Menikmati Keindahan Langit Jingga di Balikpapan, Jangan Sampai Terlewatkan

Balikpapan adalah kota yang berada di Kalimantan Timur dan merupakan wilayah dengan tingkat perekonomian terbesar di Pulau Kalimantan. Balikpapan juga dikenal dengan hasil minyaknya yang melimpah. Tidak heran jika di kota ini dapat ditemukan banyak perusahaan yang bergelut di hasil minyak bumi. Namun, bukan berarti Balikpapan tak memiliki destinasi wisata alam. Meskipun berada di Kalimantan Timur, di sini kamu juga dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam yang tak kalah keren.

1. Pantai Melawai Balikpapan

Sunset di Pantai Melawai Balikpapan, via Instagram/@prast_arie

Lokasinya yang berada di teluk, membuat Pantai Melawai memiliki pemandangan sunset yang dapat kamu nikmati. Selain itu kamu tak perlu terlalu susah payah menempuh medan berbatu atau makadam, tempat ini dapat kamu akses dengan mudah karena lokasinya juga terletak tak jauh dari kota.

Matahari yang langsung tenggelam di horizon, via Instagram/@randyjoe04

2. Pantai Banua Patra

Banua Patra memiliki dermaga yang menjorok ke laut, via Instagram/@nasi_koening

Banua Patra memiliki nama lain Pantai Batu-batu, karena di tepiannya banyak batuan yang tertata secara alami. Pantai ini juga menjadi tempat memancing di Balikpapan. Saat menjelang petang, tempat ini juga menjadi spot masyarakat Balikpapan untuk menyaksikan sunset.

Menjelang matahari tenggelam di Banua Patra, via Instagram/@devynurastariana_

3. Kampung Atas Air

Sunset yang menakjubkan di Kampung Atas Air, via Instagram/@auzanta

Sebagai kota yang berada di pesisir Kalimantan Timur, tidak sulit untuk menemukan pantai di Balikpapan. Salah satunya adalah Kampung Atas Air, destinasi wisata dengan jembatan ulin yang menjorok ke wilayah perairan. Di sini kamu juga dapat menyaksikan pemandangan sunset yang menakjubkan.

Terdapat semacam dermaga yang terbuat dari kayu, via Instagram/@oceaner10

4. Batu Dinding

Sunrise di Batu Dinding, via instagram/@lyan01

Bukit dinding adalah perbukitan dengan punggung berbatu yang sering disebut mirip dengan tembok besar Cina. Kamu bisa menyusuri punggung bukit ini dengan berjalan kaki. Jangan khawatir, tempat ini juga telah memiliki pengaman untuk pengunjungnya. Selain itu, di sini kamu dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang indah.

Dikelilingi oleh hutan yang masih asri, via instagram/@motodefamiglia

Meskipun reputasi Balikpapan dikenal sebagai kota minyak, berbagai macam destinasi wisata juga tetap dapat ditemui. Seperti empat lokasi yang disebutkan di atas. Menurutmu bagaimana pemandangan sunrise dan sunset-nya?

Tags
Balikpapan Indonesia kalimantan Wisata
Share