Taman Balekambang, Wisata Hutan di Solo yang Adem dan Edukatif

Rizky Nusantara

Rizky Nusantara

On Indonesia
Rizky Nusantara, Taman Balekambang, Kontributor Rizky Nusantara, Taman Balekambang, Kontributor

Solo adalah kota kecil yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kini kota ini kian dilirik oleh para wisatawan. Ada saja alasan bagi mereka untuk berkunjung ke kota dengan pesona budaya dan warisan sejarahnya ini. Apalagi, Solo memiliki sebuah keunikan tersendiri yang jarang ditemukan di kota lain. Salah satu keunikannya adalah Taman Balekambang, yaitu wisata hutan yang ada di tengah kota. Berikut adalah cerita pengalaman dari kontributor Travelingyuk,  Rizki Nusantara saat berkunjung ke hutan kota. Ada apa saja, ya.

Hutan Tengah Kota

Taman Balekambang (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Taman Balekambang (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Taman ini memiliki luas sekitar lima hektar dengan ditumbuhi oleh berbagai macam pepohonan yang tumbuh menjulang. Wisata ini sudah dibangun sejak tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara. Waktu itu diberi nama Partini Tuin yang diambil dari nama anak kesayangan raja yang bernama Partini. Taman ini sempat tidak terurus dengan baik, kemudian pada tahun 2007 pemerintah kota Solo mencoba untuk merevitalisasi dan menjadikannya sebagai tempat wisata baru untuk masyarakat banyak.

Bermain dengan Banyak Binatang

Rusa di Taman Balekambang (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Rusa di Taman Balekambang (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Banyak hal yang bisa ditemukan di Taman Balekambang. Salah satunya adalah berkenalan dengan rusa-rusa yang sangat ramah. Binatang-binatang ini sangat lucu, mereka akan mendekat pada siapa pun yang membawa makanan. Teman Traveler juga bisa berfoto dengan rusa. Sungguh menggemaskan dan merupakan salah satu pengalaman yang berharga.

Selain rusa-rusa yang lucu, ada juga hewan lain berupa merak dan itik yang dengan akurnya bermain di tanah lapang. Anak-anak cukup menikmati keseruan bermain dengan hewan-hewan ini. Orang dewasa pun juga senang dan begitu menikmati waktu yang mereka habiskan bersama keluarga di Taman Balekambang.

Iguana (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Iguana Raksasa di Taman Balekambang (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Kolam di Taman Balekambang

Patung Parti Tuin (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Patung Partu Tuin (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Pengunjung juga bisa bermain becak air di tengah kolam yang cukup luas dengan patung Patini tuin berdiri kokoh di tengahnya. Cukup dengan Rp5 ribu, Teman Traveler bisa bermain becak air sepuasnya. Romantis-romantisan ala anak muda bisa dilakukan dalam permainan ini. Di kolam ini Teman Traveler juga bisa memancing.

Lelah bermain, para pengunjung bisa beristirahat di kursi-kursi yang sudah disediakan. Kursi-kursi ini di letakkan dibawah pohon yang rindang. Sehingga, terhindar dari yang namanya terik matahari. Limpahnya oksigen sangat terasa, juga udara sejuk yang tercipta sejak masuk ke wilayah ini hingga nanti pulang.

Wisata Reptil

Kura-Kura (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk
Kura-kura di Taman Balekambang (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Taman Balekambang pun juga menyediakan kawasan khusus untuk para pecinta ular dan sejenisnya, yaitu Taman Reptil. Ada banyak hewan reptil disini yang siap berfoto dengan kita semua. Mereka cukup jinak dan ramah. Untuk masuk kawasan ini cukup membayar Rp5 ribu. Ada pula sebuah panggung yang berada tepat di pintu masuk sebagai tempat pertunjukan saat ada acara.

Jalan menuju Taman Balekambang ini pun sangat mudah karena berdekatan dengan Terminal Tirtonadi Solo. Dari Terminal ambil arah lurus menuju ke Perempaatan Manahan. Setelah 400 meter di kiri jalan ada kampus UTP. Sebelah Kampus itulah pintu masuk Taman Balekambang. Atau dari arah stadion Manahan solo yang tepatnya berada di belakang stadion. Wisatawan pun hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp3ribu rupiah saja.

Hutan Kota yang memang wajib untuk dikunjungi bersama dengan keluarga atau bersama dengan orang yang dicintai. Bagaimana, seru kan perjalanan Rizki Nusantara? Apakah Teman Traveler sudah pernah berkunjung ke sini?