Rowo Klampok, Wisata Sungai Seru di Malang ala Chao Praya Thailand

Pesatnya perkembangan sektor wisata, membuat Pemerintah mulai meliriknya sebagai salah satu penopang pemasukan. Beberapa kawasan yang dulunya dibiarkan terbengkalai, kini banyak yang disulap menjadi tempat wisata. Rowo Klampok salah satunya. Tempat ini belakangan menjelma destinasi wisata apik dan turut memberi sumbangsih signifikan bagi perputaran roda ekonomi masyarakat sekitar.

Lokasinya berada di Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Kawasan ini kabarnya sudah dibangun sejak masa penjajahan Belanda dan belakangan mulai dikembangkan menyerupai wisata Sungai Chao Praya di Bangkok, Thailand.

Mudah Dijangkau

Pengunjung bersiap menumpang perahu untuk berkeliling (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Jika berangkat dari Malang, Teman Traveler tinggal meluncur ke arah selatan atau Blitar. Setelah kira-kira 29 kilometer, kalian akan sampai di Desa Ngebruk. Dari sini lanjutkan perjalanan ke arah kiri dan ikuti petunjuk yang tersedia. Kalian bakal tiba di Rowo Klampok dalam waktu singkat.

Menyebrang dengan Getek

Perahu getek untuk menyebrang ke kafe (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Wisata Malang satu ini menyediakan lahan parkir cukup luas, muat untuk menampung kendaraan roda dua maupun empat. Di sini Teman Traveler bisa coba beragam aktivitas seru seperti duduk santai sambil makan di kafe apung, maupun berkeliling dengan menumpang perahu atau jet ski.

Uniknya, untuk dapat mencapai bangunan Kafe Apung, pengunjung harus menggunakan getek, semacam anjungan kecil yang ditarik menggunakan tali. Meski sederhana, rasanya sangat menyenangkan. Teman Traveler akan dibawa menyebrangi perairan selebar 10 meter sebelum bisa menjejakkan kaki di kafe.

Sensasi Makan di Alam Liar

Anak-anak mandi di Rowo Klampok, Malang (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Menu yang disajikan di Kafe Apung bisa dibilang tak terlalu istimewa. Tak banyak berbeda dibanding kafe lain, baik dari varian makanan maupun penyajiannya. Hanya saja, di sini Teman Traveler bisa merasakan sensasi makan sembari sedikit terombang-ambing mengikuti gelombang air.

Ditambah lagi lingkungan sekitar Rowo Klampok masih cukup alami. Teman Traveler akan merasa bagai sedang bersantap di tengah alam liar. Panorama sekeliling nampak begitu asri dan bersih. Bebas sampah dan polusi.

Aneka Wahana Permainan Seru

Pengelola mempersiapkan motor air (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Puas bersantai di kafe, Teman Traveler bisa menjajal aneka wahana wisata sungai di sini. Pilihannya beragam, mulai dari motor air, flamingo, bebek pancal (kayuh-red) dan masih banyak lagi. Tarifnya relatif terjangkau, antara Rp10.000 hingga Rp50.000.

Itulah sekilas ulasan mengenai Rowo Klampok, salah satu destinasi anyar di sekitaran Malang. Jika kalian masih bingung menentukan tujuan liburan, lokasi ini mungkin bisa jadi pertimbangan. Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan?

Tags
kontributor Malang rowo klampok Travelingyuk wisata malang
Share