5 Surga Bawah Laut Terbaik di Indonesia 2019, Temukan Keajaiban di Kedalaman

Advertisement
Advertisement

Indonesia bisa dibilang sangat kaya akan panorama indah di bawah lautnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya spot penyelaman tersebar di berbagai tempat. Tak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk melakukan diving dan snorkeling meskipun lokasinya sangat jauh. Nah, kalau kalian berniat melakukan salah satunya, ada beberapa surga bawah laut terbaik di Indonesia yang bisa disambangi. Penasaran apa saja? Yuk kita jelajah bersama-sama. 

1. Raja Ampat 

surga bawah laut terbaik
Raja Ampat via shutterstock/Tum3000

Raja Ampat adalah menjadi lokasi pertama yang memiliki banyak spot indah di bawah lautnya. Ini dikarenakan kalian bisa menemukan keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Mulai dari terumbu karang yang subur dengan jenis, bentuk, dan warna yang beragam, hingga ikan-ikannya yang tak kalah menawan. 

Lalu, salah satu pulau di Raja Ampat, yakni Pulau K bahkan memiliki dua destinasi diving luar biasa di kedua ujungnya. Kedua destinasi tersebut antara lain Selat Bunaken dan Lembeh di bagian utara dan Wakatobi Resort di bagian tenggara yang menawarkan pengalaman menyelam dan menikmati terumbu karang terbaik dunia.  

2. Pulau Weh 

surga bawah laut terbaik
Pulau Weh via shutterstock/M Anshar

Selanjutnya, ada Pulau Weh yang menjadi surga para pecinta diving. Ini karena pulau tersebut dikelilingi terumbu karang indah dan batuan koral di sepanjang pantai serta ombak beraksen biru kristal nan tenang. Para penyelam internasional bahkan tidak ragu menyebut pulau ini sebagai spot diving terbaik di tanah air. Dengan sekitar 20-30 titik penyelaman, siap-siap saja kalian dimanjakan oleh biota dalam laut yang mengesankan.

3. Nusa Penida 

Nusa Penida via Kristina Vackova

Nusa Penida merupakan spot diving paling populer, karena di spot ini sering dijumpai Manta Ray. Selain itu, penampakan ikan mola-mola yang sangat langka juga tak kalah menarik peminat diver dari seluruh penjuru dunia. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas diving di Nusa Penida tidak akan pernah membosankan.  

4. Pulau Gili 

Gili Meno via shutterstock/Wonderful Nature

Di Lombok, Nusa Tenggara Barat juga mempunyai spot diving dan snorkeling terbaik. Adalah Pulau Gili yang terdiri dari tiga pulau kecil yaitu Air, Meno dan Trawangan. Di sini, kalian akan menemukan sekitar 6000 spesies biota laut yang hidup sangat dekat dengan pantai. Sehingga kalian juga bisa melihat keindahannya meskipun tidak melakukan diving atau snorkeling.  

5. Kepulauan Derawan 

Bertemu Manta di Derawan via instagram/paperboat_adventure

Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan gugusan pulau yang keindahannya sudah memikat dunia internasional. Salah satu objek wisata yang paling terkenal di kepulauan Derawan adalah spesies ubur-ubur yang tidak berbahaya.  

Paus di Derawan via instagram/chelseakauai

Sebagai salah satu lokasi diving terbaik di Indonesia, beragam biota laut bisa kamu lihat di sini, mulai dari spesies ikan dan hewan laut lainnya, hingga batu karang yang sangat indah. Kalian juga bisa melihat proses bertelur penyu dan menginap di penginapan murah di sepanjang dekat pantai di Kepulauan Derawan ini.  

Itulah surga bawah laut terbaik di Indonesia pada tahun 2019. Semuanya memiliki keunikan masing-masing, terutama pada biota bawah lautnya. Jadi, kalian tertarik untuk mengunjungi keindahan yang mana nih? 

Advertisement
Tags
Derawan Indonesia Nusa Penida Pulau Gili Pulau Weh raja ampat surga bawah laut Wisata
Share