Jawa Timur Juga Punya Spot Surfing Kelas Dunia

Advertisement

Sementara wisatawan masih banyak yang menjadikan Pulau Bali untuk kiblat traveling, daerah lain mulai menunjukan potensi wisata yang tak kalah indah. Memang Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang sebenarnya mampu bersaing. Jawa Timur misalnya, panorama alamnya juga mampu menjadi magnet bagi traveler. Seperti pantai-pantai di bawah ini yang ternyata juga kerap menjadi buruan wisatawan mancanegara untuk berselancar.

1. Pantai Watukarung, Pacitan

Menjadi buruan peselancar kelas internasional [image source]
Ombak dengan karakter reef break yang menantang menjadi alasan mengapa peselancar kelas dunia datang ke tempat ini. Bruce Irons, salah satu juara kompetisi surfing yang diadakan pada tahun 2008, adalah salah satu surfer kelas dunia yang pernah menaklukan ombak Pantai Watu Karung. Pesona alamnya tak kalah cantik dengan pantai-pantai lainnya, jadi tak perlu khawatir jika selancar bukan olah raga yang kamu gemari. Kamu masih dapat bersantai dan menikmati panoramanya.

Ombak di pantai Watukarung Pacitan [image source]

2. Pantai Wedi Awu, Malang

Pantai Wedi Awu Malang [image source]
Dibanding dengan tetangganya, Pantai Lenggoksono dan Bolu-Bolu, nama Wedi Awu belum terlalu banyak didengar. Namun yang menemukan potensinya justru wisatawan luar daerah yang ingin menaklukan gelombang ombak di sini untuk selancar. Tempat yang terletak di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang ini juga memiliki pemandangan indah yang masih asri.

Pernah menjadi lokasi kompetisi internasional [image source]

3. Pantai Pulo Merah, Banyuwangi

Lansekap Pulau Merah [image source]
Pantai Merah telah dikenal banyak masyarakat lokal Banyuwangi ataupun wisatawan karena memiliki pemandangan sunset yang menakjubkan. Tapi tidak hanya menjual pemandangan matahari terbenam saja. Belakangan Pantai Pulo Merah sering menjadi buruan peselancar asing karena ombaknya. Gulungan ombak yang dikenal dengan istilah barrel di tempat ini bisa mencapai tinggi 4 meter dan panjang 400 meter.

Potensi ombak untuk selancar [image source]

4. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Ombak di Pantai Plengkung [image source]
Reputasi yang dimiliki pantai ini dalam dunia surfing tidak tanggung-tanggung. Pantai Plengkung memiliki predikat ombak terbaik kedua setelah Hawai. Surfer internasional biasa menjuluki  pantai ini dengan “The Seven Giant Waves Wonder”. Karena pantai yang memiliki nama lain G-Land ini memiliki gulungan ombak yang rata-rata berjumlah tujuh baris. Ombak di pantai ini bisa mencapai tinggi enam meter ketika musim sedang bagus. Musim terbaik untuk mencari ombak di Pantai Plengkung adalah bulan April hingga Agustus.

Mencapai 2 meter [image source]
Tak perlu jauh-jauh ke Hawaii, Indonesia juga memiliki banyak sekali surf spot yang tersebar dari ujung barat hingga timur. Jawa Timur adalah salah satunya. Tertarik untuk mencoba olahraga ini?

Advertisement
Tags
Banyuwangi Indonesia Jawa Timur Malang pacitan Wisata Alam
Share