Cari yang Manis-manis Saat Jelajah Bandung, ke Sumber Hidangan Saja

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Sumber Hidangan Sumber Hidangan

Tahukah kamu Teman Traveler, jauh sebelum menjamurnya banyak kafe kekinian di Bandung, ada yang namanya Sumber Hidangan? Merupakan tempat nongkrong yang hadir bahkan sebelum Indonesia merdeka. Bahkan hingga kini, Sumber Hidangan masih menjadi salah satu tempat nongkrong favorit dengan segala pesonanya.

Tempat Makan Legendaris Hampir 100 Tahun

Tempat legendaris menghabiskan waktu, via Instagram/iirenewijaya
Tempat legendaris menghabiskan waktu, via Instagram/iirenewijaya

Buat kamu warga Bandung dan sekitarnya tentu saja sudah tidak asing dengan tempat ini ya. Bagaimana tidak, Sumber Hidangan sudah ada sejak tahun 1929 yang lalu. Dengan demikian, tempat nongkrong di Bandung ini sudah ada selama 90 tahun lamanya. Tentu saja 90 tahun bukan waktu yang sedikit untuk mempertahankan pelanggan untuk terus berdatangan.

Sumber Hidangan ini juga masuk dalam salah satu toko roti paling legendaris di Bandung. Sudah ada sejak zaman pemerintahan Kolonial Belanda. Awalnya, tempat ini memiliki nama “Het Snoephuis” atau yang memiliki artian Ruman Manis. Bukan tanpa alasan kenapa nama tersebut diusung, pasalnya memang tempat ini menyediakan beragam camilan manis. Mulai dari cake, kue kering semuanya ada.

Menu-menu yang Kembalikan Masa Lalu

Juga tawarkan es krim, via Instagram/makanbarengbwk
Juga tawarkan es krim, via Instagram/makanbarengbwk

Resep-resep yang digunakan di tempat ini masih sama seperti awal berdirinya. Untuk perubahan nama sendiri, pasca kemerdekaan Indonesia diubah menjadi Sumber Hidangan.

Nah, kue-kue yang terdapat di tempat ini sampai sekarang masih menggunakan bahasa Belanda, misalnya saja kaastengel, bokkepoot, janhagel, dan lain sebagainya. Selain cake dan aneka kue kering, di sini juga menyuguhkan es krim homemade dengan ragam rasa yang enak.

Bisa Nongkrong Sembari Menikati Hidangan

Lokasi nongkrong yang asyik, via Instagram/iirenewijaya
Lokasi nongkrong yang asyik, via Instagram/iirenewijaya

Sumber Hidangan bukan hanya toko roti saja, kamu bisa menikmatinya di tempat secara langsung. Di sini ada meja dan juga kursi yang lengkap dengan peralatan makan untuk makan di tempat. Selain menikmati hidangan yang disuguhkan, kamu juga akan puas lantaran interior di dalamnya begitu klasik dan vintage. Di sini ada etalase roti model jadul, timbangan manual yang berjajar rapi, dan banyak lainnya.

Lokasi Nongkrong yang Vintage

Sumber Hidangan di Bandung, via Instagram/explorebandung
Sumber Hidangan di Bandung, via Instagram/explorebandung

Alamat Sumber Hidangan ini berada di Jl. Braga No. 20-22, Bandung. Jam bukanya mulai dari 09:00 sampai dengan 15:30 WIB. Untuk hari Minggu, libur. Sementara itu untuk harganya, mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp35.000 per menunya. Untuk reservasi atau lain sebagainya, kamu bisa menghubungi 022 4236638.

Saat datang ke Sumber Hidangan, kamu seakan masuk ke dimensi lain. Benda-benda vintage di dalamnya seakan membuatmu kembali ke masa lalu, Bandung sebelum merdeka.