Suku Pemakan Manusia Ada di Indonesia Lho, Penasaran?

Merasakan traveling ke pedalaman Papua, tentunya akan menciptakan pengalaman yang berkesan. Selain keindahan Raja Ampat, provinsi ini menyimpan cerita lain yang tak kalah bikin penasaran. Ternyata di sini ada suku pemakan manusia, lho. Mungkin Teman Traveler baru mendengar tentang suku pedalaman ini, ya. Yuk, baca cerita lengkapnya.

1. Lereng Utara Jaya WIjaya

Rumah pohon suku Pedalaman Papua via Instagram @mrkipuw

Pada tahun 1967an salah satu anggota unit militer Indonesia melakukan ekspedisi ke pedalaman Papua, tepatnya daerah Lereng Utara Jaya Wijaya. Di sana terdapat lereng yang dinamakan Lembah X, ditinggali oleh suku yang memegang adat istiadat kuat. Pada masa itu, sering terjadi perang antar suku yang memakan korban jiwa.

2. Suku yang Mendiami Pedalaman Papua

Suku pemakan manusia
Suku pemakan daging manusia di Papua via Instagram @gurupapua

Kawasan pedalaman Papua memang banyak suku-suku yang tinggal di sana. Namun ada yang berbeda dari penghuni Lembah X. Suku yang mendiami Lembah X diketahui sebagai pemakan manusia. Seperti kebanyakan orang, mereka akan merasa terganggu apabila ada manusia asing datang tanpa diundang.

Umumnya mereka menggunakan senjata tajam terbuat dari tulang sebagai alat pertahanan diri. Apabila merasa terancam mereka akan menodongkan senjata tersebut.

Penampilan suku pemakan manusia itu mengenakan koteka dan aksesori tradisional khas Papua. Mereka mempertahankan gaya dari nenek moyang.

3. Agar Diterima oleh Suku Pedalaman

Suku pemakan manusia
Bersalaman dengan bocah suku pedalaman via Instagram @leonardo.padeatu

Teman Traveler yang bertujuan ingin berkenalan dengan suku tersebut sebaiknya bersikap sopan dan ramah, jangan terlihat seperti hendak menyerang.

Langkah awal ketika bertemu mereka adalah mengangkat tangan dan tersenyum. Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa ingin mengenal mereka lebih dekat. Setelah itu, kepala suku akan menemui Teman Traveler. Barulah berjabat tangan, tentunya apabila mereka bersedia.

4. Sambutan Selamat Datang

Suku pemakan manusia

Ilustrasi daging mentah via Shutterstock

Wujud keramahtamahan dari suku yang mendiami Lembah X adalah tamu diberi sepotong daging babi. Bentuk penghormatan kepada mereka adalah sang tamu memakan daging mentah tersebut. Sehingga para anggota suku akan menganggap tamu bukan lagi orang asing.

Teman Traveler yang melakukan ekspedisi ke pedalaman Papua dan bertemu dengan suku pemakan manusia tersebut, bisa bersikap ramah dan sopan. Lebih baik lagi kalau pergi bersama dengan tour guide dari warga Papua.

Tags
kopasus kopasus sintong sintong kopasus suku pedalaman papua suku pemakan manusia wisata papua
Share