Surabi Cihapit di Bandung, Kuliner Kaki Lima yang Tetap Eksis dan Ternama

Isti

Isti

On Indonesia
Surabi Cihapit Surabi Cihapit

Bandung merupakan surganya kuliner enak dan nendang di lidah. Tidak hanya camilan kekinian, kue legendaris juga sangat mudah ditemukan di sini. Seperti serabi atau surabi yang memiliki rasa unik. Warung dengan menu ini juga banyak. Salah satu rekomendasinya adalah Surabi Cihapit yang merupakan kuliner kaki lima tapi tetap eksis dan namanya tak luntur oleh zaman.

Kuliner Istimewa dari Tahun 90-an

Kuliner sederhana tapi rasa luar biasa
Kuliner sederhana tapi rasa luar biasa via instagram/@soniwasita

Sesuai dengan namanya, Surabi Cihapit terletak di Jalan Cihapit. Letak persisnya di depan Toko Djitu Bandung. Yap, warung surabi ini bukanlah toko besar melainkan gerobak sederhana. Di sekeliling gerobak ini, ada beberapa kursi plastik yang digunakan pembeli untuk duduk. Kendati sangat sederhana, pengunjung yang datang cukup banyak. Hal ini tidak lain karena kesetiaannya menyajikan surabi sejak tahun 1991.

Proses Masak yang Sederhana

Proses memasak yang sederhana
Proses memasak yang sederhana via instagram/@bulekulineran

Surabi nikmat di Jalan Cihapit ini sebenarnya tidak jauh beda dengan lainnya. Namun, proses memasaknya masih sederhana dengan menggunakan tungku dan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Sementara bahan yang digunakan juga tak asal. Pemiliknya menggunakan bahan berkualitas, mulai dari santan, tepung terigu, telur hingga beberapa produk lainnya. Proses untuk membuat adonan juga cukup sederhana, tapi rasa yang dihasilkan luar biasa enak di lidah.

Varian Surabi Kaya Rasa

Varian Surabi enak di Bandung
Varian Surabi enak di Bandung via instagram/@foodnotestories

Surabi spesial di tempat makan ini memiliki dua varian yaitu kering diberi oncom atau disiram kinca alias gula merah. Selain kedua varian ini, ada juga menu modifikasi dengan aneka topping yang menggugah selera. Ada keju, cokelat, pisang, kismis, ayam, sosis, hingga telur. Jika mau, Teman Traveler juga bisa mengombinasikan beberapa varian di atas satu surabi. Seperti sosis ayam keju telur ayam yang terlihat menggiurkan hanya dari namanya saja. Yak an?

Camilan Murah Favorit Mahasiswa

Surabi Oncom yang fenomenal
Surabi Oncom yang fenomenal via instagram/@bemp777

Harga yang dibanderol untuk surabi ini terbilang cukup terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, harganya berkisar antara Rp2.000-Rp10.000 per buah. Buka dari jam 6 pagi hingga 1 siang, kebanyakan pembelinya adalah ibu-ibu yang hendak mencari menu sarapan. Baru jam 3 sampai tengah malam, anak muda yang didominasi mahasiswa antre demi mendapatkan seporsi surabi ini. Tidak hanya enak, harganya memang terjangkau. Apalagi bagi kantong mahasiswa.

Nah, itulah ulasan tentang Surabi Cihapit di Bandung yang memiliki aneka varian. Meski hanya bermodalkan gerobak sederhana, pelanggannya cukup banyak. Bukti jika makanan enak tak dilihat dari tempat jualannya bukan?