Bandung Macet? Main ke Suaka Elang Bogor Saja yuk!

Warga Jakarta kalau akhir pekan tiba selalu memadati kawasan Bandung sehingga kemacetan tidak bisa dihindari. Kalau kamu sudah bosan dengan Bandung yang macet saat akhir pekan tiba, kenapa tidak mencoba alternatif lain saja? Misal balik arah ke Bogor dan mengunjungi salah satu tempat paling menarik bernama Suaka Elang Loji.

Di tempat wisata yang berada di tengah hutan ini. Kamu tidak hanya akan menyaksikan kemolekan dari predator udara saja. Namun, menikmati alam yang masih sangat terjaga keasliannya dengan trekking hingga kamping. Berikut ulasan selengkapnya terkait Suaka Elang Loji yang ada di Bogor, Jawa Barat.

Akses Lokasi yang Cukup Menantang

spot fotografi yang banyak [image source]
Akses ke lokasi Suaka Elang Loji cukup sulit dan butuh tantangan. Kalau ingin ke sana disarankan menggunakan motor yang memiliki ketahanan medan berbatu dan juga berlumpur. Akses dengan mobil mungkin bisa, tapi akan susah dalam hal parkir yang tidak terlalu luas di samping jalan ke sana juga terlalu sempit.

Menantang tapi indah [image source]
Kamu akan melewati kawasan hutan yang cukup luas lalu persawahan yang seperti tidak ada habisnya. Rumah penduduk menuju ke kawasan ini sangat sedikit, bahkan beberapa kilometer menuju lokasi Suaka Elang hanya ada belasan rumah saja. Itu pun jaraknya saling berjauhan. Oh ya, kalau kamu berniat kamping, disarankan membawa makanan dari bawah.

Untuk bisa ke Suaka Elang, kamu bisa melakukan perjalanan dari Bogor. tute yang diambil adalah arah menuju Stasiun Batu Tulis. Dari stasiun ini kamu bisa terus mengikuti jalan menuju kawasan Cijeruk. Di kawasan ini kamu akan menemukan Warso Farm lalu plang betuliskan Loji. Dari sini kamu bisa belok kanan hingga menemukan kawasan Suaka Elang

Predator Udara yang Sangat Indah

Akses ke lokasi Suaka ELang [image source]
Setelah sampai di pos pemberhentian, motor akan diparkir dengan biaya sekitar Rp10.000 atau Rp25.000 untuk overnight. Biaya yang cukup besar ini sudah mencakup izin pendirian tenda, keamanan, dan lain sebagainya. Dari pos ini, kamu bisa melakukan perjalanan sekitar 1-1,5 jam dengan medan yang cukup menantang.

Sangkar elang [image source]
Setelah tiba di pos penjagaan, kamu bisa melapor. Dari sana, kamu akan diajak untuk menyaksikan beberapa kandang yang berisi elang. Oh ya, kandang yang boleh dilihat hanyalah kandang display. Lainnya tidak boleh agar elang yang ada di sana tidak terganggu oleh kehadiran manusia dan tetap menjadi liar seperti saat masih di alam.

Trekking Sambil Foto di Jembatan Gantung

Jembatan Gantung Suaka Elang [image source]
Suaka Elang Loji yang dibangun sejak tahun 2008 silam ini tidak hanya berfungsi sebagai suaka dan penyelamatan elang saja. Setelah kamu capai melakukan perjalanan dari kawasan parkiran, kawasan sekitar pos penjagaan yang sangat ini cukup tepat untuk relaksasi. Udaranya sejuk dan pemandangannya tidak bisa kalau tidak difoto.

Jembatan Gantung Suaka Elang [image source]
Oh ya, di dekat pos terdapat sebuah jembatan gantung yang cukup panjang. Kamu bisa menyeberang ke sisi yang lain sebar menikmati keindahan alam sekitar. Pengin foto di jembatan? Bisa! Tapi usahakan bergantian ya mengingat jembatan gantung ini memiliki kapasitas muatan dari seseorang yang ada di atasnya.

Kamping Ground yang Super Luas

Lokasi kamping [image source]
Menjelajahi Suaka Elang memang tidak bisa dihabiskan dalam satu hari saja. Pertama, akses ke sana cukup jauh dan pasti melelahkan langsung bolak-balik. Kedua, tempat kamping di sini sangat luas dan bersih. Seru banget kan bisa mendirikan tenda di bawah pohon pinus yang letaknya berada di pegunungan.

camping ground [image source]
Hampir sebagian besar wisatawan yang datang ke sini ingin menghabiskan malam dengan kamping. Bahkan, saat akhir pekan tiba atau libur panjang, akan ada ratusan orang yang memadati kawasan ini. So, kalau sudah datang jauh-jauh, kenapa tidak kamping saja? Dijamin seru dan memberikan pengalaman berharga.

Berburu Air Terjun Cibadak yang Super Bening

Air Terjun Cibadak [image source]
Puas tidur setelah merasakan capai, kamu bisa melakukan penjelajahan lagi di pagi hari sebelum memutuskan untuk pulang. Dari kawasan Suaka Elang Loji, kamu bisa melakukan perjalanan menembus hutan pinus untuk mencari Air Terjun Cibadak yang dikenal unik dan suasana di sekitarnya masih alami. Di air terjun ini kamu bisa foto-foto atau mandi di aliran sungainya yang jernih tapi dingin.

Pose di depan Air Terjun Cibadak [image source]
Akses menuju ke Air Terjun Cibadak lumayan susah dan menantang. Kalau kamu penggila kegiatan outdoor, perjalanan ini akan mengobati rasa kangen trekking atau bahkan mendaki gunung. Oh ya, kawasan sekitar Air Terjun Cibadak memiliki banyak batu. So, lebih berhati-hati ya, terlebih saat musim hujan tiba.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Suaka Elang Loji yang terletak di Bogor. Semoga bisa menambah referensi destinasi wisata di sekitaran Jakarta agar tidak Bandung lagi setiap akhir pekan tiba.

Lokasi: Ciburayut, Cigombong, Bogor, Jawa Barat 16110, Indonesia

Tags
Alam Explore Bogor Wisata Bogor
Share