Takut Jalan Jalan Berantakan ? Simak 4 Tips Menyusun Rencana Perjalanan

Advertisement
Ilustrasi rencanakan perjalanan. Foto via tribun.travel.com

Horeee, liburan akhir tahun akan segera datang. Tentunya sudah banyak orang yang merencanakan untuk bepergian ke suatu tempat. Tapi bagi beberapa orang, menyusun rencana perjalanan terkadang terasa sulit. Padahal, rencana liburan atau itinerary diperlukan agar bepergian terasa menyenangkan dan memberi kesan mendalam. Selain itu, perencanaan dapat membuat orang yang hendak bepergian manfaatkan waktu seoptimal mungkin dan mencegahnya terbuang sia-sia. Bagi kamu yang sudah memutuskan destinasi wisata tapi belum menyusun rencana perjalanan, jangan khawatir, simak ulasan berikut:

Tentukan jumlah hari

Jumlah hari untuk merencakan jalan jalan. Foto via portaljember.pikiran-rakyat.com

Ingat ! Sebelum menentukan obyek wisata apa saja yang hendak dikunjungi, hal utama yang harus kamu lakukan adalah menentukan lama waktu bepergian. Entah itu hanya dua hari di akhir pekan, tiga hari, atau bahkan hitungan minggu. Bila lama waktu bepergian sudah ditentukan, akan lebih mudah memasukkan daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Buat daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, setelah menentukan lama waktu liburan, selanjutnya adalah membuat daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi sebanyak mungkin. Kemudian pertimbangkan apakah tempat wisata itu memungkinkan untuk didatangi sesuai waktu yang telah ditentukan.

Penting bagi mu untuk mengetahui jam operasional tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, beserta jarak dan aksesnya. Utamakan untuk memilih tempat wisata yang tidak biasa tapi tetap menarik. Selain itu, bila waktu untuk berlibur terbatas, sebisa mungkin hindari tempat wisata yang aksesnya sulit terjangkau karena bisa membuang-buang waktu.

Berikan Waktu Khusus

Saat menyusun rencana perjalanan, menjadi realistis itu tetap perlu. Tak bisa dipungkiri meskipun sudah ada jadwal bisa jadi mengalami keterlambatan atau ngaret. Jadi siapkan waktu khusus untuk kejadian tidak terduga. Pertimbangkan kegiatan dan waktu tour dengan menyediakan jarak 30 menit hingga satu jam.

Pesan Online

pesan tiket wisata online mempermudah mo bilitas traveling. Foto via tribun.kompas.com

Untuk mempermudah perjalanan dan mempersingkat waktu, ada baiknya membeli tiket wisata secara online bila memungkinkan. Terlebih sekarang ini sebagian besar tur dan perjalanan lebih mudah untuk dipesan secara online. Dengan begitu waktu yang digunakan untuk mengantre bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang lebih berharga.

Advertisement
Tags
tips dan inspirasi Tips jalan jalan tips traveling
Share