Stone Garden Bandung, Uniknya Destinasi Bukit Batuan Layaknya Zaman Batu

Advertisement

Rasanya tak perlu diragukan lagi dengan destinasi alam wilayah Bandung Jawa Barat ini. Sajian alam pegunungan menjadi daya tarik utama ketika berkunjung ke kota Bandung. Namun, ada salah satu destinasi yang cukup unik yaitu Stone Garden Padalarang. Area ini merupakan hamparan tanah yang luas dengan bebatuan yang unik dimana batu-batu ini tersusun tak beraturan namun terlihat sangat eksotis. Susunan bebatuan ini layaknya Stone Hange yang terletak di Inggris.

Stone Garden Bandung sajian bebatuan unik terbentuk dari ribuan tahun yang lalu
Stone Garden Bandung sajian bebatuan unik terbentuk dari ribuan tahun yang lalu. Foto via idetrips.com

Meski hanya terlihat bebatuan bertumpuk, namun destinasi ini menjadi sebuah situs populer di daerah Kabupaten Bandung. Keunikannya terbentuk secara alami tanpa ukiran dari tangan manusia. Stone Garden Bandung ini berlokasi di Citatah, Padalarang, Gunung Masigit Bandung Barat. Unuk aksesnya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Serunya lagi, sebelum tiba di lokasi Stone Garden Bandung, kamu akan disajikan Goa Pawon yang berada dalam satu wilayah.

Stone Garden Bandung menyajikan bebatuan inik layaknya batuan krast
Stone Garden Bandung menyajikan bebatuan inik layaknya batuan krast. Foto via ngetripmyid.com

Bila kamu dari pusat kota Bandung bisa masuk Tol arah Cipularang dan keluar di Tol Padalarang hingga menuju Cianjur namun masuk di jalan Raya Cipatat. Ikuti saja petunjuk arah yang terpampang dijalanan menuju lokasi destinasi. Tak susah menemukannya, bila kamu merasa kesusahan bisa mengaktifkan google maps sebagai petunjuk jalan yang akurat.

Tarif Tiket Masuk Stone Garden Bandung

Destinasi ini tergolong wisata yang murah meriah, dimana kamu cukup menyediakan uang sebesar Rp. 5.000 saja untuk satu orang. Namun bila kedatangan wisatawan mancanegara maka tarif tiket lebih mahal sebesar Rp. 20.000 per orang. Uniknya, destinasi ini juga dikunjungi oleh pasangan yang hendak melakukan prewedding dengan tarif tersendiri yaitu Rp. 300.000 per delapan jam sesi.

Sajian batuan unik ini dibuat background prewedding oleh pasangan muda
Sajian batuan unik ini dibuat background prewedding oleh pasangan muda. Foto via bridestory.com

Nah, bagi kalangan komersial maka ditarik ongkos sebesar Rp. 300.000, dan bila kamu membuat film dengan syuting lokasi tersebut maka dikenakan biaya lebih mahal yaitu mulai dari Rp. 7.000.000 hingga Rp. 18.000.000 per projek hingga selesai. Jangan lupa ya teman traveler, siapkan biaya untuk parkir kendaraanmu seharga Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 7.000 untuk mobil.

Hamparan rumput hijau menyelimuti bebatuan unik Stone Garden Bandung
Hamparan rumput hijau menyelimuti bebatuan unik Stone Garden Bandung. Foto via idetrips.com

Bila kamu ingin menikmati sajian keindahan Stone Garden Bandung lebih lama, kamu dapat berkemah seharian di camp ground yang sudah disediakan. Namun ada tarif yang harus kamu bayarkan sebesar Rp. 20.000 per orang. Dan untuk parkir inap motor sebesar Rp. 15.000 per malam dan Rp. 25.000 untuk mobil per malam.

Keindahan Alam Stone Garden Bandung

Wisata Stone Garden Bandung memiliki sajian bebatuan yang cukup unik. Bebatuan ini terbentuk secara alami yang dulunya merupakan kawasan danau purba yang menenggelamkan kawasan Padalarang Bandung Barat. Hingga ratusan tahun berikutnya air danau surut menghasilkan bentuk bebantuan yang unik. Hingga banyak peninggalan semacam artefak manusia purba diarea Goa Pawon.

Goa Pawon bandung berada disatu lokasi wisata dengan Stone Garden Bandung
Goa Pawon bandung berada disatu lokasi wisata dengan Stone Garden Bandung. Foto via sikidang.com

Luas dari wisata alam stone garden ini seluar dua hektar yang dikelilingi dengan hamparan rumput yang sangat hijau dan perbukitan kapur. Bentuk bebatuan inilah menjadi spot paling utama para pengunjung.

Jam Operasional Stone Garden Bandung

Jam operasional Stone Garden Bandung ini buka setiap hari mulai dari pukul 05.00 hingga 18.00 WIB. Bagi kamu yang ingin menginap atau camping di area destinasi ini, maka dapat datang sebelum jam 17.00 WIB. Namun, ada waktu terbaik dalam menikmati sajian ini ketika pagi hari dan sore hari.

Area dalam Goa Pawon yang sangat indah apabila siang hari terpancar cahaya matahari
Area dalam Goa Pawon yang sangat indah apabila siang hari terpancar cahaya matahari. Foto via paketwisatabandung.com

Fasilitas Wisata Stone Garden Bandung

Bila kamu menikmati sajian alam Stone Garden Bandung ini lebih terasa nyaman dengan fasilitas yang disuguhkannya. Mulai dari lahan parkir yang luas, mushola, toilet, dan beberapa warung makanan dan minuman. Menariknya lagi, ada area khusus camp ground bagi kamu yang ingin bermalam di lokasi ini.

Advertisement
Tags
wisata alam Indonesia wisata bandung Wisata Bandung Barat wisata nusantara Wisata perbukitan
Share