Sup Keribang, Kuliner Unik Khas Pontianak dengan Kua Berwarna Ungu

Isti

Isti

On Indonesia

Apa yang pertama teman traveler pikiran tentang Pontianak? Yap, kota ini memang istimewa karena dilintasi garis khatulistiwa. Objek wisatanya juga menarik dan ikonik. Namun, liburan ke kota ini kurang lengkap jika belum menjajal kulinernya. Salah satunya Sup Keribang yang miliki kuah berwarna ungu.

Kuliner Berkuah Berbahan Dasar Ubi

Bahan Sup Keribang
Bahan Sup Keribang via instagram/@aristio_p_putra

Pernah dengar sup khas Pontianak ini? Yap, Sup Keribang merupakan menu makanan yang berbahan dasar keribang atau ubi ungu. Yap, bahan makanan yang biasanya dijadikan kolak. Sajian istimewa ini dulunya hanya muncul ketika bulan puasa. Namun, kini sudah banyak ditemukan di hari biasa.

Sup Keribang khas Pontianak
Sup Keribang khas Pontianak via instagram/@maria_kaykaykitchen

Bahan Sederhana yang Hasilnya Istimewa

Sayuran khas Pontianak
Sayuran khas Pontianak via instagram/@novialovemika

Proses memasak sup keribang atau tau che ini sangatlah mudah. Bumbu yang digunakan juga tak susah ditemukan, yaitu bawang putih, bawang putih, garam, dan merica. Untuk keribang atau ubinya dipotong terlebih dahulu dengan ukuran dadu. Biasanya, sup ini ditambah dengan jamur enoki yang dipotong tipis. Sedikit berbeda dengan sup biasanya, kuah menu ini tidak encer melainkan kental.

Menu makanan dengan sayur ubi
Menu makanan dengan sayur ubi via instagram/@1lcloveeat3

Rasa Gurih dari Campuran Teri

Ikan teri di sup keribang
Ikan teri di sup keribang via instagram/@meily_chin

Bahan yang digunakan tidak hanya itu saja. Ada ikan teri asin yang ditambahan ke dalam sup ubi ungu. Sebelum ditambahkan, ikan tei tersebut dibilas dengan air dan digoreng kering. Teksturnya yang kriuk membuat sup khas Pontianak ini makin istimewa. Hasil akhirnya, ditaburi bawang putih goreng yang makin membuatnya sedap.

Sup unik dengan bumbu ungu
Sup unik dengan bumbu ungu via instagram/@sehatvitherbal

Indonesia memang punya banyak kuliner unik yang menggoyang lidah. Termasuk juga makanan khas Pontianak yang berupa sup keribang ini. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliner berkuah ungu ini kan?