Jajanan Khas depan Sekolah yang Bikin Kamu Rindu Kampung Halaman

Advertisement
Advertisement

Kampung halaman dan masa kecil merupakan dua hal yang paling dirindukan oleh mereka yang kini sudah tumbuh dewasa. Saat sekolah dulu tentu ada berbagai kenangan yang tak terlupakan, seperti kejadian-kejadian seru dan lucu, permainan yang menyenangkan, atau bahkan makanan favorit di masa kecil yang saat ini sudah jarang ditemukan lagi.

Buat kamu yang ingin mengenang masa-masa itu. Yuk kita intip kembali beberapa jajanan khas depan sekolah yang dulu sering kamu temui dan nikmati sewaktu masih kecil. Apa saja ya, simak rangkumannya berikut ini.

1. Cilok

Cilok, jajanan legendaris semasa sekolah [image source]

Jajanan berbentuk bulat menyerupai pentol kecil ini memang salah satu makanan paling terkenal di masyarakat. Meski jaman sudah semakin berkembang, namun tampaknya belum ada makanan yang dapat menggantikan posisi cilok sebagai jajanan khas depan sekolah. Terbukti hingga saat ini eksistensinya masih tetap sama seperti dulu. Bahkan beberapa orang memodifikasi cilok hingga sedemikian rupa agar jajanan yang satu ini semakin menarik.

Cilok dengan bumbu kacang sebagai sausnya [image source]

Nama ‘cilok’ merupakan singkatan dari aci yang berarti kanji dicolok. Tahu goreng dan pangsit goreng berukuran kecil biasanya turut dijadikan pendamping cilok. Jajanan ini terasa semakin mantap setelah disiram dengan saus atau kecap. Sedangkan untuk saat ini bumbu kacang menjadi saus yang populer dijadikan siraman.

2. Batagor

Jajanan sekolah khas Bandung, Batagor [image source]

Jajanan legendaris yang satu ini berasal dari Jawa Barat. Bahan dasar pembuatan batagor adalah tepung kanji dan tahu. Keduanya dicampur menjadi satu dan digoreng. Setelah matang, batagor biasanya disiram dengan bumbu kacang dan kecap. Rasanya gurih, manis, dan tentunya enak. Soal harga? Jangan ditanya! Jajanan legendaris dari dulu selalu murah meriah! Tidak sulit untuk dapat menemukan batagor, karena selain sering dijajakan di depan sekolah, kini makanan khas Bandung ini juga sudah banyak dijual di warung atau kedai.

3. Sosis dan Tempura

Sosis dan tempura, salah satu jajan pinggir jalan yang disukai banyak orang [image source]

Sosis dan tempura tergolong jajanan sekolah yang cukup baru muncul beberapa tahun belakangan ini. Rata-rata para pedagang membeli bahan bakunya dari penjual frozen food atau makanan beku. Bentuknya beraneka ragam mulai dari lonjong, bulat, bintang, hingga dipotong seperti spiral. Proses pembuatan jajan ini sangan simple, yaitu ditancapkan ke sebatang lidi kemudian digoreng dan disiram saus.

Aneka tempura, jajanan khas masa sekolah [image source]

Saat ini sudah semakin banyak produsen yang membuat sosis dan tempura dengan ukuran lebih besar. Harganya lebih mahal dari versi jajanan sekolah dan rasanya juga lebih enak. Mungkin ada campuran lain di dalamnya, yap ada harga ada rasa. Tidak sulit kok untuk menemukan makanan ringan yang satu ini, karena selain di sekolah kita juga bisa menemukannya di pusat keramaian seperti pasar malam dan tempat hiburan.

4. Kembang Gula
Pembuatan gula kapas [image source]

Jajanan manis yang satu ini selalu jadi favorit anak-anak khususnya perempuan. Bentuknya yang lonjong besar dengan tekstur lembut menyerupai kapas dan biasanya berwarna merah muda tentu selalu menarik perhatian. Cemilan ini juga memiliki sebutan lain seperti gulali, gula kapas, arumanis atau saat ini lebih dikenal dengan cotton candy. Bahan dasarnya hanya satu, yaitu gula yang kemudian diputar dengan menggunakan mesin khusus.

Gula kapas masa kini [image source]

Tak lama kemudian gula tersebut berubah bentuk menjadi helaian-helaian kapas dan dililit menggunakan sebatang lidi. Seiring berkembangnya jaman, para penjual sudah mulai kreatif dalam membuat makanan yang satu ini. Terkadang bentuknya dibuat menjadi seperti bunga, kepala hewan, dan bentuk-bentuk menarik lainnya. Agar tidak mudah rusak, kembang gula kemudian dibungkus dalam sebuah plastik besar dan digantung. Selain dapat ditemukan di depan sekolah, cemilan manis ini juga dapat kita temui di pasar malam atau taman hiburan.

