Spot Snorkeling di Jogja, Puas Melihat Lautan dan Isinya

febri rama

febri rama

On Indonesia

Bagi yang tak pandai berenang dan telah membuang impian sebagai penyelam, snorkeling bisa jadi pilihan. Tak perlu teknik khusus karena ada pelampung yang bisa kamu andalkan. Destinasinya juga tak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat. Di Jogja ada beberapa spot snorkeling yang bisa kamu coba. Di mana saja sih? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor [image source]
Pantai Nglambor berada di Gunung Kidul dan menjadi salah satu destinasi andalan yang unik. Berbeda dengan pantai di Jogja yang kebanyakan berombak ganas, di sini kamu bisa snorkeling tanpa takut tersapu ombak. Karang-karang besar menjadi pelindung dan membuat perairan di sekitarnya tenang. Selain melihat biota laut dalam berbagai warna, kamu bisa menelusuri pantai hingga naik ke bukit-bukit karang untuk melihat pemandangan indah.

Pantai Nglambor
Pantai Nglambor [image source]

2. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan [image source]
Masih di Gunung Kidul. Jika ingin snorkeling seru datanglah ke Pantai Sadranan yang masih satu kawasan dengan beberapa tempat lain. Di antaranya adalah Aron, Kukup, Krakal, Sepanjang, dan Drini. Tak perlu khawatir soal perlengkapan karena ada persewaan alat snorkeling. Harganya cukup murah, yaitu sekitar Rp25.000 untuk set lengkap dengan pelampung.

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan [image source]

3. Pantai Wediombo

Laguna Pantai Wediombo
Laguna Pantai Wediombo [image source]
Letaknya ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Berbeda dari beberapa tempat sebelumnya, Wediombo menawarkan paket snorkeling di lepas pantai. Untuk mencapai spotnya, kamu akan diantarkan dengan perahu motor. Jaraknya sekitar 100 meter dari bibir pantai. Saat sedang surut kamu bisa berenang di perairan yang dalamnya sekitar satu setengah hingga dua meter. Ikan dan terumbu karang akan terlihat jelas.

Laguna Pantai Wediombo
Laguna Pantai Wediombo [image source]

4. Pantai Drini

Pantai Drini Jogja
Ilustrasi Pantai Drini Jogja [image source]
Pantai Drini sudah seperti keajaiban alam karena keindahan pemandangan bawah lautnya. Sebuah keunikan yang jarang dimiliki oleh pantai di Selatan Jawa. Terdapat sebuah pulau karang besar yang membelah kawasan ini menjadi dua bagian. Bagian barat untuk dermaga tempat pelelangan ikan, sedangkan sisi timur adalah laguna indah dengan ombak tenang. Kedalamannya hanya sekitar satu setengah meter. Meski tidak terlalu luas, tapi segala macam terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya hidup di sini.

Pantai Drini Jogja
Pantai Drini Jogja [image source]
Itulah beberapa pilihan tempat snorkeling di Jogja yang indahnya paripurna. Belum ada rencana untuk liburan akhir pekan nanti? Mari snorkeling dan menikmati bahari.