Belajar Keberagaman Budaya Bersama 5 Suku Pedalaman di Indonesia

Advertisement

3. Suku Dayak, Kalimantan Barat

Suku Dayak dikenal sebagai suku yang menghuni pedalaman Kalimantan. Mereka hidup secara nomaden atau berpindah-pindah. Suku Dayak sendiri terbagi menjadi beberapa macam ada Suku Dayak Kenyah, Hiban, Tunjung, Bahau, Benua, Basaf, Punan dan Suku Dayak Kanayatn serta masih banyak anak suku lainnya.

Salah satu yang bisa Anda kunjungi untuk berbaur adalah Suku Dayak Kanayatn yang tinggal di rumah adat Betang di Kalimantan Barat. Rumah adat Betang sendiri merupakan rumah adat terbesar di Indonesia dengan ukuran panjang 180 meter dan bisa dihuni oleh lebih dari 183 jiwa dari 45 keluarga. Anda bisa belajar banyak dari mereka termasuk tradisi penggal kepala yang pernah dijalani suku tersebut di zaman dahulu.

Suku Dayak, Kalimantan Barat [image source]
Suku Dayak, Kalimantan Barat [image source]
Jika mau melihat kehidupan Suku Dayak yang lebih modern, Anda dapat datang ke Taman Budaya Pampang di Samarinda. Di sana akan ditampilkan beragam seni dan budaya suku ini termasuk tari-tarian adat. Di Desa Pampang ini tinggal suku Dayak Kenyah yang diperkirakan bermigrasi pada tahun 1967. Sekali lagi, jangan asal memotret suku asli karena bisa saja Anda akan dikenakan tarif yang mahal.

Advertisement
Tags
Budaya buton Flores Indonesia Jawa Barat Kalimantan Barat Papua Suku Sulawesi tenggara
Share