Spot Snorkeling Terbaik di Sulawesi Selatan, Destinasi Wajib para Penyelam

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Sulawesi memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya perbukitan dan pantainya saja yang memukau, pesona bawah lautnya pun tak kalah indah. Seperti Taman Nasional Bunaken. Selain itu, masih banyak destinasi lain yang juga memiliki taman laut indah.

1. Pulau Kapoposang

Perairan bawah laut Pulau Kapoposang [image source]
Pulau Kapoposang adalah satu dari ratusan pulau kecil di Selat Makassar. Pulau ini terletak di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, dan hanya berjarak sekitar 68 kilometer dari Kota Makassar. Tak tanggung-tanggung, di sini kamu dapat menemukan 14 spot diving dengan pemandangan tembok karang yang indah.

Terumbu karang yang terdekat dari pantai [image source]

2. Pulau Badi

keindahan yang menarik tokoh-tokoh dunia [image source]
Tak hanya tempat wisata, Pulau Badi juga menjadi pusat pengembangan rehabilitasi karang dunia. Saking populernya, tokoh besar dunia seperti Jhon Mccain datang demi melihat keberhasilan budi daya ini. Kamu bisa menikmati terumbu karang yang indah di taman laut Pulau badi.

Tempat rehabilitiasi gugusan karang [image source]

3. Pulau Lanjukang

Terumbu karang di Pulau Lanjungkang [image source]
Sambil berenang, kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut Pulau Lanjukang. Terumbu karangnya masih cukup baik namun tidak terlalu istimewa. Perairan di sisi barat pulau sangat dangkal dengan kedalaman kurang lebih hanya satu meter. Karang yang tidak terlalu variatif dan didominasi karang staghorn. Sedikit ke tengah, di perairan sedalam 4-5 meter, kamu bisa menemukan batu karang yang lebih cantik.

Terumbu karang yang variaatif di kedalaman 4-5 meter [image source]

4. Pulau Lae-Lae

Taman laut Pulau Lae-Lae [image source]
Pulau Lae-lae merupakan pulau kecil yang berjarak 1.5 km dari Makassar dan dapat dilihat jelas dari Pantai Losari. Perairannya yang jernih membuat keindahan terumbu karang dapat kamu nikmati dari permukaan laut. Namun tentunya akan lebih seru jika kalian menjelajahinya sambil menyelam.

Pesisir Pulau Lae-Lae [image source]
Kalau gemar melakukan snorkeling, tempat-tempat di atas dapat masuk dalam list menyelammu berikutnya. Alam yang masih bersih dan gugusan terumbu karang yang masih terjaga, akan membuat destinasi ini sebagai tempat snorkeling yang tepat. Tapi ingat untuk tetap menjaga kebersihannya dan keindahannya, ya.