Yuk Jelajah 6 Sungai Cantik Jawa Timur, Saatnya Penyegaran!

Sungai cantik di Jawa Timur berikut ini siap menyegarkan liburan Teman Traveler! Saat badan dan pikiran tengah lelah, main-main air memang pilihan yang tepat! Selain itu, panorama di sungai-sungai ini juga luar biasa. Lalu apa saja pilihannya? Lanjutkan menyimak artikel di bawah ini yuk!

Sungai Niyama, Tulungagung

Sungai Niyama di Tulungagung via Instagram/edysrs

Dari namanya, ia terdengar seperti nama sebuah lokasi di Jepang. Sementara dari tampilannya, ia tampak bagai sungai-sungai di Amerika sana. Tetapi sebenarnya, Sungai Niyama adalah salah satu wisata sungai di Kabupaten Tulungagung!

Namanya Seperti Sebuah Lokasi di Jepang via Instagram/id.bangkit

Ia berada di Dusun Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungaagung. Karakteristik sungai ini berbeda dengan sungai pada umumnya. Ia didominasi oleh batu-batu alam yang menghampar di sepanjang aliran.

Didominasi oleh Batuan yang Eksotis via Instagram/tulungagungtourism

Sementara itu, kolam di bagian tengah sungai memiliki kedalaman antara 2-3 meter. Tetap berhati-hati saat berkunjung ke sini ya!

Kedung Cinet, Jombang

Kedung Cinet Jombang via Instagram/inialek

Kedung Cinet di Jombang juga tidak kalah cantik. Batuan kapur berbentuk tebing yang berlekuk-lekuk serta aliran air yang bersih di tengahnya menciptakan kesan eksotis. Salah satu sungai cantik di Jawa Timur ini terletak di tengah hutan. Tepatnya di Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang.

Grand Canyon Indonesia Ada di Jombang via Instagram/ahmed25_al.ali

Walau letaknya cukup sulit, pesona Kedung Cinet terlanjur membuat siapa saja jatuh hati. Teman Traveler harus main ke sini!

Sungai Maron, Pacitan

Asrinya Pemandangan di Sungai Maron via Instagram/wijaya_mamad27

Sungai Maron merupakan bagian dari primadona wisata Pacitan yang sayang untuk dilewatkan. Panorama di sini masih sangat asri. Pohon-pohon kelapa yang berjajar rapi dan aliran air yang tenang jadi kekuatannya. Meski tenang, Sungai Maron memiliki kedalaman hingga 20 Meter.

Main Ayunan di Sungai Maron Yuk! via Instagram/nyonyokecil

Untuk menikmati sungai dengan panjang sekitar 4,5 Km ini, Teman Traveler bisa menggunakan perahu yang dapat disewa dari warga setempat. Harga sewanya mulai dari Rp100 ribu.

Kalipait, Bondowoso

Kalipait Bondowoso yang Berbeda via Instagram/duhsilila

Jika biasanya aliran air di sebuah sungai berwarna jernih, aliran air di Kalipait tidak. Ia berwarna kuning kehijauan dengan buih yang cukup banyak. Bukan hanya itu, aroma dari aliran airnya pun pekat dengan belerang. Saat berkunjung, sediakan masker ya!

Air di Kalipait yang Berbuih via Instagram/loycvdk

Keunikan ‘sungai’ Kalipait di Bondowoso ini bukan tanpa sebab. Ia merupakan aliran kawah Gunung Ijen. Selain airnya yang berbeda, kontur di sungai ini pun didominasi oleh batuan dengan kontur menanjak. Cantik!

Sungai Grindulu, Pacitan

Sungai Grindulu di Pacitan via Instagram/johnariw

Sungai Grindulu mengalir dari Gunung Gembes hingga kemudian bermuara ke Samudra Hindia. Panorama di sini, takkalah menyihir. Terutama karena pohon-pohon di sekitar lokasi dan cantiknya pegunungan di kejauhan.

Panorama di Sungai Grindulu yang Asyik via Instagram/danangdr

Sungai Grindulu memiliki panjang sekitar 75 Km. Ia memiliki debit air yang tinggi sehingga kerap digunakan untuk mengairi ladang dan sawah-sawah yang tidak jauh darinya. Pemandangan sore hari di sungai ini, benar-benar bikin jatuh cinta!

Kali Cokel, Pacitan

Kali Cokel yang Eksotis via Instagram/asrul_ashadi

Disebut-sebut sebagai Amazon dari Pacitan, Kali Cokel memang menawan! Pemandangan di sepanjang sungai masih sangat asri dan dijamin bikin betah. Pohon-pohon yang berjajar rapi serta jernihnya air di sini, sungguh sebuah penyegaran yang sempurna.

Kali Cokel Disebut Sebagai Amazonnya Pacitan via Instagram/gusstrav

Berdasarkan lokasinya, Kali Cokel berada di Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Pacitan. Jika sudah pernah berkunjung ke Pantai Kasap dan Pantai Watu Karung, sungai ini tidak jauh dari kedua destinasi tersebut.

Keberadaan deretan sungai cantik di Jawa Timur, benar-benar kabar baik untuk Teman Traveler yang butuh penyegaran. Setuju, kan? Jadi mana di antara sungai-sungai di atas yang akan dikunjungi lebih dulu?

Tags
Indonesia Jawa Timur Sungai Cantik Jawa Timur Wisata
Share