Spot Terbaik Untuk Menikmati Sunrise di Malang Raya

Kota Malang dan sekitarnya dikenal dengan udaranya yang sejuk karena berada pada dataran tinggi. Banyak gunung yang bisa terlihat secara jelas ketika cuaca sedang bersahabat. Antara lain, Gunung Semeru, Gunung Arjuno, dan Pegunungan Putri Tidur yang meliputi Panderman, Kawi, dan Butak. Dengan letak geografis seperti ini, matahari terbit tampak muncul lebih tinggi di balik Gunung Semeru. Karenanya, kamu perlu menemukan tempat yang tempat apabila ingin menikmati sunrise.

1. Bromo

Sunrise dari Penajakan Bromo [image source]
Bromo adalah tempat untuk menikmati sunrise yang paling tenar. Lansekap pegunungan yang tidak terlalu susah dicapai membuat banyak wisatawan datang. Cuaca yang dingin, panorama indah, dan coretan warna ketika matahari mulai muncul adalah magnet utama. Terdapat banyak sunrise point di sini, antara lain Penanjakan 1, Penanjakan 2, dan Bukit Kingkong.

Sunrise dari bukit pasir bromo [image source]

2. Panderman

Gunung Arjuna dilihat dari Panderman [image source]
Gunung Panderman berada di selatan Bukit Paralayang dan berseberangan. Bagi yang gemar mendaki, tempat ini juga spot yang tepat untuk menyaksikan sunrise. Namun bagi yang tak terlalu suka dengan kegiatan pendakian, rasanya tempat ini juga tak terlalu berat untuk dilewati. Apalagi jika melalui jalur Toyomerto dan berhenti di Latar Ombo.

Sunrise di Panderman [image source]

3. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang menjelang sunrise [image source]
Bukit Paralayang berada di Kota Batu, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor dari Kota Malang. Berada di ketinggian 1315 mdpl, membuat lansekap Kota Batu dan Gunung Semeru jelas terlihat dari sini. Pemandangan sunrise di Paralayang muncul dari balik Semeru yang berada tepat berhadapan dengan tempat ini.

Ray of lights di pemukiman bawah bukit [image source]

4. Pantai Gua Cina

Sunrise di Gua Cina [image source]
Jika tiga tempat sebelumnya berada di ketinggian, kali ini kamu dapat menikmati pasir pantai dan deburan ombak. Pantai Gua Cina berada di Malang Selatan, tepatnya di Desa Sitirejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Kamu bisa menikmati matahari terbit di sini, karena kebanyakan pemandangan di wilayah Kabupaten Malang Selatan tidak lagi tertutup oleh Gunung Semeru.

Muncul dari balik perbukitan [image source]
Menikmati sunrise memang membutuhkan banyak usaha. Selain menemukan spot yang tepat, kamu juga harus berangkat lebih awal bahkan dini hari. Namun pemandangan yang akan di dapat tak akan pernah mengecewakan bukan?

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang sunrise Wisata
Share