Mantap, Rawa Pening Bisa Sekeren Ini Buat Objek Foto!

Alfri

Alfri

On Alam

Beruntung bagi traveler yang tinggal di Kabupaten Semarang dan sekitarnya. Mereka bisa dengan mudah berkunjung berulang-ulang ke Rawa Pening, sebuah danau yang sangat luas dengan pemandangan yang begitu epik. Traveler yang pernah berkunjung ke danau ini saja rela menempuh jarak ratusan kilometer untuk balik di kemudian hari.

Namanya sudah terkenal ke penjuru negeri, Rawa Pening danau seluas 2.670 hektare yang juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Semarang. Danau ini terletak di Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Lokasinya sendiri berada di cekungan antara tiga gunung yakni Telomoyo, Merbabu dan Ungaran.

Rawa Pening, via instagram
Rawa Pening, via instagram

Keindahan Rawa Pening bisa dinikmati dengan berbagai cara sesuai dengan minat masing-masing pengunjung. Hal itulah yang menyebabkan banyak traveler betah menghabiskan waktu liburan mereka di danau ini. Salah satu yang paling banyak disukai pengunjung adalah menikmati suasana danau dengan berkeliling menggunakan perahu. Setiap pengunjung harus membayar sekitar Rp.30 ribu untuk menikmati fasilitas ini.

Danau Rawa Pening dengan lanskap pegunungan yang mengelilinginya, via instagram
Danau Rawa Pening dengan lanskap pegunungan yang mengelilinginya, via instagram

Cara lainnya adalah menikmati pemandangan danau dari bukit di sebelahnya yang juga begitu dikenal oleh traveler. Yap, Bukit Cinta Rawa Pening, sebuah bukit seluas 2 hektar ini memiliki banyak fasilitas mulai taman bermain hingga gazebo untuk bersantai. Bukit Cinta punya mitos yang berkebalikan dengan namanya, dimana mitos tersebut mengatakan jika ada sepasang kekasih (pacaran) datang ke bukit ini maka hubungan mereka akan kandas di tengah jalan.

Lain halnya dengan traveler muda, mereka datang ke Rawa Pening dengan misi tambahan. Selain refreshing dan menikmati keindahan alamnya mereka juga berburu foto lanskap maupun selfie dengan latar belakang danau dan alam sekitarnya. Sekedar informasi saja, pemandangan di Rawa Pening memang sangat keren karena alam di sekeliling danau ini dikepung oleh pegunungan dan juga tiga gunung gahar yakni Telomoyo, Ungaran dan Merbabu.

Pemandangan Rawa Pening dengan hamparan enceng gondok, via instagram
Pemandangan Rawa Pening dengan hamparan enceng gondok, via instagram

Bagi yang hobi fotografi silahkan berkunjung ke Rawa Pening. Biasanya kawasan danau ini juga sering dijadikan lokasi foto pre wedding. Tiket masuk ke kawasan wisata Rawa Pening tergolong murah, satu pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 6000 pada hari biasa dan Rp. 6500 pada akhir pekan dan hari libur. Jam operasionalnya mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam setiap hari.