Beli 8 Suvenir Ini, Traveler Langsung Tahu Oleh-Oleh Khas Dari Negara Mana

Advertisement

Tak lengkap traveling tanpa membeli cinderamata khas dari destinasi liburan. Beberapa destinasi memang memiliki suvenir unik yang menjadi ciri khas dan identitas dari tempat asal barang tersebut. Dengan kata lain, orang yang dibelikan oleh-oleh bisa langsung menebak dengan benar negara asal dari oleh-oleh yang dibawakan untuknya.

Jenis-jenis suvenir berikut ini paling banyak dibeli oleh traveler untuk oleh-oleh. Saking “latahnya” membeli suvenir jenis ini hingga orang-orang pun hafal jika benda-benda tersebut berasal dari negara tertentu. Bisa dikatakan bahwa suvenir tersebut begitu mewakili destinasinya sehingga biarpun banyak jenis suvenir yang tersedia, jenis pernak-pernik ini selalu jadi pembelian wajib bagi traveler. Dilansir Travelingyuk dari kanal traveling Detik, berikut suvenir yang begitu merepresentasikan destinasi asalnya.

1. Merlion, Singapura

Traveler yang liburan di Singapura selalu tidak ketinggalan berfoto di depan patung Merlion. Patung berbentuk singa putih yang juga merupakan air mancur. Tidak perlu menjelaskan lokasi liburan orang-orang pasti sudah bisa menebak jika traveler tersebut sedang liburan di Singapura. Begitu juga saat membawakan oleh-oleh untuk kerabat dan juga teman-teman.

Suvenir berbentuk Merlion, via instagram
Suvenir berbentuk Merlion, via instagram

Sepulang dari liburan jika teman kita memberikan oleh-oleh berupa gantungan kunci berbentuk Merlion, sudah bisa ditebak jika ia baru saja pulang dari Singapura. Yap. Merlion memang sangat ikonik di negara tersebut. Segala suvenir dan oleh-oleh dari Singapura kebanyakan menyematkan ikon singa putih tersebut mulai dari gantungan kunci, kaos, boneka, hingga cokelat berbentuk Merlion.

2. Miniatur Gajah, Thailand

Tidak berbeda jauh dengan Thailand yang sama-sama anggota negara Asia Tenggara. Negara yang punya julukan Negeri Gajah Putih tersebut sangat identik dengan hewan gajah. Maka dari itu suvenir khas dari negara Thailand tidak jauh-jauh dari bentuk-bentuk hewan berbelalai panjang. Bahkan warga negara ini sangat bangga untuk membuat pernak-pernik berbentuk gajah dengan mengecatnya sesuai warna bendera negara.

Miniatur Gajah, via instagram
Miniatur Gajah, via instagram

Sangat terkenalnya ikon gajah di Thailand menjadi alasan banyak traveler yang lebih memilih membeli suvenir miniatur gajah sebagai oleh-oleh. Dari sekian banyak jenis miniatur gajah, yang paling disukai traveler adalah gantungan kunci gajah yang dicat warna merah, putih, biru. Warna tersebut melambangkan bendera negara Thailand dan menjadi bukti sahih jika mereka benar-benar pernah berlibur di Negeri Gajah Putih. Apalagi benda-benda tersebut bisa didapat dengan harga yang murah sehingga bisa membeli dalam partai besar dan yang pasti tidak terlalu memakan tempat di bagasi.

3. Bumerang, Australia

Australia juga termasuk negara yang memiliki ikon khas dari binatang yaitu kanguru. Traveler pun bisa membeli oleh-oleh berupa pernak-pernik berbentuk kanguru jika mau. Tapi kenyataannya ketenaran kanguru di dunia oleh-oleh masih kalah dengan senjata tradisional suku asli Australia, Aborigin yaitu bumerang.

Bumerang, via instagram
Bumerang, via instagram

Bumerang pada dasarnya memang senjata tapi traveler juga bisa menemukannya dalam bentuk suvenir. Traveler tidak perlu menjelaskan panjang lebar liburan kemana saat pulang membawa suvenir bumerang. Sebagian besar orang pasti tahu jika benda itu berasal dari Australia. Suvenir bumerang ini tersedia dalam berbagai varian dan ukuran. Di pasar oleh-oleh yang ada di Australia traveler dapat memilih bumerang untuk pajangan atau ukuran besar yang bisa digunakan untuk mainan. Seperti diketahui, bumerang memiliki kemampuan kembali pada pemiliknya setelah dilemparkan sehingga bisa menjadi permainan yang menyenangkan.

