Liburan ke Hulu Sungai Tengah Banjarmasin, Air Gua-nya Dapat Berubah Warna!

Advertisement

Liburan ke Hulu Sungai Tengah Banjarmasin akan memberikan pengalaman berbeda pada Teman Traveler. Salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan ini punya banyak ‘mutiara’ tersembunyi. Salah satunya adalah keindahan dari air gua yang dapat berubah warna. Pasti penasaran, kan? Simak uraian berikut ini kalau begitu!

Riam Bajandik

Spot Foto di Riam Bajandik via Instagram/amahrahma_new

Riam Bajandik terletak di Kecamatan Batubenawa. Merupakan salah satu destinasi wisata baru yang langsung diserbu warga setempat. Atraksi utama di objek wisata ini adalah kesegaran aliran Sungai Benawa. Lokasinya sendiri berada di hulu Sungai Benawa yang berukuran lebar.

Siapa Mau Berenang di Sungai Benawa via Instagram/devi_ahab

Area sungai di lokasi dihias menggunakan berbagai ornamen menarik yang kekinian. Seperti spot foto perahu, hammock dan lainnya. Di sini wisatawan bisa menikmati kesejukan air sungai dengan berenang atau sekadar basah-basahan.

Gua Limbuhang

Gua Limbuhang yang Dapat Berubah Warna via Instagram/citra_alkarim

Gua Limbuhang di Desa Haliau, Kecamatan Hulu Sungai Tengah ini sangat unik. Ia berada di bawah bukit dengan ketinggian kurang lebih 50 meter dan punya air yang dapat berubah warna.

Menikmatinya dari Ayunan Akar yang Unik via Instagram/rizkiamaliayaya

Perubahan warna air di area gua bisa disaksikan ketika cuaca di sekitar lokasi berubah dari terang menuju teduh. Saat cuaca sedang panas atau terang, air berwarna biru laut. Sementara, jika cuaca mulai teduh, air berubah menjadi biru kehijauan.

Menarik ya? Teman Traveler bisa menikmatinya dari atas ayunan akar yang menjuntai.

Wisata Pagat Batu Benawa

Aliran Sungai di Pagat Batu Benawa via Instagram/miranda_20ty

Saat liburan ke Hulu Sungai Tengah Banjarmasin, jangan lupa juga untuk singgah di Pagat Batu Benawa. Lokasinya ada di Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa. Ia berjarak cukup dekat dari Barabai, ibu kota Hulu Sungai Tengah.

Bongkahan Batu yang Menakjubkan via Instagram/lalunyangan

Atraksi utama yang bisa dinikmati saat liburan ke Pagat Batu Benawa adalah aliran sungai yang asri serta bongkahan batu besar di pinggiran sungai. Agendakan untuk berkunjung dan bersenang-senang di sini ya!

Gunung Besar Halau-Halau

Gunung Halau-Halau yang Memukau via Instagram/hafyong

Teman Traveler yang hobi naik gunung pastikan untuk coba mendaki Gunung Halau-Halau. Pasalnya, ia merupakan gunung tertinggi di Kalimantan Selatan. Kawasan puncak gunung ini ada di ketinggian 1.901 mdpl.

Gunung Tertinggi di Kalimantan Selatan via Instagram/fazryan028

Uniknya, kawasan di sekitar Gunung Halau-Halau, masih ditinggali masyarakat Dayak Meratus lho. Karena itu, ketika datang berkunjung pastikan untuk mematuhi peraturan dan menjaga kesopanan ya.

Bukit Rindang

Hammocking di Bukit Rindang via Instagram/ekosprnt

Bukit Rindang atau Bukit Panyulingan terletak di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur. Destinasi wisata di Hulu Sungai Tengah ini pas sekali untuk Teman Traveler yang hobi memandangi keindahan alam dari ketinggian.

Sunset di Bukit Rindang via Instagram/sap_rd

Lokasi ini juga jadi salah satu spot terbaik di Hulu Sungai Tengah untuk berburu sunset! Terbaik!

Gua Batu Sawar

Dinding Batu Gua Batu Sawar yang Luar Biasa via Instagram/hendriwilas

Gua Batu Sawar berada di Kampung Salak, Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur. Ukurannya sangat luas dan besar. Gua ini terlihat eksotis dengan batuan dinding yang terbentuk secara alami.

Dinding Gua Batu Sawar yang Berwarna-warni via Instagram/krisnawansyah

Meski perjalanan untuk sampai ke lokasi cukup menguras tenaga, sesampainya di sini Teman Traveler akan dibuat takjub dengan pemandangannya. Cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah gua, membuat dindingnya terlihat berwarna-warni. Cantik sekali!

Pilihan objek wisata saat liburan ke Hulu Sungai Tengah Banjarmasin menyenangkan untuk dikunjungi. Ia menjadi salah satu destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang mengagumkan. Tidak penasaran kah untuk menjelajahinya?

Advertisement
Tags
banjarmasin Indonesia liburan ke hulu sungai tengah banjarmasin objek wisata hulu sungai tengah Wisata
Share