5. Cimol

Cimol yang ditaburi dengan bumbu [image source]

Jajanan sekolah yang satu ini bisa dibilang masih satu saudara dengan cilok. Ini dikarenakan cimol juga terbuat dari tepung kanji dan berbentuk bulat. Tapi bedanya, makanan yang satu ini diolah dengan cara digoreng. Setelah ditiriskan, cimol kemudian disiram bumbu berbentuk bubuk dengan berbagai rasa, seperti keju, barbeque, asin, jagung bakar, dan pedas. Cemilan ini akan terasa kenyal saat dikunyah. Sampai saat ini cimol masih banyak dijajakan di depan sekolah. Jika ingin lebih sehat dan aman, kamu juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

6. Sate Telur Gulung

Sate Telur Gulung [image source]

Mungkin cara dan bahan pembuatan jajan legendaris yang satu ini memang sangat mudah. Siapapun juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi entah kenapa jajanan berupa telur kocok yang digulung dengan menggunakan lidi ini selalu tampak lebih menggoda ketika kita melihat pedagang sedang menjajakannya di pinggir jalan. Hingga saat ini Sate Telur Gulung masih jadi salah satu jajan sekolah favorit di Indonesia. Cita rasanya semakin mantap setelah disiram dengan kecap atau saus.

7. Es Goreng

Es goreng, salah satu jajanan legendaris [image source]

Jajanan dingin ini disebut es goreng karena pada sentuhan terakhir, es akan dicelup ke dalam cokelat panas. Tapi sebenarnya jajanan ini juga punya sebutan lain yaitu es potong karena dipotong-potong dan ada juga yang menyebutnya es goyang karena pembuatannya dengan cara digoyang-goyang. Biasanya tersedia berbagai macam rasa mulai dari cokelat, vanilla, kacang hijau, hingga strawberry.

8. Es Serut

Es serut dengan sirup warna-warni [image source]

Sesuai dengan namanya, es yang satu ini dibuat dengan cara diserut. Ada juga yang menyebutnya dengan es gandul atau es gosrok. Bahan dasarnya sangat sederhana, yaitu es batu dan sirup manis berbagai rasa. Es batu yang diserut kemudian dibentuk bulat dan ditancapkan dengan lidi atau stick. Setelah itu disiram dengan sirup aneka rasa seperti strawberry, melon, anggur, dan lain-lain. Warna-warni sirup membuat jajanan yang satu ini tampak cantik dipandang.

9. Lekker

Pembuatan kue lekker [image source]

Kue lekker sepintas tampak seperti crepes yang berasal dari luar negeri. Tapi jangan salah ya, jajanan ini asli Indonesia yang sudah ada sejak Belanda masih menjajah negeri ini. Disukai banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Rasanya yang unik dan harga yang terjangkau menjadi daya tarik yang dimiliki lekker. Kue ini memiliki dua jenis yaitu lekker basah dengan kulit yang tebal dan kering dengan kulit yang lebih tipis.

Salah satu produk lekker masa kini [image source]

Terbuat dari tepung, telur, garam, dan air kemudian digoreng di atas loyang yang pipih. Setelah setengah matang, lekker kemudian ditaburi dengan beberapa topping. Yang paling umum dan menjadi favorit orang banyak adalah topping meses, keju, dan selai. Tapi seiring perkembangan jaman, semakin banyak pula topping yang digunakan untuk kue ini seperti keju mozzarella hingga matcha atau greentea. Tidak terlalu sulit untuk menemukan cemilan manis ini, karena tidak hanya dijajakan di sekolah saja tapi sudah merambah hingga mall dan taman hiburan.

10. Gulali

Jajanan gulali [image source]

Satu lagi cemilan manis yang terbuat dari gula, yaitu gulali. Banyak orang yang salah paham antara jajanan ini dengan gula kapas karena keduanya menggunakan bahan dasar yang sama. Tapi faktanya, keduanya sangatlah berbeda baik dari segi bentuk maupun rasa. Gulali biasanya berwarna merah dan hijau. Bahan dasarnya dipanaskan kemudian dibuat menjadi berbagai bentuk yang lucu seperti burung, bunga, lolipop dan lain sebagainya. Kini jajan yang satu ini sudah jarang ditemukan karena memang butuh keahlian dalam membentuknya menjadi sedemikian rupa.

Inilah 10 jajanan khas depan sekolah yang dijamin bisa bikin kamu rindu berat dengan kampung halaman dan masa kecilmu. Well, yang mana sih jajanan favoritmu dulu?

 

Advertisement
Tags
Jajanan kuliner kuliner khas
Share