya.

Taman Indonesia Kaya adalah taman kota anyar di Semarang. Kehadirannya makin menambah nyaman dan sejuk daerah di sekitarnya. Meski mengusung gaya modern, ruang publik ini tetap memiliki identitas budaya khas Jawa yang menarik. Bisa banget jadi tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Kota Lumpia.

Berawal dari Taman KB

Salah satu patung menarik di taman (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Keberadaan Taman Indonesia Kaya berasal dari Taman KB atau sering juga disebut Taman Menteri Supeno, sesuai nama jalan tempatnya berada. Area publik seluas lima ribu meter ini lantas dirombak nyaris 100 persen, namun tetap meninggalkan beberapa identitas lama. Salah satunya adalah Patung Ibu Anak serta pepohonan besar.

Taman hasil kolaborasi Pemerintah Kota dan Djarum Foundataion ini mulai dikerjakan pada 1 November 2017 dan baru dibuka untuk umum pada 10 Oktober 2018. Kala itu diresmikan langsung oleh President Director Djarum Foundation, Victor R. Hartono dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi.

Pesona Menarik di Tengah Kota

Area pejalan kaki (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Jika dilihat sekilas, Teman Traveler mungkin akan menganggap taman ini tak jauh beda dari taman lain di luar sana. Tapi jangan salah, ada banyak hal menarik bisa dilihat di sini. Salah satunya adalah panggung seni pertunjukan terbuka dengan dua sisi, pertama di Jawa Tengah.

Sesuai namanya, Taman Indonesia Kaya memperlihatkan keragaman kebudayaan Nusantara di beberapa sudutnya. Wujudnya beragam, salah satunya patung wayang kulit.

Suasana taman malam hari (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Begitu hari berganti malam, pemandangan taman akan jauh lebih menarik dengan hiasan seperti deretan lampu dan air mancur warna-warni. Panorama sekitarnya tampak semakin indah.

Deretan tempat makan yang bisa dikunjungi (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Selain bisa bersantai maupun jalan-jalan di taman, Teman Traveler juga bisa mencoba wisata kuliner di sekitar sini. Kalian tinggal pilih saja hendak menyantap apa. Di sepanjang jalan ini ada banyak banget warung yang tawarkan beragam kuliner nikmat khas Semarang.

Ada Banyak Fasilitas Menarik

Area pejalan kaki (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Taman Indonesia Kaya memiliki fasilitas cukup lengkap, mulai dari tempat duduk di sekitar taman, air siap minum, hingga toilet air. Selain itu ada air mancur menari yang bisa Teman Traveler saksikan pada pukul 19.00, 20.00, dan 21.00 tiap akhir pekan. Air bakal bergerak mengikuti alunan musik, tampak begitu indah dan menarik.

Teman Traveler juga bisa melihat sebuah panggung pertunjukan terbuka dengan dua sisi. Sisi yang menghadap SMAN 1 Semarang kerap digunakan untuk sejumlah pementasan seni. Kapasitasnya mencapai kurang lebih 200 orang. Sementara sisi lain yang menghadap kantor gubernur bisa menampung hingga 800 orang.

Beragam Spot Foto Menarik

Gerbang menarik di sekitar taman (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Tidak hanya bersantai, Teman Traveler juga bisa berfoto sampai puas di taman ini. Ada banyak sudut menarik, dikemas dengan paduan budaya tradisional dan unsur modern. Sangat layak dijadikan sebagai latar belakang berpose. Kalian bisa fokus di area taman, panggung pertunjukan terbuka, mural apik yang ada di dekat pintu gerbang.

Akses Lokasi

Halte di dekat taman (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Taman Indonesia Kaya berada di Jalan Menteri Supeno, Murgassari, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang. Untuk sampai sini, Teman Traveler bisa menumpang kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum Trans Semarang.

Suasana taman di malam hari (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin berkunjung ke sini, ada beberapa tips. Pertama, ruang publik ini terbuka 24 jam. Kalian bisa menikmatinya kapan saja dan tidak dikenakan biaya masuk.

Berikutnya, jika ingin menyaksikan pertunjukan air mancur selaras dengan alunan musik kalian bisa pukul 19.00, 20.00, dan 21.00. Pertunjukan ini hanya berlangsung beberapa menit, jadi pastikan kalian datang tepat waktu.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, perhatikan parkir agar tak mengganggu pengunjung lainnya. Selain itu, jangan lupa jaga barang pribadi, jangan buang sampah sembarangan, dan jaga fasilitas yang ada. Selamat keliling wisata Semarang.

Tags
kontributor semarang Travelingyuk wisata semarang
Share