Taman Botani Sukorambi Jember, Wisata Edukasi dengan Sederet Atraksi

Advertisement

Taman Botani Sukorambi merupakan arena rekreasi sambil belajar yang ada di Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Selain ribuan koleksi tanaman, destinasi ini juga menawarkan beragam atraksi dan wahana permainan menarik. Tak hanya menghibur, namun sekaligus melatih fisik anak-anak dan remaja. Seru banget, kan?

Taman Botani Sukorambi (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Aneka ragam flora dan fauna di Taman Botani Sukorambi ditata sedemikian rupa di petak-petak lahan, disesuaikan dengan fungsi dan tujuannya. Beberapa di antaranya meliputi Bunny and Friends Village, kebun hidroponik, kolam ikan koi, pembenihan lobster, koleksi 500 flora fauna, dan masih banyak lagi.

Akses Jalan Menuju Taman

Lapangan parkir Taman Botani (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Akses menuju destinasi wisata edukasi ini sangat mudah. Teman Traveler hanya perlu menempuh perjalanan 15 menit dari pusat kota. Kalian tinggal melipir sedikit ke jalan raya menuju perempatan Mangli lalu belok kanan. Berikutnya tinggal ikuti jalan, sampai deh. Jember yang semula terasa panas, mendadak sejuk berangin begitu memasuki wilayah Taman Botani Sukorambi.

Harga Tiket Masuk Cukup Terjangkau

Harga tiket masuk di sini cukup terjangkau. Saat hari-hari biasa, HTM-nya dipatok seharga Rp12.000 per orang. Sementara saat weekend dan Hari Libur Nasional, harganya naik menjadi Rp20.000 per orang. Namun percayalah Teman Traveler, uang yang kalian keluarkan akan sebanding dengan keseruan yang menanti.

Spot Foto Selamat Datang

Spot foto selamat datang di Taman Botani (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Pengelola Taman Botani sepertinya sangat memahami antusiasme wisatawan yang gemar berfoto-foto. Tersedia banyak spot apik untuk berpose ria dan mendapatkan gambar bagus. Berikutnya, tinggal unggah di media sosial. Beritahukan pada dunia bahwa Teman Traveler sedang berada di tempat super keren.

Jalanan Payung Pelangi

Jalanan payung pelangi yang hits dan instagramable (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Kawasan ini juga jadi salah satu spot favoritnya pengunjung. Instagramable banget. Ingin berfoto dengan latar belakang payung pelangi, oke. Berpose di depan tanaman rambat pun juga menarik. Ingin berfoto di dekat bunga anggrek yang sedang mekar? Mengapa tidak?

Belajar Mengenal Ragam Tanaman

Buah Maja di Taman Botani (c) Rhoshandhayani KT/Trvelingyuk

Namanya saja taman botani, tentu saja eduwisata didirikan dengan tujuan mengenalkan beragam varietas tanaman di tanah Jember. Teman Traveler bisa belajar jenis-jenis pohon dengan membaca keterangan di papan nama. Sambil jalan-jalan, kalian bisa sekaligus menambah pengetahuan baru.

Belajar Mengenal Satwa

Salah satu koleksi unggas di Taman Botani (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Bagi yang membawa anak-anak, boleh banget diajak singgah ke kebun satwa. Teman Traveler bisa menjumpai beragam hewan seperti kuda, merak, angsa, ayam bekantan, dan masih banyak lagi. Tenang saja, semua satwa yang dipelihara di sini jinak-jinak kok.

Berenang Sampai Puas

Kolam renang pelangi (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Berkunjung ke sini, jangan lupa siapkan baju renang. Total ada enam kolam renang yang bisa Teman Traveler gunakan sepuasnya. Menariknya, sejauh mata memandang takkan terlihat dinding pembatas. Mata justru dimanjakan dengan hamparan sawah ijo royo-royo yang membuat hati serasa damai.

Kebun Hidroponik

Deretan tanaman selada air (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Kebun Hidroponik jadi tempat khusus untuk membudidayakan beragam tanaman sayur. Salah satu yang kerap jadi favorit pengunjung adalah selada air. Di sini para petugas akan menceritakan proses pertumbuhan selada air, mulai dari bibit sampai panen. Pemaparan tersebut tentu juga dilengkapi detail mengenai teknik penanaman secara hidroponik.

Wahana Sepeda Air

Wahana sepeda air (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Whana permainan ini termasuk salah satu yang paling difavoritkan pengunjung. Cukup merogoh kocek Rp15.000, Teman Traveler bisa bermain sepeda air sepuasnya. Akan lebih mengasyikkan jika kalian ditemani sahabat, keluarga, atau bersama orang terkasih.

Rumah Pohon

Rumah pohon yang legendaris (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Siapapun yang melewati rumah pohon ini, pasti jiwanya akan tergerak untuk naik hingga ke puncaknya. Asyiknya lagi, siapapun diperbolehkan memanfaatkan fasilitas ini. Sudah tersedia tangga yang langsung menempel di batang pohon. Tenang saja, sangat aman kok.

Pondok Baca

Pondok baca (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Pondok Baca menawarkan tempat membaca dengan suasana berbeda. Bagi Teman Traveler yang sudah merasa bosan membaca buku di rumah, boleh banget pindah ke area loteng di tempat ini. Pasti enak rasanya, membaca buku sembari ditemani semilir angin.

Itulah ulasan singkat mengenai serunya Taman Botani Sukorambi, wisata edukasi dengan beragam atraksi. Rasanya ada begitu banyak wahana menarik yang bisa dijelajahi seharian. Pastikan Teman Traveler datang ke sini bersama keluarga maupun sahabat, agar pengalaman kalian terasa kian seru.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Jember kontributor Travelingyuk
Share