Belajar Keberagaman Budaya Bersama 5 Suku Pedalaman di Indonesia

Advertisement

2. Suku Bajo, Buton

Pernah mendengar istilah Gipsy atau manusia laut? Nah, cobalah berkunjung ke Pulau Buton, di sana traveler bisa bertemu dengan Suku Bajo yang tinggal di lautan. Suku Bajo memiliki perkampungan yang khas di mana mereka membangun rumah di atas lautan semacam rumah apung. Mereka juga melakukan segala aktivitas di laut mulai dari lahir hingga mati.

Anda dapat mengenal lebih dekat suku ini dengan bermalam di kampung mereka. Biasanya traveler memilih untuk menginap di perkampungan suku Bajo Desa Kondowa di Kecamatan Wabula. Anda bisa belajar banyak mulai cara berlayar hingga menangkap ikan. Jika beruntung Anda juga bisa diajak berlayar ke tengah laut untuk mencari ikan lho.

Suku Bajo, Buton [image source]
Suku Bajo, Buton [image source]
Meskipun mereka dikenal sebagai suku yang primitif karena menghabiskan hidupnya di laut, nyatanya perkampungan Bajo di Buton ini memiliki sekolahan dan juga tempat ibadah. Hebatnya lagi, perkampungan tersebut sangat bersih dan terawat sehingga hampir tidak ditemukan bau amis yang jamak ditemukan di perkampungan nelayan lain yang bahkan lebih modern.

Advertisement
Tags
Budaya buton Flores Indonesia Jawa Barat Kalimantan Barat Papua Suku Sulawesi tenggara
Share