4. Miniatur Menara Eiffel, Prancis

Lain di Australia lain pula di Eropa, khususnya Prancis punya suvenir khas yang sangat mewakili destinasinya. Suvenir tersebut berupa gantungan kunci Menara Eiffel. Gantungan kunci berupa miniatur menara paling tersohor di dunia ini selain sangat khas juga terasa kokoh dipegang. Pasalnya gantungan kunci ini berbeda dengan gantungan kunci yang bisa kita temukan di pusat oleh-oleh di Indonesia yang kebanyakan terbuat dari plastik atau kayu.

Miniatur Menara Eiffel, via instagram
Miniatur Menara Eiffel, via instagram

Gantungan kunci Menara Eiffel yang dibeli di Paris umumnya terbuat dari logam atau besi sehingga terasa kokoh dipegang. Tentu saja material yang digunakan akan membuat barang tersebut lebih awet untuk disimpan dalam waktu yang lama. Tapi harganya tentu tidak murah, meski begitu tak sedikit traveler yang membelinya dalam partai besar dengan harapan bisa dibagikan kepada banyak teman saat pulang.

5. Klompen, Belanda

Negeri Kincir ini punya satu jenis suvenir yang merepresentasikan wilayahnya yaitu klompen. Bagi yang belum tahu, klompen adalah sepatu kayu tradisional yang dipakai oleh wanita Belanda pada zaman dulu. Untuk oleh-oleh klompen biasanya dibentuk menjadi aneka variasi mulai dari keramik, gantungan kunci atau pun klompen asli yang terbuat dari kayu.

Klompen, via instagram
Klompen, via instagram

Klompen begitu populer di kalangan traveler yang berlibur di Belanda walaupun kita sama-sama tahu jika negara ini sebenarnya juga terkenal dengan kincir angin. Jadi jika suatu hari nanti kamu berlibur di Belanda tidak perlu bingung memilih oleh-oleh khas. Cukup beli gantungan kunci klompen semua orang sudah tahu jika oleh-oleh itu berasal dari Belanda.

6. KitKat Greentea, Jepang

Bukan gantungan kunci Tokyo Tower bukan pula kimono dan sumpit. Jika traveler liburan ke Jepang paling banyak pulang membawa oleh-oleh KitKat Greentea. Jajanan ini merupakan varian dari KitKat yang ada di Indonesia namun dalam rasa teh hijau khas Negeri Sakura.

KitKat Greentea, via instagram
KitKat Greentea, via instagram

Sekarang KitKat Greantea sudah bisa dibeli lewat toko online. Hal ini memudahkan penyuka jajanan ini tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk mendapatkan camilan favoritnya. Akan tetapi jajanan satu ini menjadi lebih afdol jika dibeli di negara asalnya yaitu Jepang. Selain harganya lebih murah, membeli jajanan ini juga tidak memakan ruang yang banyak di dalam tas.

7. Kain Sari, India

Mungkin kebanyakan orang berfikir jika suatu hari nanti liburan ke India akan membeli oleh-oleh berupa gantungan kunci berbentuk Taj Mahal. Tapi tahukah kamu jika traveler datang ke India kebanyakan dari mereka pulang dengan membawa oleh-oleh kain sari. Tentu saja pesona kain sari akan menjelaskan dengan sendirinya dari mana barang tersebut didapatkan.

Kain Sari, via instagram
Kain Sari, via instagram

Kain sari menjadi oleh-oleh yang sangat khas dari India. Kain yang terbuat dari sutera dengan corak beraneka ragam dan berwarna ngejreng ini bisa dibeli dalam bentuk kain meteran atau pun bentuk pasmina atau scarf. Sekarang jadi tahu kan musti beli oleh-oleh khas apa saat berada di India?

8. Baju Batik, Indonesia

Bagaimana dengan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Oleh-oleh khas apa yang harus mereka beli sebagai representasi dari negara Indonesia? Atau mungkin kalian juga pernah bingung membeli benda untuk cinderamata atau kenang-kenangan pada teman di luar negeri. Sebenarnya banyak pilihan yang bisa mewakili Indonesia tapi tidak ada yang seterkenal kain batik.

Baju Batik, via instagram
Baju Batik, via instagram

Bagaimana tidak batik telah dicatat oleh UNESCO sebagai warisan budaya milik negara kita. Sehingga jika mencari oleh-oleh untuk orang asing sekaligus bisa mengenalkan Indonesia pada dunia kalian bisa memilih batik baik dalam bentuk baju atau pun kain. Lagi pula kain batik dijual dengan varian harga yang beragam ada yang murah ada pula yang sangat mahal, tinggal pilih saja.

Advertisement
Tags
Australia Belanda India Indonesia jepang Luar negeri prancis Singapore Thailand Wisata Belanja
Share