Sydney Road, Kampung Arab Ramah Muslim di Melbourne

Bagi Teman Traveler yang ingin atau sedang berada di Melbourne, ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Sydney Road, yang merupakan Kampung Arab di kota ini. Bagaimana, penasaran dengan Kampung Arab ala Melbourne? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Kampung Arab Melbourne

sydney road
Buka bersama komunitas Muslim Melbourne (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Ketika Teman Traveler berkunjung ke Sydney Road, kalian akan bertemu banyak orang dengan wajah Timur Tengah dan juga Afrika. Mereka juga menggunakan Bahasa Inggris untuk berbicara. Tempat ini disebut-sebut sebagai Kampung Arab di Melbourne.

Apabila kalian beruntung, Teman Traveler bisa bertemu dengan orang Indonesia atau Malaysia, lantaran wisata gratis di Melbourne ini juga merupakan tempat komunitas muslim dua negara tersebut untuk bermukim.

Banyak Gerai Berlabel Halal

sydney road
Salah satu gerai halal (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Di Sydney Road, kalian akan banyak menemukan gerai berlabel halal. Seperti penjual daging, minuman, hingga swalayan. Jadi, bagi Teman Traveler yang ingin membeli bahan makanan yang sudah terverifikasi halal, bisa datang ke sini, tepatnya di area pertokoan Coburg sampai Brunswick.

Jelajah Kuliner di Sydney Road

sydney road
Tasty Sub, warung murah dan halal (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Menyusuri Sydney Road, kalian dapat melihat sederet penjual makanan dengan beragam menu. Untuk restoran yang berlabel halal, biasanya berasal dari Lebanon, Afghanistan, Thailand, dan masih banyak lagi.

Kalau untuk rincian harganya, ada bermacam-macam nih, Teman Traveler. Kira-kira dimulai dari harga 5 dollar Australia atau sekitar Rp55 ribuan per porsi. Jadi, bisa kalian pilih sesuai dengan isi kantong.

sydney road
Makanan khas Timur Tengah (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Banyak Butik Gaun Pengantin

sydney road
Butik gaun pengantin (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Selain kaya akan kuliner halalnya, Sydney Road juga punya keunikan lain. Banyak butik yang menjual gaun pengantin. Maka dari itu, orang-orang lokal mengatakan, apabila ada pasangan yang berkunjung ke kawasan ini, kemungkinan mereka akan mengadakan resepsi pernikahan. Jika tidak, mungkin keduanya ingin menggelar acara pernikahan untuk kesekian kalinya.

Ada Sekolah Islam

sydney road
Australian International Academy King Khalid Coburg Campus bagian depan (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Di Sydney Road, tepatnya daerah Rogers Street terdapat sekolah Islam bernama Australian International Academy King Khalid Coburg Campus.
Sekolahnya cukup besar dan juga asri. Uniknya, pada momen besar seperti Idul Adha dan Idul Fitri, sekolah ini selalu mengadakan acara yang melibatkan masyarakat sekitar.

4_nGM.jpg
Australian International Academy King Khalid Coburg Campus bagian samping (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Ada Masjid dan Perpustakaan

9_U15.jpg
Bagian dalam masjid (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Brunswick Mosque adalah masjid yang berada di Sydney Road. Ukurannya tidak terlalu besar, karena hanya menyewa gedung pertokoan. Meskipun begitu, fasilitas yang ada di dalamnya cukup lengkap. Salah satunya yaitu adanya perpustakaan yang menyediakan buku-buku tentang Agama Islam. Menariknya, di bagian depan masjid juga disediakan buku-buku yang bisa diambil para jamaah secara gratis.

11_iPZ.jpg
Buku gratis untuk jamaah (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Akses Menuju Sydney Road

sydney road
Pemukiman penduduk (c) Azri Zakkiyah/Travelingyuk

Untuk mencapai Sydney Road, kalian bisa menggunakan tram rute 19 atau Upfield Train. Jika menggunakan tram dari Flinders Street Station, bisa berangkat dari Elizabeth Street atau pemberhentian terakhir tram rute
19. Kalau menggunakan kereta cenderung lebih cepat, kurang lebih 25 menit dari Flinders Street Station sampai ke Batman Station.

Itulah sedikit info mengenai Sydney Road yang merupakan Kampung Arab-nya Melbourne. Bagi kalian yang menjelajah wisata Australia, jangan lupa datang ke sini untuk jelajah kuliner dan melihat pemandangan unik lainnya.

Tags
Australia kontributor Luar negeri Melbourne Sydney Road Travelingyuk Wisata
Share