Sumurup, Destinasi Dengan Suguhan Romantisme Sunset di Rawa Pening

Reksita Wardani

Reksita Wardani

On Indonesia
Sunset di Rawa Pening Sunset di Rawa Pening

Berbicara tentang Rawa Pening, mungkin yang terlintas di ingatan adalah Bukit Cinta atau Kampung Rawa dengan ikan bakarnya yang sangat khas. Tapi pernahkah kamu membayangkan bisa merasakan momen yang lebih berkesan saat berada di danau yang ada di Kabupaten Semarang ini? Seperti menikmati sunset di Rawa Pening. Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Reksita Wardani saat berkunjung ke Dusun Sumurup, Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang. Destinasi yang menyuguhkan romantisme danau Rawa Pening.

Menanti Senja, Saatnya Selfie Cantik di Jembatan Biru

Jembatan biru & spot selfie (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Sambil menanti senja di Sumurup adalah satu hal yang wajib untuk berselfie cantik di Jembatan Biru. Jembatan panjang berwarna biru terang yang membentang di atas danau dan sawah ini sebelumnya terpisah. Hanya terlihat dua jembatan berwarna biru yang membentang terpisahkan oleh cantiknya danau Rawa Pening.

Saat ini, jembatan yang terpisah itu sudah menyatu, tetap dengan namanya yang legendaris si “Jembatan Biru”. Meskipun namanya bernuansa biru, jembatan yang berada di bagian paling depan cenderung lebih berwarna alias warna-warni sebagaimana pelangi.

Salah satu warung apung di Sumurup (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Nah, di sekitar Jembatan Biru ini juga ada sejumlah spot yang sengaja didesain sebagai tempat selfie. Mulai dari ayunan romantis yang bersanding dengan sepeda tua sampai gubug mengapung di atas danau. Hayo siapa yang siap menghias feed Instagram-nya dengan spot selfie yang ada di Jembatan Biru?

Doyan Ikan? Yuk Lempar Kail ke Rawa Pening

Pengunjung memancing ikan di Rawa Pening (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Ingin merasakan sensasi menikmati ikan segar yang dipancing langsung dari Rawa Pening? Ya, kalau kamu tipe yang doyan makan ikan, menikmati ikan segar yang dipancing langsung dari Rawa Pening bisa menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan sembari menanti senja di Sumurup.

Bersama sejumlah pemancing lokal, pengunjung, dan warga sekitar, kamu bisa bebas memilih tempat untuk melemparkan kailmu ke Rawa Pening. Termasuk menyewa perahu untuk memancing lebih ke tengah. Asik kan, siapa tahu ikannya lebih banyak berada di tengah.

Kalau sedang malas atau memang tidak suka memancing, duduk manis di sederet warung apung Sumurup juga bisa jadi pilihan untuk menyantap ikan segar Rawa Pening tanpa perlu repot-repot memancing sendiri. Tinggal pesan, tunggu dihidangkan, dan tinggal santap sambil menunggu senja tiba.

Menyaksikan sang mentari pulang ke peraduan sambil menikmati ikan yang didapatkan langsung dari rawa pening. Lebih lengkap lagi dinikmati bersama pasangan tercinta. Wah, momen romantis yang pasti tidak akan mudah terlupakan.

Tidak ingin memancing tapi hanya ingin berkeliling menikmati keindahan danau Rawa Pening dari berbagai sudut Dusun Sumurup? Bisa. Tersedia puluhan perahu milik warga sekitar yang siap untuk kamu sewa. Mendayung sendiri boleh, kalau tidak berani ditemani pemilik perahunya untuk berkeliling juga boleh banget.

Senja Telah Tiba, Waktunya Menyaksikan Sunset Romantis Sumurup

Sunset view di Sumurup (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Last but not least, ke Sumurup kurang lengkap tanpa menyaksikan sunset romantis dengan latar perahu nelayan yang berjajar di Rawa Pening.

Momen sunset Sumurup ini biasanya juga jadi buruan fotografer lho. Lihat saja, saat sore hari sudah banyak fotografer pemburu senja yang bersiap menata tripod dan kameranya di sepanjang rel kereta yang melintasi Sumurup. Jangan mau kalah, segera siapkan kameramu dan abadikan langit jingga yang ada di hadapan mata.

Dari sisi barat nampak matahari dengan warnanya yang jingga keemasan mulai turun perlahan ke peraduan, sesekali malu-malu tertutupi awan tipis yang mengganggu. Sementara di sisi timur, bulan mulai terlihat berebut sinar dengan lampu-lampu jalanan yang sudah mulai menyala.

Di sisi utara sendiri menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah memukau, langit jingga melingkupi gunung nan tinggi menantang lengkap dengan perahu nelayan yang tampak berjajar rapi diantara warung-warung apung. Pemandangan landscape yang tidak bisa lepas dari kata ‘romantis’.

Senja sudah berlalu, saatnya meninggalkan tepi Rawa Pening sambil bergandengan tangan menyusuri rel kereta api Ambarawa – Tuntang yang melintasi Dusun Sumurup. Menutup hari yang panjang dengan seulas senyuman.

Jadi, kapan nih ajak pasangan untuk menyaksikan momen sunset romantis di Sumurup seperti ini?