Tahukah Kamu, 5 Buah Unik dan Langka Hanya Ada di Pulau Lombok

Advertisement

Lombok tidak hanya menawarkan sejuta wisata pantai yang indah. Deretan pulaunya menyimpan berbagai perbukitan hingga gunung tinggi berapi yang menjadi satu tujuan utama pelancong dari penjuru dunia. Sisi lain budaya suku sasak kian mewarnai wisata pulau ini dengan hasil tenunnya yang mewah. Selain tenunnya, Lombok memiliki beberapa buah langka yang bakal kamu dapatkan hanya di pulau Lombok. Berikut beberapa buah khas Lombok yang wajib kamu jadikan oleh oleh.

Buah Kepudung merupakan buah khas Lombok. Foto via lemonilo.com

Buah Obel Obel

Buah keren ini bakal kamu dapatkan dengan mudah di pulau Lombok. Bentuk buah ini hampir sama seperti buah anggur dengan perpaduan warna ungu dan maron atau merah hati. Buah Obel obel ini memiliki rasa sepat jika dimakan begitu saja. Nah, ada cara khusus saat memakan buah ini yaitu diputar putar sambil di tekan agar buah menjadi empuk. Buah ini ketika diputar putar memiliki rasa yang berbeda saat di gigit, rasa yang dihasilkan menjadi manis. Kadang serasa aneh tapi nyata juga.

Buah Obel obel khas Lombok yang unik. Foto via shutterstock.com

Buah ini bisa dijadikan rujak lho, hanya buah muda yang bisa dijadikan rujak. Karena buah obel ketika muda tidak bisa langsung dikonsumsi. Makanya cocok untuk dijadikan rujak ataupun manisan.

Buah Durian Gundul

Namanya juga durian gundul, bentuk buahnya pun gundul tak seperti durian pada umumnya. Bentunya lebih mirip seperti tempurung kelapa dan ukurannya hampir sama seperti buah melon. Penampilannya sangat lucu, warna cokelat sedikit “buble” ini memiliki rasa dan aroma yang khas seperti durian. Tidak adanya duri diluar kulit ini membuat penikmat durian lebih mudah membuka tanpa tertusuk duri. Ketika dibelah, aroma semerbak bakal meledak nikmat di hidung. Pecinta durian sepertinya wajib coba buah ini.

Buah durian gundul tanpa duri. Foto via jalanjalanmakanmakan.com

Pohon buah durian gundul ini hampir sama dengan pohon buah durian pada umumnya. Tempat buah tumbuh juga tepatdi batang pohon. Durian gundul ini memiliki daya adaptasi yang cukup luas. Jenis buah ini tumbuh dengan baik di dataran rendah sehingga mulai banyak dikembangkan dibeberapa wilayah nusantara.

Buah Kepudung

Meski satu buah ini sudah ada dibeberapa pulau nusantara, namun tak semudah kamu dapatkan di pulau Lombok. Buah satu ini tak hanya dijadikan santapan biasa, namun dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit diare dan obat haid untuk para wanita. Yang digunakan adalah daun dari buah ini direbus dan didinginkan untuk diminum pagi dan sore. Tak hanya itu, kulit dari pohon kepudung ini dapat dijadikan obat untuk mengobati mata yang bengkak juga bisa digunakan untuk mewarnai sutera menjadi kuning hingga bisa digunakan untuk membangun rumah bahkan perahu, cukup komplit ya!

Buah Kepudung khas Lombok. Foto via grid.id

Tak hanya bentuknya, buah ini memiliki rasa manis sedikit asam sangat mirip dengan buah duku. Segarnya buah ini membuat kamu bakal tidak bisa berhenti buat mengupas lagi.

Buah Renggak

Buah satu ini hanya tumbuh di pulau Lombok, meski dipulau Lombok, juga agak susah mendapatkan buah langka ini. Buah renggak memiliki bentuk yang kecil seperti pare. Buah ini banyak disukai karena lapisan daging pada bijinya mengandung banyak sari buah yang manis dan menyegarkan. Buah ini bisa dimakan langsung, direbus sebagai sayuran atau disantap dengan sambal.

Buah Renggak khas Lombok namun agak susah ditemukan. Foto via phiradio.com

Selain rasanya yang nikmat, buah ini kaya dengan manfaat untuk mengobati iritasi mata, mengobati sariawan dan panas serta bagus untuk kulit. Sayangnya, buah yang kerap dijadikan obat tradisional ini jarang ditemui.

Buah Lepok

Sering dipandang sebelah mata, ternyata rumput teki yang tumbuh liar menyimpan segudang manfaat. Di pulau Lombok menyebutnya Lepok. Buah ini sering ditemukan di Lombok Tengah tepatnya didesa Dadap. Banyak masyarakat disana yang sering memanen buah ini. Buah ini sejenis ubi ubian dengan dedauan seperti rerumputan, namun mendapatkan buah ini harus menggali lubang hingga ubi dari rumput ini terlihat.

Buah Lepok rasa manis yang khas Lombok. Foto via shopee.com

Rasa buah Lepok sangat manis ada sedikit gurih dengan tekstur yang kenyal, bisa langsung dimakan setelah buah dipisah dari akarnya. Tidak hanya disantap langsung sebagai buah, namun buah ini bisa juga dijadikan sayur.

Nah, teman traveler jangan sampai tertinggal bawa oleh oleh buah unik dan langka khas Lombok ini ya. Karena kamu bakal susah menemukan diluar pulau Lombok.

Advertisement
Tags
biah khas lombok kuliner Indonesia kuliner khas lombok Kuliner Nusantara Wisata Kuliner
Share