Kawasan Street Food di Thailand yang Rasanya Familiar dengan Lidah Indonesia

Jalan ke Thailand tanpa jajan-jajan, sungguh sebuah kemubaziran. Menurut situs Travel and Leisure pada 2016 lalu, street food di Thailand masuk dalam jajaran 11 street food terbaik yang bisa ditemui di dunia. Bagaimana rasanya? Akankah cocok dengan lidah Indonesia? Jangan khawatir, Teman Traveler! Berikut ini beberapa kawasan street food di Thailand yang rasanya tidak asing bagi lidah Indonesia.

1. Wang Lang Market

Salah Satu Sudut di Wang Lang Market
Salah Satu Sudut di Wang Lang Market via Instagram/impiana08

Wang Lang market memang tidak seterkenal kawasan street food lain di Thailand yang sudah banyak dikunjungi turis asing dari berbagai negara. Tetapi, percayalah Teman Traveler, kawasan ini menjajakan makanan yang rasanya akrab dengan lidah Indonesia. Wang Lang market letaknya tersembunyi, hanya diketahui oleh warga lokal atau mahasiswa. Di sini, ada kuliner yang mirip dengan Kue Ape, namanya Pandan Kuehs. Ada juga sate-sate daging dan jus buah delima.

2. Sukhumvit Soi 38

Kuliner Manggo Sticky Rice di Sukhumvit Soi 38
Kuliner Manggo Sticky Rice di Sukhumvit Soi 38 via Instagram/cooljryan

Jajan makanan pinggir jalan Thailand di kawasan ini, Teman Traveler akan bertemu dengan para penjual yang ramah. Pilihan makanan yang dijual di Sukhumvit Soi 38 juga beragam, terutama pada sore dan malam hari. Di kawasan penuh makanan ini, terdapat aneka makanan yang rasanya tidak aneh di lidah kita, seperti ice kachang, manggo sticky rice, dan burger Daniel Thaiger.

3. Chatuchak Weekend Market

Salah Satu Jajanan di Chatuchak Weekend Market
Salah Satu Jajanan di Chatuchak Weekend Market via Instagram/brenda_lovelife

Jika di Indonesia, Chatuchak Weekend Market ini mungkin mirip dengan pasar dadakan di Minggu pagi. Hanya dibuka setiap akhir pekan. Chatuchak Weekend Market sangat luas, Teman Traveler. Jika ingin berkeliling, lihat-lihat sambil berbelanja, silakan. Tetapi kalau tidak, jajan saja. Di sini, Teman Traveler akan menemukan aneka olahan seafood, jajanan manis seperti Choconana atau pisang yang dilapisi coklat dan toping serta Red Ruby, kacang kastanye yang dilapisi tepung beras.

4. Ratchawat Market

Salah Satu Penjual di Ratchawat Market
Salah Satu Penjual di Ratchawat Market via Instagram/annamacdaddy

Kawasan street food di Thailand yang satu ini berada di Jalan Nakhon Chaisri. Tempat ini biasa disebut juga sebagai surganya makanan khas Bangkok. Penjaja makanan bisa Teman Traveler temukan sepanjang jalan setapak yang ada di depan pasar. Di tempat ini, kuliner yang bisa dicoba antara lain Hor Mok Mae Boonma, sejenis olahan dari adonan ikan yang dikukus, Look Chin Sri Yan yang mirip sekali dengan bakso, atau mie ayam rebus dengan bumbu yang khas. Sangat Indonesia deh rasanya.

5. Chinatown/Yaowarat

Street Food di Kawasan Chinatown
Street Food di Kawasan Chinatown via Instagram/duong.van.anh

Street food di Thailand yang menjajakan makanan bercitarasa mirip dengan masakan Indonesia adalah Chinatown atau Yaowarat. Karena merupakan kawasan jajan paling populer, jangan heran dengan kepadatan serta keramaiannya ya. Gak usah khawatir, Teman Traveler tetap bisa menikmati kuliner khas Thailand dengan nyaman. Beberapa jajanan yang wajib dicoba antara lain cumi panggang, Patonggo atau sejenis donat goreng dengan srikaya di atasnya dan satu lagi, sup sarang burung Walet.

Street food di Thailand yang menjual aneka jajanan dengan citarasa mirip-mirip jajanan Indonesia ini bisa menjadi tujuan wisata kuliner Teman Traveler saat berkunjung ke negeri Gajah Putih! Siapkan perut yang kosong ya!

Tags
jajanan thailand street food thailan wisata kuliner thailand wisata thailand
Share