Taman Edelweiss Wonokitri, Wisata Budidaya Bunga Abadi Baru yang Kekinian

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Awal November 2018 lalu, dua desa wisata berkonsep taman Edelweiss pertama di dunia diresmikan. Yaitu Desa Wonokitri di Pasuruan dan Desa Ngadisari di Probolinggo. Masing-masing merupakan bagian dari kawasan penyangga TNBTS.

Di Taman Edelweiss Wonokitri dan Ngadisari, pengunjung bisa belajar budidaya bunga abadi ini. Lalu apa saja yang menarik selain itu? Simak uraian berikut ini yuk!

Dikelola oleh Kelompok Tani Binaan

Peresmian Taman Wisata Edelweiss Beberapa Waktu Lalu via Instagram/hulun_hyang

Taman Edelweiss Wonokitri bersama dengan Desa Wisata Edelweiss di Ngadisari diresmikan pada 10 November 2018 lalu. Peresmian dilakukan sekaligus dihadiri oleh pihak-pihak terkait, mulai dari jajaran pemerintah hingga kelompok tani.

Edelweiss Park via Instagram/theguhwibowo

Dalam pengelolaannya, taman-taman ini diserahkan pada kelompok tani di dua wilayah tersebut. Karena selain diresmikan sebagai tempat wisata, taman ini juga menjalankan peran lain.

Berfungsi Juga Sebagai Budidaya Edelweiss via Instagram/afnida

Taman ini ikut berfungsi sebagai sarana pelestarian dan budidaya bunga Edelweiss untuk berbagai keperluan. Termasuk keperluan guna pelaksanaan upacara adat.

Pengunjung Bisa Belajar Budidaya Edelweiss

Bisa Sekaligus Belajar Budidaya Edelweiss via Instagram/hulun_hyang

Selama ini kecantikan bunga Edelweiss selalu berhasil menarik hati banyak wisatawan yang berkunjung ke Bromo. Apabila Teman Traveler salah satunya, bisa berkunjung ke Taman Edelweiss ini.

Disediakan Fasilitas untuk Belajar Budidaya via Instagram/hulun_hyang

Di sini, pengunjung bukan hanya disuguhi bunga-bunga Edelweiss yang menawan. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas belajar membudidayakan bunga tersebut.

Pengunjung Akan Mendapat Penjelasan dari Kelompok Tani via Instagram/hulun_hyang

Mulai dari pemilihan biji, penyapihan hingga menanam. Khusus Teman Traveler yang penasaran dengan budidaya bunga abadi ini, Taman Edelweiss harus segera dikunjungi!

Jadi Spot Selfie

Disediakan Spot Selfie via Instagram/hulun_hyang

Mengikuti kebutuhan generasi masa kini yang hobi selfie, pihak pengelola Taman Edelweiss Wonokitri juga menyediakan spot foto. Pengunjung bisa berfoto di sebuah gardu pandang bersimbol hati. Suasana menjadi semakin instagenic karena spot foto ini punya latar belakang pegunungan yang asri.

Kabutnya Bikin Hasil Foto Jadi Istimewa via Instagram/anandavee

Taman Edelweiss juga menjadi lebih cantik ketika kabut turun. Pengunjung bisa berfoto di sebuah gubuk sederhana dengan hasil foto istimewa. Saat bertandang, jangan lupa gunakan baju hangat ya!

Lokasi

Lokasinya Ada di Pasuruan via Instagram/afnida

Taman Edelweiss yang luasnya mencapai 7.000 meter persegi ini berada di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Harga tiket yang ditentukan mengikuti peraturan dari desa setempat. Ingin tahu besarannya? Silakan langsung berkunjung ke sini ya!

Jadi Destinasi Wisata Baru yang Seru via Instagram/hulun_hyang

Diresmikannya Taman Edelweiss Wonokitri dan Ngadisari melalui proses yang cukup panjang. Dimulai dari pembentukan kelompok, pelatihan budidaya hingga pemeliharaan bunga. Nggak penasaran nih untuk berkunjung dan ‘lebih dekat’ dengan bunga abadi ini? Ditunggu ya!