Agrowisata Pango-pango, Pesona Kebun di Atas Awan Toraja

Advertisement

Tak hanya keunikan budaya, Toraja juga punya berbagai macam destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Berada di atas ketinggian membuat kabupaten ini memiliki banyak titik untuk mengabadikan gambar. Salah satunya adalah Pango-pango di Kecamatan Makale Selatan. Seperti apa tempatnya? Yuk dibaca ulasannya di bawah ini.

Pesona dari Atas Awan

Pango-Pango [image source]
Pango-pango merupakan satu dari sekian destinasi wisata di Toraja yang berada di atas awan. Letaknya di ketinggian 1700 mdpl dan berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Makale. Selain keindahan pemandangannya, kesejukan udaranya juga terasa menyegarkan. Konon, tempat ini dulunya digunakan oleh tentara Jepang untuk memantau pergerakan lawan.

Negeri di Atas Awan [image source]

Destinasi Agrowisata yang Seru

Destinasi agrowisata seru [image source]
Pango-pango mengusung konsep agrowisata dengan ragam perkebunan seperti kopi, coklat, jagung, dan lainnya. Tanaman ini dikelola secara tradisional oleh warga sekitar dan jauh dari pengaruh pestisida. Jadi kesegarannya dijamin. Wisatawan pun diperbolehkan untuk memetik hasil buah dan sayurannya. Seru, bukan?

Hasil pertanian di Pango-Pango [image source]

Kopi Toraja yang Legendaris Itu Ditanam Di Sini

Minum kopi Toraja [image source]
Biasa meminum kopi toraja di coffee shop terdekat? Kali ini kamu akan merasakannya di atas ketinggian. Hawa dingin serta eksotisme pemandangan sekitar juga akan tersuguhkan di sini. Pihak pengelola serta warga sekitar sudah menyediakan warung untuk mencicipi hidangan ini. Selain itu, pengunjung juga boleh terlibat dalam proses pengolahan biji kopi hingga siap dicoba. Asyik, kan?

Dari ketinggian [image source]

Banyak Spot Seru dan Instagenic

Berayun-ayun [image source]
Selain perkebunan, kamu juga bisa menemukan berbagai spot seru dan instagenic. Pihak pengelola sudah menyediakan wahana flying fox dan outbound untuk menghibur pengunjung. Selain itu, ada juga hutan pinus di sekitar kawasan ini yang cocok untuk berswafoto. Momen matahari tenggelam di sini juga tak boleh dilewatkan. Dijamin menyenangkan!

Narsis di pohon pinus yang ada di sekitar kawasan [image source]
Nah, itulah ulasan mengenai objek wisata Pango-pango. Kamu tak perlu merogoh kocek banyak, sebab pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk. Jadi, masih ada alasan lagi untuk tidak mengunjungi Toraja? Segera berangkat!

Advertisement
Tags
Indonesia Pango-pango Sulawesi Selatan Toraja
Share