5 Spot Raja Ampat Wajib Kunjungi, Ada Satu yang Ajaib

Raja Ampat sudah lama dikenal sebagai pesona wisata Papua Barat. Meski letaknya terpencil, kabupaten ini menyimpan sejuta keindahan alam, terutama bawah lautnya. Namun tahukah Teman Traveler bahwa setidaknya ada lima spot Raja Ampat yang wajib kalian kunjungi?

Kebanyakan memang bernuansa bahari, mengingat Raja Ampat termasuk satu dari 10 tempat menyelam terbaik dunia. Selain itu kawasan ini memiliki total 610 pulau, sehingga ada banyak tempat keren yang bisa dijelajahi. Namun berikut ini sudah saya rangkum lima spot Raja Ampat yang wajib dikunjungi jika Teman Traveler sedang ada di Papua Barat.

Wayag

Panorama di sekitar Wayag (c) Muhammad Sadduddin Tenripada/Travelingyuk

Wayag adalah ikon Raja Ampat. Wajib disambangi jika Teman Traveler sedang menjelajah kawasan Papua barat. Wayag sendiri merupakan pulau terjauh dari Raja Ampat. Oleh karena itu, untuk mencapai tempat ini dibutuhkan enam hingga tujuh jam perjalanan menggunakan speedboat. Demi mendapatkan pemandangan terbaik, kalian harus berangkat saat malam atau subuh.

Arborek

Menyelam di Arborek (c) Muhammad Sadduddin Tenripada/Travelingyuk

Arborek adalah salah satu pulau di Raja Ampat yang wajib Teman Traveler kunjungi. Kawasan ini terkenal dengan gerombolan ikan di sekitar dermaganya. Kalian juga bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih dan berjalan-jalan di sekitar perkampungan warga.

Arborek termasuk pulau yang sangat kecil. Teman Traveler bisa mengelilinginya dengan jalan kaki dalam waktu sekitar 30 menit. Oh ya, di sini kalian bisa menyapa langsung kima raksasa.

Pianemo

Pemandangan cantik di Pianemo (c) Muhammad Sadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pianemo dapat ditempuh dengan naik speed boat selama kurang lebih dua jam dari Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Pulau ini tidak berpenghuni Teman Traveler. Kalian juga jangan kaget ya, jika melihat banyak biawak berkeliaran.

Salah spot cantik di Raja Ampat ini popularitasnya sudah mulai meroket sejak 2010-an. Menurut penjelasan beberapa guide setempat, nama Pianemo diambil dari kata Penemu. Sebutan tersebut diberikan lantaran kala itu gugusan pulau karangnya baru ditemukan.

Pasir Timbul

Fenomena alam unik di Pasir Timbul (c) Muhammad Sadduddin Tenripada/Travelingyuk

Selain pemandangan underwater-nya yang dahsyat, Raja Ampat juga punya pesona lain yang tak kalah menawan di atas permukaan laut. Ada sebuah keajaiban alam berupa hamparan pasir timbul yang hanya muncul di waktu-waktu tertentu saja. Tepatnya ketika laut sedang surut. 

Hamparan pasir timbul tersebut bisa Teman Traveler jelajahi lho. Belakangan destinasi Pasir Timbul ini memang sedang naik daun. Banyak guide sudah tahu posisi tepat lokasi ajaib ini. Selain itu, ada banyak pula paket wisata yang mencantumkan pasir timbul Pulau Mansuar sebagai daftar destinasinya.

Yenbuba

Menikmati indahnya laut Yenbuba (c) Muhammad Sadduddin Tenripada/Travelingyuk

Salah satu desa yang wajib Teman Traveler kunjungi di Raja Ampat adalah Yenbuba. Tempat ini terkenal dengan spot snorkeling yang tak boleh dilewatkan, terutama bagi para pecinta pemandangan laut.

Dermaga kayu sepanjang sekitar 100 meter amenjadi pintu masuk ke desa ini. Daerah sekitar sini juga menjadi menjadi lokasi snorkeling terbaik, dengan keindahan bawah laut menawan. Sayang sekali jika tak mampir ke sini.

Itulah beberapa rekomendasi spot Raja Ampat wajib kunjungi Teman Traveler. Jadi jika lain kalian kalian jalan-jalan ke Papua Barat, jangan sampai melewatkan kesempatan mampir ke deretan tempat di atas ya. Selamat berlibur.

Tags
kontributor Papua Travelingyuk wisata papua
Share